Analisis Peran Guru Sebagai Motivator Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas Tinggi Dalam Pembelajaran Daring
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.671Kata Kunci:
Online Sosial Science Learning Motivation, Teacher Role.Abstrak
Referensi
Ahmad, Perwira Negara, H. R., Ibrahim, M., & Etmy, D. (2020). Pelatihan Pembelajaran Daring (Google Classroom) bagi Guru MTs dan MI Nurul Yaqin Kelanjur. JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(1), 66–79. https://doi.org/10.36765/jpmb.v3i1.224
Aini, Q. (2016). Pengaruh motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik terhadap prestasi belajr ekonomi di sma nw pancor lombok timur ntb. 10(2), 91–96.
Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 161–174.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD, 4(1), 48–53. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9594
Mudlofir, A. (2014). Pendidik Profesional. PT.Raja Grafindo Persada.
Muslih, M., & Harini, S. (2017). Peran Guru BK dalam Meningkatkan Motivasi dan Religiusitas Siswa Terhadap Orientasi Kerja. Jurnal Hisbah, 12(2), 35–48.
Mutmainah, D., & Kamaluddin. (2018). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Membentuk Sikap dan Kepribadian Siswa. 6(2), 44–53.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.
Riyana, C. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Universitas Terbuka.
Sugiyono. (2015a). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). CV Alfabeta.
Sugiyono. (2015b). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Alfabeta.
Tabi`in, A. (2016). Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada MTsn Pekan Heran Indragri Hulu. Jurnal Al-Thariyah, 1(2), 156–171.
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara.
Yusuf, S., & Sugandhi, N. M. (2016). Perkembangan Peserta Didik. PT.Raja Grafindo Persada.