Pengembangan Aplikasi Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas Tinggi

Penulis

  • Herda Meidilana Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia
  • Astri Sutisnawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia
  • Din Azwar Uswatun Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.664

Kata Kunci:

Development, Lectora Inspire, The Water Cycle, Science Literacy.

Abstrak

The research purpose to get advisability of the development of lectora inspire  according to expert faculty, teachers and students and for find out raising of science literacy ability students in high grade with using lectora inspire. Plan of the research using Borg and Gall that has been adaption by Sugiyono. subjects in this research is 3 students five grade of SDN Suryakencana CBM Sukabumi and 6 students five grade of SDN Babakan Caringin Sukabumi. The method of collecting data used are questionnaire and test. The result of the research indicate that development of lectora inspire theme the water cycle suitable for used. The advisability based on validation result of expert faculty and teachers with very good category and students giving good response. Lectora inspire increase students science literacy ability. The raising is can see in gain score students in the first trial products was 0,75 that includes on the high category and in the second trial products was 0,61 that includes on the average category. 

Biografi Penulis

Herda Meidilana, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Mahasiswa PGSD, FKIP, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Astri Sutisnawati, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Dosen PGSD, FKIP, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Din Azwar Uswatun, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Dosen PGSD, FKIP, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Referensi

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Athiyah, U. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Semester II Kelas X SMA Berbasis Lectora Inspire. Jurnal Nalar Pendidikan, 6(1), 41–46.

Fadlilah, hervandha ris daniarti. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran PKn Berbasis Lectora Inspire Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pendulan Sumbersari Moyudan Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. (2).

Halidi, H. M. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis TIK Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Model Terpadu Madani Palu. E-Jurnal Mitra Sains, 3(1), 53–60.

Hasanah, U., & Nulhakim, L. (2015). Pengembangan media pembelajaran film animasi sebagai media pembelajaran konsep fotosintesis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 91–106.

Ibrahim, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Mata pelajaran IPA Untuk Siswa SMP. Jurnal Refleksi Edukatika, 8(1).

Ngalimun. (2018). Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Parama Ilmu.

Nur, F. M. (2012). Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Pembelajaran Sains Kelas V SD pada Pokok Bahasan Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan. Jurnal JESBIO, I(1), 14–20.

Purwanto, D. (2013). Pengembangan Media Komik IPA Terpadu Tema Pencemaran Air. Jurnal Pendidikan Sains, 1(1), 71–76.

Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud. (2018). Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud.

Rahmawati, C. (2014). Penyusunan Modul Pembelajaran KKPI untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas X pada Materi Mengoperasikan Software Spreadsheet di SMK Negeri 1 Depok. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sari, P. R., & Supranoto, H. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Information, Communication and Technology (ICT) terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 2 Sekampung. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 5(2), 95–100.

Setiawan, A. R. (2017). Penyusunan Program Pembelajaran Biologi Berorientasi Literasi Saintifik. (23), 1–8.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, cv.

Sundayana, R. (2018). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suparno, P. (2014). Metode Penelitian Pendidikan IPA. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma.

Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Widoyoko, E. P. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Wijaya, A. H., Slamet, L., & Said, D. L. (2014). Pengaruh Aplikasi Lectora Inspire Berbasis ICT sebagai Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Diklat SOD terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Komputer Jaringan SMKN 1 Tanjuang Baru. Jurnal Voteknika: Vokasional Teknik Elektronika & Informatika, 2(2), 7–12.

Windyariani, S., Setiono, & Sutisnawati, A. (2017). Pengembangan Model Asesmen Literasi Sains Berbasis Konteks Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan Dan Menggembirakan, 2, 613–622.

Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28.

Zulfiati, H. M. (2014). Pengaruh Pembelajaran IPS Berbasis ICT (Information and Communication Technology) Dengan Aplikasi Lectora Inspire dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal JIPSINDO, 1(1), 39–58.

Diterbitkan

2020-11-26

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check