Meningkatkan Hasil Belajar Energi Gerak Melalui Pembelajaran Kooperatif Model STAD Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.771Kata Kunci:
Science Learning Outcomes, STAD Learning Model.Abstrak
Referensi
Abimanyu, Soli & Samad, Sulaiman 2018. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.
Asma Nur. 2015. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Depdiknas.
Bundu Patta dalam Muhajir. 2018. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Depdiknas.
Dewi, I. 2012. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif dengan Menggunakan Mini Lab untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya: Program Pascasarjana IKIP Surabaya.
Gagne, Robert M and Leslie J. Briggs. 2015. Priciples of Instructional Design. New York: Holt Rinehart and Winston.
Gega, Peter C.J and Berliner.2014. Science In Elementary Education. New York: John Wiley & Son.
Hadiat, dkk. 2016. Alam Sekitar 6 . Jakarta: Bumi Aksara.
Haryanto. 2013. Sains Untuk Sekolah Dasar Kelas IV. Jakarta: Erlangga.
Hergenhahn, B. R and Mattheu Olson. 2010. An Introduction to Theories of Learning. Englewood Cliffs New Jersey: Prentice Hall International Inc.Ibrahim, dkk. 2015. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Univercity Press.
Lukman, dkk. 2013. pelajaran IPA kelas VI. Jakarta: erlangga.
Mager, Robert F. 2011. Developing Attitude Toward Learning. Belmont, California: David S, Lake Publisher.
Masniladevi. 2016. Keefektifan Belajar Kooperatif model STAD (Student Teams- Achievement Divisions) pada Penjumlahan Pecahan diKelas IV SD Negeri Sumbersari III Kota Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Nurkancana. 2019. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Usaha Nasional.
Samatowa Usman. 2017. Bagaimana Membelajarkan IPA diSekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Slavin, R. E. 2011. Cooperatif Learning. Bostom: Allyn and Bacon.
_______________. 2011. Educational Psychologi Theory and Practice. Fourth Edition Massachusets: Allyn and Bacon.
Suherman, E. 2013 Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika. Jakarta: Dirjen Dikdasmen BPPG SLTP D-III.
Suparno. 2011. Filsafat Kontruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Syah, Muhibin. 2013. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wardani. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Winkel, W.S. 2018. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.
Zainuddin. 2019. Studi Tentang Penerapan Belajar Kooperatif Model STAD dengan Konsentrasi Gaya Kognitif FI dan FD Siswa pada Pembelajaran Fungsi di Kelas II Madrasah Aliyah Negeri I Palu. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.