Hubungan Pemanfaatan Media Youtube dan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Dasar (SD) Dalam Menyelesaikan Soal Matematika

Penulis

  • Muhammad Zaid STKIP Andi Matappa, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i4.4045

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemanfaatan media youtube dan kepercayaan diri secara Bersama-sama terhadap hasil penyelesaian soal matematika. Kepercayaan diri siswa berperan penting dalam membangun keyakinan terhadap kemampuannya dalam memahami konsep dan menyelesaikan soal. Media pembelajaran YouTube memberikan akses ke video penjelasan yang interaktif, visual, dan mudah dipahami. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survey dan teknik korelasional. Pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen pemanfaatan media youtube dan kepercayaan diri berupa angket tertutup dengan skala likert serta instrumen penyelesaian soal matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat dan uji simultan (uji F). Populasi dalam penelitian ini adalah 138 siswa SDN 3 Sambung Jawa. Sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang parsial antara pemanfaatan media youtube dan kepercayaan diri dengan hasil penyelesaian soal matematika.

Referensi

Agustyaningrum, N., & Suryantini, S. (2016). Hubungan kebiasaan belajar dan kepercayaan diri dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 27 Batam. JIPMat, 1(2).

Amri, S. (2018). Pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis ekstrakurikuler pramuka terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156-170.

Ardiansyah, M. A. M., & Nugraha, M. L. (2022, January). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Youtube Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. In Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi) (Vol. 6, No. 1).

Firmansyah, Y. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual untuk Siswa SMP (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).

Fitriana, S., Ihsan, H., & Annas, S. (2015). Pengaruh efikasi diri, aktivitas, kemandirian belajar dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1(2), 86-101.

Isyana, B. V., Novitasari, D., & Sridana, N. (2024). Pengaruh self confidence terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 6(1), 370-383.

Kamaruddin, I., Tabroni, I., & Azizah, M. (2022). Konsep pengembangan self-esteem pada anak untuk membangun kepercayaan diri sejak dini. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 496-503.

Parinata, D. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi YouTube dan Facebook terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 11-17.

Rahayuningsih, Y. S., & Muhtar, T. (2022). Pedagogik Digital Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(4), 6960-6966.

Safitri, E., Setiawan, A., & Darmayanti, R. (2023). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Kahoot Terhadap Kepercayaan Diri Dan Prestasi Belajar. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2), 57-61.

Saputra, H. (2024). Perkembangan Berpikir Matematis Pada Anak Usia Sekolah Dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 6(2), 53-64.

Sari, M., & Hasanudin, C. (2023, November). Manfaat ilmu matematika bagi peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. In Seminar Nasional Daring Sinergi (Vol. 1, No. 1, pp. 1906-1912).

Septiani, D. R., & Purwanto, S. E. (2020). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Gender. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 141-148.

Sugianto, R. (2023). Penerapan Video YouTube “Pak Rahmad” sebagai Sumber Belajar Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 01-05.

Sulistyawati, A., Wardono, W., & Kartono, K. (2018, February). Pemanfaatan ICT dalam literasi matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 853-859).

Widiansyah, A. (2018). Peranan sumber daya pendidikan sebagai faktor penentu dalam manajemen sistem pendidikan. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 18(2), 229-234.

Diterbitkan

2024-12-06

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check