Keefektifan Penggunaan Media Gambar Peristiwa Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Lilirilau

Penulis

  • Haslinda Haslinda Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i1.597

Kata Kunci:

Image Media, Short Story Writing

Abstrak

This study aims to determine (1) the existence of differences in the ability to write short stories between learning to write short stories using the media of event images and learning to write short stories that do not use media of event images in Grade VII students of SMP Negeri 1 Lilirilau (2) knowing the effectiveness of media use picture of events in improving the ability to write short stories in class VII students of SMP Negeri 1 Lilirilau. The approach in this research is quantitative research, a type of quasi experimental or quasi-experimental research. The research location is in SMP Negeri 1 Lilirilau. The object of this research is the eighth grade students of SMP Negeri 1 Lilirilau as many as two classes, One experimental class and one randomly selected control class. The study population was Grade VII students of SMP Negeri 1 Lilirilau. The samples in this study were class VIII A and VIII B of SMP Negeri 1 Lilirilau. The instruments used were test and non-test instruments. Data analysis techniques using pretest and posttest data, normality test, data homogeneity test, hypothesis testing. The effectiveness of the event image media can be seen from the results of inferential statistical analysis using t-test, t distribution table with a significant level α = 0.05 and d = N1 + N2 - 2 = 56, then obtained t0.05 = 1.672. 


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) adanya perbedaan kemampuan menulis cerita pendek antara pembelajaran menulis cerita pendek yang menggunakan media gambar peristiwa dengan pembelajaran menulis cerita pendek yang tidak menggunakan media gambar peristiwa pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lilirilau (2) mengetahui keefektifan penggunaan media gambar peristiwa dalam meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lilirilau. Pendekatan dalam  Penelitian ini adalah  penelitian kuantitatif, jenis penelitian eksperimen kuasi (quasi experimental). Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Lilirilau. Objek penelitian  adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lilirilau sebanyak dua kelas, Satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol yang dipilih secara acak. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lilirilau. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A dan VIII B  SMP Negeri 1 Lilirilau. Instrumen yang digunakan yaitu instrument tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan data pretest dan posttest, uji normalitas, uji homogenitas data, uji hipotesis. Keefektifan media gambar peristiwa dapat dilihat dari hasil analisis statistik inferensial menggunakan uji-t, tabel distribusi t dengan taraf signifikan α = 0,05 dan d = N1 + N2 - 2 = 56, maka diperoleh t0,05=1,672. Setelah diperoleh tHitung 13,65 dan tTabel 1,672 maka diperoleh tHitung > tTabel.

Biografi Penulis

Haslinda Haslinda, Universitas Muhammadiyah Makassar

Dosen Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah Makassar

Referensi

Azis,A. 2012. Pengantar kebutuhan dasar manusia. Edisi2. Jakarta : Salemba medika.

Guntur,Tarigan. 1986. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa Bandung.

Rimang, Siti Suwadah.2011. Meraih Predikat Guru dan Dosen Paripurna. Bandung. Alfabeta.

Sabarti,Akhadiah.1996.Menulis.Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan

Situmorang. 1983. Puisi dan Metodologi Pengajarannya. Ende Flores: Nusa Indah.

Zainurrahman. 2013. Menulis: Dari Teori Hingga Praktik (Penawar Racun Plagiarisme). Bandung: Alfab

Diterbitkan

2021-01-14

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check