Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Membaca Peta Provinsi Sulawesi Selatan Melalui Metode Demonstrasi di Kelas IV SD Negeri PAI Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i1.572Kata Kunci:
peta, demonstrasi, IPS, penelitian tindakan kelas.Abstrak
Referensi
Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Amir. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial I. Parepare.
Arikunto, Suharsimi. 2009, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara
Aqib, Zainal. 2002. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.
Benny. A.2009. Tipe Desain System Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat
Depdiknas. 2006. Model-model Pembelajaran yang Efektif dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.
Djamarah, Saiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.
Daradjat. 1985. (sumber Eka Gunawan http//nilaieka. blogspot. com/2009/04/ macam-macam-metode-pembelajaran .html).
Inganah, Sitti. 2003. Model Pembelajaran Segiempat Dengan Pendekatan Realistik Pada Siswa Kelas II SLTP Negeri 3 Batu. Tesis. Malang: Universitas Negeri Malang.
Iscahak, S.U,. dkk. 2005. Pendidikan IPS di SD. Jakarta: universitas Terbuka.
Kemp, Richard R.1979. Intelligence, Learning, and action, Chichester: Jhon Wiley & Son
Koesmini, 1998. Kiat-Kiat Meningkatkan Prestasi Belajar IPS di SD. Jakarta: Mut
Marnia. 2008. Penggunakan Media Peta Dalam Proses Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS.Kelas IV SD 12 Kulisusu Kabupaten Buton Utara. Tidak diterbitkan.
Moleong, 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa,Nyoman I.2001. Porto Folio. Malang :Universitas Negeri Malang.
Nasution. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Pidarta, Made. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya. Wina, 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Setianingsih. H, 2007. Keefektifan Tipe Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Segiempat Siswa Kelas VII Semester 2 SMP Negeri 1 Slawi. Skripsi.Semarang:Universitas Negeri Semarang
Sjamsuri, Achmad, dkk. 1994. IPS Geografi. Jakarta: Erlangga.
Suparno, paul, dkk. 2001. Reformasi Pendidikan Sebuah Rekomendasi. Jogyakarta: Kanisius
Syah 1977: 91 Syah, Muhibin. 1977.Psikologis Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wardhani, IGAK dan Wihardit, K. 2009. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Universiitas terbuka
Winaputra, Udin S. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Yaba. 2006. Ilmu Pengetahuan Sosial I. Makassar.
Yulir, Yulmadia. 2004. Geografi.Jakarta: Bumi Aksara.
Wena, Made. 2009. Strategi pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara