Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Open Ended Pada Materi FPB Dan KPK Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa Di Sekolah Dasar

Penulis

  • Eka Diana Rahmawati Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Joko Sulianto Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Prasena Arisyanto Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v4i1.762

Kata Kunci:

Development, KPK and FPB, Open Ended, Reasoning Ability, Teaching Materials.

Abstrak

The purpose of this study was to develop FPB and KPK teaching materials based on the Open Ended approach to improve students' reasoning abilities. This study uses the Research and Development (R & D) method with qualitative descriptive data analysis techniques. The results of the content validation in stage I obtained a value of 76.4 with a good category, in the second stage a score of 95.1 was obtained with a very good category. The results of construct validation in stage I obtained a value of 80.1 with good criteria, in stage II a value of 95.1 was obtained with very good criteria and in the results of the initial field trial of content validation a value of 94.5 was obtained with very good criteria and construct validation was obtained. 96.1 with very good criteria. In conclusion, the KPK and FPB teaching materials that have been developed through the content validation and construct validation stages can be concluded that they are valid and feasible to use to improve the reasoning abilities of students in class IV SD Gayamsari 02 Semarang.

Biografi Penulis

Eka Diana Rahmawati, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

 

Joko Sulianto, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

 

Prasena Arisyanto, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

 

Referensi

Asfar, A. I. T., & Aspikal, A. (2017, November). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Connecting Extending Review (CER) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika. In Seminar Nasional Riset Inovatif (Vol. 5, pp. 621-630).

Fadzilah, F., Royana, I. F., & Handayani, D. E. (2019). Pengembangan Media Pop Up Book pada Pembelajaran Tema VI Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 223-230.

Fitria Naila Sufa, F. N. S. (2017). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Domino Matematika Terhadap Pemahaman Konsep Perpangkatan Pada Materi FPB Dan KPK Kelas VI MIN 10 Banjar Tahun pelajaran 2017/2018.

Holisin, I. (2016). Melatih Penalaran Siswa Sekolah Dasar (SD) dalam Memahami Konsep Bilangan Pecahan dan Menyelesaikan Masalah Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 9 (3).

Jasmaniah, J., Fachrurazi, F., & Yeni, E. M. (2015). Bahan Ajar Problem Solving Berbasis Open-ended Pada Pembelajaran Matematika Untuk Mengembangkan Kemampuan Penalaran Mahasiswa Pgsd. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15 (3).

Manggalastawa. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Koran Tematik Integratif Pada Tema 8 Bagi Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang

Mar’atusholihah, H., Priyanto, W., & Damayani, A. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Ular Tangga Berbagai Pekerjaan. MIMBAR PGSD Undiksha, 7 (3).

Nahdliyah Mutala’liah, Nurdyansyah. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Vol hal 8 (diakses 15 November 2019)

Nashihah, D., Sulianto, J., & Untari, M. F. A. (2019). Klasifikasi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IV SD Negeri Tambakrejo 02 Semarang. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2 (2), 203-209.

Niam, F. (2019). Penalaran Plausible Siswa SD dalam Menyelesaikan Soal Problem Solving. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 4 (3), 379-387

Marzuki. 2016. Desain Bahan Ajar Open-Ended Problem Berbentuk Applied Real –World Problem, Mathematical Investigation Dan Short-Openned Quetion Untuk Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kreatif Mahasiswa Calon Guru SD. Vol 3 hal 2 (diakses 24 Oktober 2019)

Setyosari, Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta. Kencana.

Siregar dan Nara. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sulianto, J., Sunardi, S., Anitah, S., & Gunarhadi, G. (2019). Analisis Implementasi Pembelajaran di Sekolah Dasar pada Pengembangan Model Advance Organizer berbasis Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Penalaran Siswa. International Journal of Elementary Education, 3 (4), 396-403.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Develomment. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suyitno, Imam. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) berdasarkan Hasil Analisis Kebutuhan Belajar. Vol 9 hal 1. (diakses 24 Oktober 2019)

Turohmah, N. A. (2014). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui penerapan pendekatan open ended. Jakarta: Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Tyas, C. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Wall Chart Mata Pelajaran Matematika Berbasis Open-Ended Materi Kpk Dan Fpb Kelas 4 Sd (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Zaenab, S. (2015). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa melalui pendekatan problem posing di kelas X IPA 1 SMA Negeri 9 Malang. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 90-97.

Diterbitkan

2021-04-25

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check