Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Belajar Dan Pembelajaran

Penulis

  • Rosmalah Rosmalah Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i1.623

Kata Kunci:

Learning Model, Number Heads Together, Learning Outcomes.

Abstrak

The problem in this study is the low learning outcomes in Learning and Learning Subjects, the purpose of this study is to determine the application of the Cooperative learning model Numbered Heads Together (NHT) in improving learning outcomes in Learning and Learning Subjects. The approach used in this research is descriptive qualitative with this type of research is Classroom Action Research (CAR) which includes planning, implementation, observation, and reflection. The results showed that there was an increase in lecturer learning activities and student learning activities and learning outcomes, the increase can be seen from each cycle. The conclusion in this study is through the application of the Cooperative learning model Numbered Heads Together (NHT) can improve learning outcomes in Learning and Learning Subjects


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Pada Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar pada Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas dalam pembelajaran dosen dan aktivitas belajar mahasiswa  maupun hasil belajarnya, peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar pada Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran.

Biografi Penulis

Rosmalah Rosmalah, Universitas Negeri Makassar

Dosen PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Haling, Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Isjoni. 2011. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kasim, Ratna. 2011. Pendidikan IPA II SD. Makassar: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Kusuma E. Wijayati N.Setyo L. 2008. Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbasis Savi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pokok Bahasan Laju Reaksi. Jurnal National Scientific Journal of UNNES. Vol. 2 No. 1. Hal 216-223.

Lusita, Afrianti. 2011. Buku pintar menjadi guru kreatif, inspiratif dan inovatif. Yogyakarta: Araska.

Mappasoro. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

------. 2011. Strategi Pembelajaran. Makassar: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana Pedana Media Group.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitia Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Taniredja, Tukiran dkk. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Kooperatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Tim Prestasi Pustaka.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

Diterbitkan

2021-01-14

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check