Mata Kuliah Pengenalan Adat Melayu Jambi Menurut Perspektif Mahasiswa PGSD Universitas Jambi

Penulis

  • Destrinelli Destrinelli Jambi University, Indonesia
  • Alirmansyah Alirmansyah Jambi University, Indonesia
  • Dawiyah Dawiyah Jambi University, Indonesia
  • Nandatulloh Jefri Sulaiman Jambi University, Indonesia
  • Tania Juliani Jambi University, Indonesia
  • Erni Ismaini Jambi University, Indonesia
  • Nurfitriana Nurfitriana Jambi University, Indonesia
  • Eka Purwanti Jambi University, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v2i2.492

Kata Kunci:

Mata Kuliah Pengenalan Adat Melayu Jambi, Mahasiswa PGSD Universitas Jambi .

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perspektif mahasiswa PGSD Universitas Jambi angkatan 2016 khususnya ruang 1 terhadap mata kuliah pengenalan adat melayu jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu fenomenolgi. Populasi dalam penelitian yaitu mahasiswa PGSD UNJA angkatan 2016 dengan sampel mahasiswa ruang 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari kegiatan reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. Hasil penelitian ini yaitu mata kuliah pengenalan adat melayu jambi sangat bermanfaat dan menambah wawasan ilmu budaya baik bagi mahasiswa yang berasal dari provinsi jambi maupun diluar provinsi jambi.

Referensi

Bin Jilin Syahrial, M. T. ADAT DALAM PERADABAN MELAYU.

Iryanti, I. (2017). A STUDY ABOUT THE VALUES OF LOCAL WISDOM DEVELOPED BY ‘SEKAR PANDAN’ART GALLERY TO GROW THE NASIONALISM. E-CIVICS, 6(3).

Nelyahardi, N. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 202-218.

Nopriyandri, N., & Usman, S. (2018). Penerapan Nilai-Nilai Adat Melayu Jambi Dalam Mewujudkan Good Governance di Lingkungan Pemerintah Kota Jambi. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 2(2), 113-126.

Nurdin, F., & Defrianti, D. (2018). EKSISTENSI DAN PENERAPAN HUKUM ADAT MELAYU DI KOTA JAMBI. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 2(02), 341-364.

Prayogi, A. (2016). Dinamika Identitas Budaya Melayu dalam Tinjauan Arkeo-Antropologis. TAMADDUN: Jurnal Kebudayaan dan Sastra Islam, 16(1), 1-20.

Ramli, S., & Fatonah, F. (2017). PERANAN LEMBAGA ADAT DALAM MELESTARIKAN BUDAYA MELAYU JAMBI. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 1(2), 191-203.

Sadzali, A. M., & Anra, Y. (2018). RAGAM ARSITEKTUR RUMAH TRADISIONAL MELAYU JAMBI: SUATU KAJIAN ARKEOLOGI ARSITEKTUR DALAM UPAYA PELESTARIAN WARISAN BUDAYA DAN PEMAJUAN KEBUDAYAAN MELAYU JAMBI. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 2(02), 300-322.

Salam, M. (2017). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 160-176.

Yantoro, Y. (2017). Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Dengan Menggunakan Metode Pemecahan Masalah Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 90-105.

Diterbitkan

2019-11-15

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check