PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF SISWA KELAS I SDI PANGGENTUNGANG SELATAN KABUPATEN GOWA
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v2i2.455Kata Kunci:
Kemampuan membaca, Kartu HurufAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa Kelas I SDI Panggentungang Selatan Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan berdasarkan empat tahapan metode penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru siswa kelas I SDI Panggentungang Selatan Kabupaten Gowa, dengan jumlah siswa 42 orang terdiri dari 23 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi untuk guru dan siswa, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif deskriptif. hasil penelitian pada ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa, baik secara individual maupun secara klasikal
Referensi
Kosasih, Djahiri. 2007. Pengajaran Studi Sosial/ IPS (Dasar-dasar Pengertian Metodologi, Model Belajar-Mengajar IPS), Bandung: LPPIPS FKIPS IKIP
Angkowo.2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grasindo.
Arif. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Kartu terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas I SDN 10 Lubuk Buaya Padang. Dari (http://www.journal.tarbiyahiainib.ac.id/index.php/attalim/article/view/68/69).
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
-------. (2013). Media Pembelajaran..Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Hlm 3
Departemen Pedidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Indonesia.
------. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.
Depdikbud. 1995. Membaca di Kelas Rendah.Jakarta: Depdikbud.
Hamalik. Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Kosasih, Djahiri. 2007. Dasar-dasar Pengertian Metodologi, Model Belajar-Mengajar IPS. Bandung: LPPIPS FKIPS IKIP, 1983
Lestari N, dkk. 2013. Penggunaan Media Kartu Huruf Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Aksara Jawa Siswa Sekolah Dasar. Dari (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/viewFile/1606/1179%20%20%5B22.
Musfiqon, 2012.Pengembangan Media dan sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Putri AK. 2016. Penggunaan Media Kartu Huruf Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Aksara Jawa Pada Siswa Kelas V SDN 2 Lundong Tahun Ajaran 2015/2016. Dari (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/8921/6483).
Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca Pemahaman berdasarkan Teori Skema. Komposisi Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra dan Seni, 2 (2):157-172.
Sadiman, Arief S., dkk. 2011. Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. (Seri Pustaka Teknologi Pendidikan Nomor 6) Jakarta: Pustekkom Dibud dan PT RajaGrafindo Persada.
Sudjana Nana 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
-------. (2006). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Hlm 99
Sugiono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Somadayo, S. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.