Analisis Pengajuan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Ivonny Melati Prihandini Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Kunti Dian Ayu Afiani Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Badruli Martati Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.751

Kata Kunci:

Problem Posing, Mathematics Learning, Creative Thinking Ability.

Abstrak

The purpose of this study was to analyze the problem posed in mathematics learning which can improve the creative thinking skills of elementary school students. This research is a type of qualitative research using the literature study method. Where the data sources used in this study are journals related to problem posing to improve students' creative thinking skills. Based on the results of the analysis that has been carried out, it can be concluded that learning based on submission of this problem can be increased significantly because the abilities possessed by students have been well honed with an average value of 31,35%. This can be seen from the results of students before and after treatment in the classroom. Problem posing-based learning can not only improve the results of creative thinking skills, but students can also understand how the concepts in problem-based learning properly and correctly, because the concepts used must have the right techniques and strategies.

Biografi Penulis

Ivonny Melati Prihandini, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Surabaya

Kunti Dian Ayu Afiani, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Dosen PGSD Universitas Muhammadiyah Surabaya

Badruli Martati, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Dosen PGSD Universitas Muhammadiyah Surabaya

Referensi

Afiani, K. D. A. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa Kelas III SD Melalui Pembelajaran Berbasis Pengajuan Masalah. ELSE, 41.

Afifah, N. (2018). Penerapan Pengajuan dan Pemecahan Masalah (JUCAMA) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Materi KPK dan FPB pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 152.

Fajrizal, R. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran JUCAMA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik dari Kemandirian Belajar. Jurnal e-Dumath, 77.

Fitri, A. (2018). Pengaruh Pengajuan dan Pemecahan Masalah (JUCAMA) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Elementary Education, 152.

Hidayat, R. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Metode Pembelajaran Problem Posing pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6.

Huliatunisa. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah. Indonesian Journal of Elementary Education, 56.

Mariana, N. (2020). Penerapan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Posing Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Pemecahan Masalah. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 201.

Pangestika, A. D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 505.

Permendiknas. (2015). Tujuan Pembelajaran pada Pendidikan.

Rahayu, R. (2018). Penerapan Metode Problem Posing Berbantuan Media Bongkar Pasang (BONGPAS) Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 34.

Ridwan, N. H. (2018). Penerapan Metode Pengajuan Masalah dan Metode Pemecahan Masalah Materi Pengukuran Kelas III SD Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Indonesian Journal of Economics Education, 106.

Siregar, P. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Soal Cerita di SD Negeri 2000010 Simardona. Jurnal Ilmiah Pendidikan MI, 150.

Sugiyono. (2015). Studi Kepustakaan Pada Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Journal of Elementary Education, 188.

Teguh, M. (2018). Pembelajaran Pecahan Berbasis JUCAMA Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 7.

Yuliani, I. (2018). Penerapan Model Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Media Bongkar Pasang Untuk Peningkatan Berpikir Kreatif Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 32.

Diterbitkan

2020-11-26

Terbitan

Bagian

Articles