Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i4.3997Kata Kunci:
IPAS, Sekolah DasarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas 4 SD Negeri 1 Penganten. Pendekatan berdiferensiasi memungkinkan guru untuk menyesuaikan materi, proses, dan produk pembelajaran sesuai dengan kebutuhan, minat, dan kemampuan siswa yang beragam. Metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus digunakan dalam penelitian ini, melibatkan observasi, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi IPAS, terutama melalui penerapan strategi dan media yang disesuaikan dengan gaya belajar individu. Guru juga menunjukkan fleksibilitas dalam menggunakan pendekatan beragam, seperti pemberian tugas yang berbeda-beda, kelompok belajar yang beraneka ragam, dan pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Namun, tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu dan sumber daya untuk mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi secara optimal. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan perlunya pelatihan dan penyediaan sumber daya yang memadai bagi guru guna memperkuat penerapan pembelajaran berdiferensiasi di tingkat sekolah dasar.
Referensi
Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.
Amalia, K., Rasyad, I., Gunawan, A., & Surabaya, U. N. (2023). Differentiated Learning as Learning Innovation. 5(2), 185–193.
Andajani, K. (2022). Modul Pembelajaran Berdiferensiasi. Mata Kuliah Inti Seminar Pendidikan Profesi Guru, 2.
Anita Siwi Negari, Diana Endah Handayani, Suyitno Suyitno. . (2024). Implementasi Pembelajaran Diferensiasi Kelas 4 Sekolah Dasar Di Kabupaten Grobogan. Indonesian Journal of Elementary School 4 (1), 58-68.
Astria, R. T., & Kusuma, A. B. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 112–119.
Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126.
Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126.
Barlian, & Yosal Iriantara. (2021). Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di Masa Pandemi pada SMK IBS Tathmainul Quluub Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 118–126.
Dhahana Aris Saputra, Aryo Andri, & Joko Sulianto. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Dengan Model Problem Based Learning Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Di Sd. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 1570–1582.
Harefa, D. (2020). Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write Dengan Model Pembelajaran Time Token. 1(2), 35–40.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182
Istiqomah, L., Reffiane, F., & Sanjaya, D. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SDN Sawah Besar 01. 06(03), 16153–16158.
M. Fahim Tharaba. (2019). “Kajian Pemikiran Integrasi Keilmuan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang Melalui Ulul Albab.” Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED). p. 126-142, dec. 2019. Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Marlina, dkk. (2019). Model Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif. (Laporan Akhir, Universitas Negeri Padang). (Diakses pada 23 November 2024 pukul 05.33 WIB).
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529-535.
Wijayanti, I. D. A. E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPAS MI/SD. 08(September), 2100–2112.