Pengembangan Media Komik Berbasis Digital Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Metamorfosis Di Kelas Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.666Kata Kunci:
Elemantary School, Online Learning, Understanding Mathematical Concepts.Abstrak
Referensi
Amir, H. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan. Malang: CV. Literasi Nusantara.
Amir, M.F (2015). “Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajarâ€. Jurnal pada Math Educator Nusantara, (01), 163.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Burhan, N. (2018). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Desstya, Anatri. (2014). “Kedudukan dan Aplikasi Pendidikan Sains di Sekolah Dasarâ€. Jurnal pada Profesi Pendidikan Dasar FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta, (Vol.1), 194-195.
Dewi, dkk. (2013) “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together ( NHT) Berbantuan Kit IPA Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDâ€. Jurnal Pada e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, (3), 3.
Eko, P.Y. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Fatimah & Widiyatmoko. (2014). “Pengembangan Science Comic Berbasis Problem Based Learning Sebagai Media Pembelajaran Pada Tema Bunyi Dan Pendengaran Untuk Siswa SMPâ€. Jurnal pada Jurnal Pendidikan IPA Indonesiaâ€. (2), 152.
Hakim, A.F. (2017). Pengembangan Komik Digital Sebagai Media Pembelajaran Alat-Alat Pembayaran Internasional Pada Materi Perekonomian Terbuka. Skripsi.UNY
Hildayatni, D. (2015). “Pengaruh Modul Pembelajaran IPA Terintegrasi Nilai Agama Terhadap Peningkatan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswaâ€. Jurnal pada Jurnal Madrasah Ibtidaiyah Universitas Ibn Khaldun Bogor, (5), 3.
Kuswana, W.S. (2013). Taksonomi Berpikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Laksana S.D, (2015). “Komik Pendidikan Sebagai Media Inofatif Mi/Sdâ€. Jurnal pada Ta’allum, (Vol.3), 157.
Lestari, I. (2016) “Pengembangan Bahan Ajar IPA Komik pada Pokok Bahasa Gerak di SMPâ€. Jurnal pada Seminar Nasional Pendidikan FKIP Pendidikan Fisika Universitas Jember. (1). 566.
Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis & PBL (Problem Based Learning). Surabaya: Media Sahabat Cendikia.
Maharsi, I. (2014). Komik (dari wayang beber sampai komik digital). Yogyakarta: Badan Penerbit Isi Yogyakarta.
Mawaddah. M. (2016). Pengembangan Komik Digital Sebagai Media Pembelajaran Etiket Makan Di Dalam Keluarga. UNY
Muri, A.Y. (2017). Metode Penelitian. Jakarta: PT. Interpratama Mandiri.
Nalinda, H. (2018). Pengembangan multimedia interaktif berbasis Problem Based Learing pada muatan pelajaran IPA kelas IV SDN Kalisegoro Semarang. Skripsi UNNES
Nizwardi, J. & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Pebriansyah. (2015). “Pengembangan Pembuatan Media Komik Berbasis Komputer Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Sistem Bahan Bakarâ€. Jurnal pada Jurnal Pendidikan Teknik Mesin FKIP Universitas Sriwijaya, (Vol.2), 67.
Pengelola web kemdikbud. (2017). Pendidikan Karakter Dorong Tumbuhnya Kompetensi Siswa Abad 21.[Online] Tersedia: https://www.kemdikbud.go.id. [14 Juni 2017].
Riduwan. (2019). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sari, I.P. dkk. (2019). “Pengintegrasian Penilaian Formatif dalam Pembelajaran IPA Berbasis Saintifik Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didikâ€. Jurnal pada Pendidikan IPA Veteran Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Malang, (3), 53.
Sihotang, K. (2019). Berpikir Kritis Kecakapan Hidup Di Era Digital. Yogyakarta: PT Kanisius.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suhartini & Martyani. (2017). “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematikaâ€. Jurnal pada Jurnal Gantang Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Alam Ata Yogyakarta, (2), 107.
Sundayana, H. (2017). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, S. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Suyono, & Hariyanto. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Usep, K. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudera.
Wedyawati & Lisa. (2019). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Gabungan). Jakarta: Kencana
Zuhrowati, M. dkk (2018). “Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran IPA pada Materi Pemanasan Globalâ€. Jurnal pada Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, (Vol. 6), 145.