Analisis Faktor Penyebab dan Dampak Terjadinya Bullying Pada Siswa Kelas 6 SD Inpres Nitneo

Penulis

  • Habibi Musa Universitas Nusa Cendana, Indonesia, Indonesia
  • Delti Taneo Universitas Nusa Cendana, Indonesia, Indonesia
  • Juwitni Marleni Luisa Dalle Universitas Nusa Cendana, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i4.4047

Kata Kunci:

Kata Kunci: Bullying, Dampak Bullying, Penyebab Bullying, Sekolah Dasar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab dan dampak bullying pada siswa kelas 6 di SD Nitneo. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui instrumen kuesioner, populasi penelitian terdiri dari 30 siswa, yang terdiri dari 12 laki-laki dan 18 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab bullying meliputi faktor keluarga yang kurang harmonis, lingkungan sekolah yang memiliki iklim negatif, tekanan dari teman sebaya, pengaruh media sosial yang disalahgunakan, kekurangan fisik yang membuat siswa menjadi sasaran, serta faktor ekonomi yang menciptakan kesenjangan. Bentuk-bentuk bullying yang sering ditemui adalah perilaku verbal, fisik, sosial, dan cyberbullying. Dampak dari bullying ini sangat merugikan, termasuk stres, penurunan prestasi belajar, perubahan perilaku, masalah kesehatan fisik, serta perasaan sedih dan kecewa. Untuk menangani dan mencegah bullying, beberapa langkah yang dapat diambil adalah memberikan pendidikan tentang bullying kepada siswa, melatih guru dalam penanganan kasus bullying, meningkatkan pengawasan di area sekolah, serta menyediakan saluran pelaporan bagi siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa bullying memiliki pengaruh besar dan dapat membekas secara permanen pada keberlangsungan hidup siswa yang mengalaminya.

Referensi

Adiyono, et.al. (2022) Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying.” Jurnal Al-Madrasah, Vol.6, No.3,

Damayanti, P.D.S., Handayani, F., Ramahwati, Y., Suhernah, S., Cahyani, A.D., & Tilova, M.H. (2023). Peranan Psikologi Pendidikan untuk Pencegahan Perundungan Siswa Sekolah Dasar. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 4(1), 1-9.

Emilda, E. (2022). Bullying Di Pesantren: Jenis, Bentuk, Faktor, Dan Upaya Pencegahannya. Sustainable, Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 198-207.

Indramaya, I. (2023). Sosialisasi Bullying Dan Cara Mengatasi Bullying Di Sekolah. Pattimura Mengabdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 115-118.

Junaidi, Harimawan. (2019) Sukses Menjadi Guru Humoris dan Idola yang Dikenang Siswa Sepanjang Masa. (Yogyakarta: Araska,).

Kharis, A. (2019). Dampak Bullying Terhadap Perilaku Remaja (Studi pada SMKN 5 Mataram). JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik), 7(1), 44-55.

Mohan, T.A.M., & Bakar, A.Y.A. (2021). A Systematic Literature Review On The Effects Of Bullying At School. Schoulid: Indonesian Journal Of School Counseling, 6(1), 35.

Nopriyanti, H., Khasanah, L., Sholeha, M., Saputra, R.A., & Meisya, S. (2024). Dampak Perilaku Bullying terhadap Peserta Didik pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 10-10.

Nur, M., Yasriuddin, Y.,& Azijah, N. (2022). Identifikasi Perilaku Bullying Di Sekolah (Sebuah Upaya Preventif). Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 685-691.

Palani, V., & Mani, S. (2016). Exploratory Factor Analysis: Development Of Perceived Peer Pressure Scale. International Journal Of Information Science And Computing, 3(1), 31.

Patras, Y.E., & Sidiq, F. (2017). Dampak Bullying bagi kalangan siswa sekolah dasar. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 5(1), 12-24.

Pratiwi, Y.R. (2018). Hubungan Pengaruh Teman Sebaya Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja Di Area Rural. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Rahayu B.A.P.I. (2019). Bullying di Sekolah: Kurangnya Empati Pelaku Bullying Dan Lack Of Bullies Empathy And Prevention At School. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), 237–246.

Sabiila, Syahidah Izzata. (2021). “Permendikbud Nomor 82 Tahun 2015 Penanggulangan Kekerasan di Sekolah, Ini Isinya", tersedia di https://news.detik.com/berita/d5873578/permendikbud-no-82-tahun-2015-penanggulangan-kekerasan-disekolah-ini-isinya, diakses pada tanggal 13 November 2024.

Selian, S.N., & Restya, W.P.D. (2024). Peran Kepala Sekolah dalam Mengatasi Bullying di Sekolah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 531-539.

Suripto, A.P., Dewi, A.S., Aprilia, C., Romadhoni, L.A., & Kristiana, T. (2024). Dampak Bullying Pada Pelajar Ditinjau Dari Aspek Kesehatan Dan HAM. Bengawan Nursing Journal, 2(1), 21-28.

Tumon, M.B.A. (2014). Studi Deskriptif Perilaku Bullying pada Remaja. CALYPTRA, 3(1), 1-17.

Zakiyah, Ela Zain. Humaedi, Sahadi. dan Santoso, (2017) Meilanny Budiarti. “Faktor yang Mempengaruhi Remaja dalam Melakukan Bullying.” Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 4 (2).

Diterbitkan

2024-12-06

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check