Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Type Make A Match Pada Murid Kelas IV SDN Bayang Kecamatan Tamalate Kota Makassar

Penulis

  • Muh Khaedar Universitas Mega Rezky, Indonesia
  • R Supardi Universitas Mega Rezky, Indonesia
  • Syamsul Alam Universitas Mega Rezky, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i1.732

Kata Kunci:

Peningkatan Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran, Cooperatif Type Make A Match.

Abstrak

Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penarapan Model Pembelajaran Cooperatif Type Make A Match, fokus penelitian Pada Murid Kelas IV SDN Bayang Kecamatan Tamalate Kota Makassar hal ini dibuktikan nilai awal yang didapat siswa sebelum penelitian adalah 20% siswa memperoleh ketuntasan belajar. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran cooperatif type make a match pada murid kelas IV SDN Bayang Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan. Rancangan penelitian ini di susun dengan satuan siklus secara berdaur ulang berulang meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Bentuk pembelajaran yang diyakini dapat meningkatakan kemampuan murid adalah suatu bentuk pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran cooperatif type make a match terdiri atas (1) tahap pembangkitan semangat belajar, (2) tahap pambagian kelompok, (3) tahap ekplorasi dengan bertukar pikiran antar sesama siswa dan guru, (4) tahap mengaitkan pembelajaran dengan realitas kenyataan lingkungan siswa (5) tahap kesimpulan (6) tahap penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperatif type make a matchyang terdiri dari enam tahap yaitu (1) tahap pembangkitan semangat belajar, (2) tahap pambagian kelompok, (3) tahap ekplorasi dengan bertukar pikiran antar sesama siswa dan guru, (4) tahap mengaitkan pembelajaran dengan realitas kenyataan lingkungan siswa, (5) tahap kesimpulan (6) tahap penilaian.

 

Biografi Penulis

Muh Khaedar, Universitas Mega Rezky

Dosen PGSD, Universitas Mega Rezky Makassar

R Supardi, Universitas Mega Rezky

Dosen PGSD, Universitas Mega Rezky Makassar

Syamsul Alam, Universitas Mega Rezky

Dosen PGSD, Universitas Mega Rezky Makassar

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyanti.2007. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fahrul. 2007. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Inpres Batua II Bertingkat Makassar Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. Skripsi UNISMUH Makassar.

Haling, Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Ibrahim, Muslim. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Kasim Ratna. 2008. Materi dan Pembelajaran IPA. Makassar: Program S1 PGSD Unismuh Makassar.

Khaeruddin, Sujiono, E.H.2005. Pembelajaran Sains (IPA) Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makassar: Badan Penerbit Makassar.

Kristiawati. 2009. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Makassar. Skripsi Unismuh Makassar.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Ramadhan, Tarmizi. 2008. pembelajaran kooperatif “make a matchâ€. Artikel (http://tarmizi.wordpress.com/2008/12/03/pembelajaran-kooperatif-make-a-match/). Diakses 3 Oktober 2010.

Ratumanan. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Ambon: Unesa University Press.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sanjana Wina.2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Diterbitkan

2021-01-14

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check