Analisis Proses Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Pada Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar

Penulis

  • Firly Cahyani Hermawantie Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia
  • Astri Sutisnawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia
  • Luthfi Hamdani Maula Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.634

Kata Kunci:

Learning Process, Mathematics Learning, Online based.

Abstrak

This study aims to describe the online-based mathematics learning process on online- for upper-class students at SDN Lembursitu. This type of research uses a qualitative descriptive method, and implemented in class IV-B SDN Lembursitu Sukabumi City. Data collection techniques used in this study were interviews in the online-based learning process. The data analysis technique in this study uses data reduction, , data presentation and drawing conclusions. The results of this study indicate that the obstacles that occur are that some students find it difficult in the learning process using online mode , communication tools and the condition of each student who do not have adequate facilities to support the learning process. The effort made by the teacher is by working together between teachers, schools and parents.

Biografi Penulis

Firly Cahyani Hermawantie, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Astri Sutisnawati, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Luthfi Hamdani Maula, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Referensi

Alrosyid, H., & Shinta, Q. (2015). Perancangan Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Game. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 6(1), 31–40.

Anggraini, A., & Rajagukguk, D. M. (2017). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Matematika Pada Tingkat SD Dengan Metode Computer Asisted Intruction (CAI). Jurnal Teknik Informatika Unika St. Thomas (JTIUST), 02(1), 80–87.

Fatimah, A. tusi, & Aman, A. (2018). Rencana pelaksanaan pembelajaran matematika di sekolah menengah kejuruan. 11(2).

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home ( SFH ) Selama Pandemi Covid 19. 8(3), 496–503.

Iskandar. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial (5th ed.; M. Yamin, ed.). Jakarta: referensi.

Karso. (2011). Pendidikan Matematika I (7th ed.; suhria atmana, ed.). Jakarta: Universitas Terbuka.

Mantolas, A., & Lakapu, A. (2019). Pengaruh Kemampuan Berhitung Siswa Kelas III SD Melalui Permainan Lompat Kelinci Increase. Jurnal Kependidikan Matematika, 1(1), 33–39.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., & Sayekti, L. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. 1(2), 151–160.

Purmadi, A., Hadi, M. S., & Najwa, L. (2018). Pengembangan kelas daring dengan penerapan hybrid learning menggunakan chamilo pada matakuliah pendidikan kewarganegaraan. 3(2), 135–140.

Radita, N. (2018). Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan Pada Materi Teori Graph. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1), 33–45.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. 17(33), 81–95.

Siregar, N., & Novalinda, I. (2020). The Effect Of Strengthening The Prerequisite Knowledge On Student Learning Outcomes On The Topic Of Value and Eigenvector Gravity. Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 6(2), 1–7.

Sobron, Bayu, Rani, & Meidawati. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar Ipa. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38.

Sugiyono. (2015). metode penelitian pendidikan (21st ed.). Bandung: ALFABETA cv.

Suprihatiningrum, J. (2017). Strategi Pembelajaran Teori Dan Aplikasi (2nd ed.; R. K. Ratri, ed.). Jakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Diterbitkan

2020-11-26

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check