Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Murid Kelas V SD Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i1.619Kata Kunci:
Pembelajaran Koopertif Tipe JigsawAbstrak
Â
Referensi
Asmani, J. M. 2011. 7 Aplikasi Pakem (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan menyenangkan). Jogjakarta: DIVA Press (Anggota IKAPI).
Arfanita.2012. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Konsep Gaya melalui Model ARIAS Pada Murid kelas IV SDS To Inporannu Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar. Unismuh Makassar.
Arikunto, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Aronson, 1997. Model Pembelajaran Jigsaw Menyangkut Kerjasama Dan Saling Ketergantungan Antara Murid.
Cece, dkk. 1999. Evaluasi Pengajaran. Departemen pendidikan dan Kebudayaaan.
Dimyati dalam Ranti 2007:12 dalam http:/one.indoskripsi.com
Djamarah Syaiful. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Johnson, Di Universitas Texas Pada Tahun 1991. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Merupakan Model Pembelajaran Kooperatif.
Moleong, 2000. Proses Belajar Mengajar Dalam Sistem Kredit Semester (SKS). Jakarta: Bumi Aksara.
Monty dan Fidelis 2003:109 Kreativitas Pada Dasarnya Merupakan Kemampuan Seseorang Untuk Melahirkan Sesuatu Yang Baru, Pendekatan Pembelajaran Dalam http:/smacepiring.wordpress.com strategi pembelajaran.
Newman dan Logan Abin Syamsuddin Makmun, 2003 mengemukakan empat unsur strategi dari setiap oleh Mulyasa, E.. 2005. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana.S, 2002. Hakikat Pembelajaran, Ar Ruzz,Media: Jogjakarta
Soemantri. 1967. Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Udin S. Winaputra, Suyoso 1998:23 Dalam http:/juhji-science-sd.blog.com, UNESCO. 2008:6.