Pengaruh Desain Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Sikap Wirausaha Siswa pada SMK Negeri di Kota Makassar

Penulis

  • Arniati Muhe Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v2i1.408

Kata Kunci:

Desain pembelajaran, sikap, wirausaha

Abstrak

Secara empirik, pembelajaran kewirausahaan di SMK lebih berorientasi pada aspek kognitif, sehingga aspek afektif dan psiko motorik terabaikan. Permasalahan penelitianya itu bagaimana pengaruh desain pembelajaran kewirausahaan terhadap sikap wirausaha siswa pada SMK Negeri di kota Makassar dan bertujuan untuk menjelaskan pengaruh desain pembelajaran kewirausahaan terhadap sikap wirausaha siswa pada SMK Negeri di kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah eksplanatory research menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan penyebaran kuesioner analisis data metode Partial Least Square (PLS). Penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara desain pembelajaran kewirausahaan dengan sikap wirausaha siswa pada SMK Negeri di kota Makassar.

Biografi Penulis

Arniati Muhe, Universitas Muhammadiyah Makassar

Dosen Ilmu ekonomi dan studi pembangunan Fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Muhammadiyah

Referensi

Fahmi, Irham. 2013. Kewirausahaan Teori, Kasus dan Solusi, cetakan kesatu,Penerbit : Alfabeta, Bandung

Gagne, R. M. 2004. The Conditions of Learning and Theory of Instruction (4th ed). New York: Holt, Rinehart and Winston

Gagnon, G.W. dan Collay,M.2001. Designing for learning: Six Elements in Constructivist Classroom. California: Corwin Press.Inc.

Meredith, G.C., et.al. 2005.Kewirausahaan Teori dan Praktek, cetakan kedelapan, terjemahan Andre Asparsayogi & Djarot Suseno), Geneva: International Labour Organization.

Munandar. 1999. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah, Jakarta: Gramedia.

Saiman, Leonardus. 2014.Kewirausahaan Teori, Praktik, dan Kasus-Kasus, edisi kedua, Jakarta: Salemba Empat,

Aurora A.C. Teixeira (2010), Attitudes of Higher education Students to new Venture Creation : The Relevance of Competencies and Contextual Factors. Industri & Higher Education, Vol. 24 No. 5 Oktober, 2010.

Chao-ching Chen,Yu-Fen Chen, Ming- Chuan Lai (2013) A Study on Entrepreneurial Attitude and the Influential Factors for Business Department Students in Technological Colleges/Universities in Taiwan.

Fiet, J. O. (2000) The Role of Entrepreneurship Educators on The Higher Education Institutions Students Entrepreneurial Competencies in Developing Countries.

Gary Packham, Paul Jones, Christopher Miller, David Pickernell and Brychan Thomas (2010) Attitudes towards entreprenurship education: a comparative analysis. The Current issue and full text archive of this journal is available. Business scholl, University of Glamorgan, Pontypridd United Kingdom.

Kissi Ernest, Somiah K. Mattew, dan Ansah K. Samuel (2015), Towards Entrepreneurial Learning Competencies: The Perspective of Built Environment Students.

Diterbitkan

2019-04-11

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check