PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BERSUMBER DARI ALAM DI TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK B ANDI PATTEDDU KABUPATEN BARRU

Penulis

  • Riskal Fitri Universitas Islam Makassar, Indonesia
  • Mutmainnah Mursidin Universitas Islam Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v2i2.453

Kata Kunci:

Kemampuan kognitif, Media alam

Abstrak

Abstrak – Proposal Penelitian dengan judul Peningkatan Kemampuan Kognitif  Anak  Melalui Penggunaan Media bersumber dari alam di Taman Kanak-kanak  Kelompok  B  Andi Patteddu Kabupaten Barru, memiliki tujuan “ Untuk mengetahui kemampuan kognitif anak usia dini di Taman Kanak-kanak Kelompok B  Andi Patteddu Kabupaten Barru, Untuk mengetahui cara peningkatan kemampuan kognitif anak usia dini di TK Kelompok B Andi Patteddu Kabupaten Barru, dan untuk mengetahui peningkatan  kemampuan kognitif anak usia dini setelah menggunakan media pembelajaran bersumber dari alam di TK kelompok B Andi Patteddu Kabupaten. Pendekatan penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Fokus dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan kognitif  anak melalui penggunaan media bersumber dari alam di Taman Kanak-Kanak Andi Patteddu dengan subjek penelitian 15 orang anak didik dan seorang guru di kelompok B. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Luaran penelitian akan dipublikasikan minimal pada jurnal nasional ber-ISSN. Hasil Penelitian Pada siklus I yang telah dilaksanakan 3 kali pertemuan persentase kemampuan kognitif anak dengan  2  indikator yaitu:  mengelompokkan benda sesuai bentuk,warna dan ukuran  pada pertemuan  3  telah mencapai 19,8 % , sedangkan indikator dalam membuat urutan bilangan  pada pertemuan ke 3 mencapai 26,4%.  Peningkatan tersebut belum mampu memenuhi kriteria indikator keberhasilan sebesar 80%. Maka dari itu peneliti melanjutkan penelitian ke siklus II. Pada siklus II ini guru melakukan kegiatan pra bermain, dimana dengan kegiatan ini agar anak didik dapat bermain dengan baik, pada siklus II pertemuan 3 menunjukkan adanya peningkatan terhadap kemampuan kognitif anak.  Kriteria berkembang sangat baik sesuai  indikator  yang dicapai anak  diperoleh antara lain  1) memahami cara menyusun benda dari panjang ke pendek  telah mencapai 80%, 2)  mengurutkan bilangan 1 sampai 20 telah mencapai 86,6%, 3) meniru angka telah mencapai 86,6%  sehingga penelitian dihentikan pada siklus II pertemuan 3 karena sudah mencapai target 80% yakni Berkembang Sangat Baik.

Biografi Penulis

Riskal Fitri, Universitas Islam Makassar

Dosen FKIP Universitas Islam Makassar

Mutmainnah Mursidin, Universitas Islam Makassar

Dosen FKIP Universitas Islam Makassar

Referensi

Agustin, M. & Syaodih, E. 2010. Bimbingan Konseling untuk Anak Usia Dini,akarta: Universitas Terbuka

Anita Woolfolk. 2009. Educational Psychology: Active Learning Edition. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Departemen Pendidikan Nasional. 2014. Pedoman Penilaian Pembelajaran PAUD. Jakarta: Balai Pustaka

Fatmawati Sarifa. 2015. Pengembangan perangkat Pembelajaran Berbasis Media Alam. Makassar: Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Fadillah. 2012. Desain Pembelajaran PAUD, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Kemmis & Mc. Taggart. 2010. The Action Research Planner. Geelong: Deaken Univercity Press.

Indriana Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Ilmu Pembelajaran. Jogjakarta: Diva Press

Latif, Mukhtar, dkk. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Muhibbinsyah. 2013. Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Philipe, V. 2011. Perkembangan Belajar Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta 2005.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada

Setiyaningrum Erna. 2017. Buku Ajar tumbuh Kembang Anak Usia 0-12 Tahun. Jawa timur: Indomedia Pustaka. Online di https://www.academia.edu/36608746/Buku_Ajar_Tumbuh_Kembang_Anak_ Usia_0-12Tahun. Diakses April 2019

Sujiyono, Y.N. 2014. Metode Pengembangan Kogniti.Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Susanto Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana. Prenada. Media Group

Utomo Pristiadi. 2011. Pemanfaatan Lingkungan sebagai sumber Belajar AUD. Universitas Terbuka

Diterbitkan

2019-09-25

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check