Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Type Make A Match Pada Murid Kelas IV SDN Bayang Kecamatan Tamalate Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i1.732Kata Kunci:
Peningkatan Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran, Cooperatif Type Make A Match.Abstrak
Â
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyanti.2007. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fahrul. 2007. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Inpres Batua II Bertingkat Makassar Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. Skripsi UNISMUH Makassar.
Haling, Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Ibrahim, Muslim. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Kasim Ratna. 2008. Materi dan Pembelajaran IPA. Makassar: Program S1 PGSD Unismuh Makassar.
Khaeruddin, Sujiono, E.H.2005. Pembelajaran Sains (IPA) Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makassar: Badan Penerbit Makassar.
Kristiawati. 2009. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Makassar. Skripsi Unismuh Makassar.
Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Ramadhan, Tarmizi. 2008. pembelajaran kooperatif “make a matchâ€. Artikel (http://tarmizi.wordpress.com/2008/12/03/pembelajaran-kooperatif-make-a-match/). Diakses 3 Oktober 2010.
Ratumanan. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Ambon: Unesa University Press.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Sanjana Wina.2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.