Analisis Pengajuan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.751Kata Kunci:
Problem Posing, Mathematics Learning, Creative Thinking Ability.Abstrak
Referensi
Afiani, K. D. A. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa Kelas III SD Melalui Pembelajaran Berbasis Pengajuan Masalah. ELSE, 41.
Afifah, N. (2018). Penerapan Pengajuan dan Pemecahan Masalah (JUCAMA) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Materi KPK dan FPB pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 152.
Fajrizal, R. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran JUCAMA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik dari Kemandirian Belajar. Jurnal e-Dumath, 77.
Fitri, A. (2018). Pengaruh Pengajuan dan Pemecahan Masalah (JUCAMA) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Elementary Education, 152.
Hidayat, R. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Metode Pembelajaran Problem Posing pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6.
Huliatunisa. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah. Indonesian Journal of Elementary Education, 56.
Mariana, N. (2020). Penerapan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Posing Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Pemecahan Masalah. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 201.
Pangestika, A. D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 505.
Permendiknas. (2015). Tujuan Pembelajaran pada Pendidikan.
Rahayu, R. (2018). Penerapan Metode Problem Posing Berbantuan Media Bongkar Pasang (BONGPAS) Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 34.
Ridwan, N. H. (2018). Penerapan Metode Pengajuan Masalah dan Metode Pemecahan Masalah Materi Pengukuran Kelas III SD Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Indonesian Journal of Economics Education, 106.
Siregar, P. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Soal Cerita di SD Negeri 2000010 Simardona. Jurnal Ilmiah Pendidikan MI, 150.
Sugiyono. (2015). Studi Kepustakaan Pada Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Journal of Elementary Education, 188.
Teguh, M. (2018). Pembelajaran Pecahan Berbasis JUCAMA Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 7.
Yuliani, I. (2018). Penerapan Model Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Media Bongkar Pasang Untuk Peningkatan Berpikir Kreatif Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 32.