Pengembangan Media Dakon Matematika (Dakota) Pada Materi FPB dan KPK Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Paccerakkang

Penulis

  • Rahmah Kumullah STKIP ANDI MATAPPA, Indonesia
  • Amrullah Mahmud STKIP ANDI MATAPPA, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.793

Kata Kunci:

Dakota, Interest to learn, FPB and KPK

Abstrak

This study aims to describe the procedure, to determine the quality of the product, to describe the level of student interest in mathematics in FPB and KPK. This research uses research and development methods. This research stage refers to the development stage according to ADDIE. The subjects of this study were fourth grade students of SD Inpres Paccerakkang who were suspected of being 12 people as the sample. The data analysis technique used in this research is qualitative analysis and quantitative analysis. The two analyzes were carried out simultaneously. Based on the results of the validation, two instructional media experts gave an average score of 43 (SB) and 44 (SB) while the class teacher gave an average score of 41 (B) and 42 (SB). Furthermore, for small group trials it has increased. This is shown in the pretest obtained 58% or as many as 7 students who are complete while the posttest increase in completeness reaches 100% because all students complete in learning. Then student interest in learning also increased after the use of Dakota media that had been developed. This is shown in the average value of student interest in learning is 81 which is very good category.

Biografi Penulis

Rahmah Kumullah, STKIP ANDI MATAPPA

Dosen PGSD STKIP Andi Matappa

Amrullah Mahmud, STKIP ANDI MATAPPA

Dosen PGSD STKIP Andi Matappa

Referensi

Anwariningsih, S.H., dan Ernawati.S. 2013. Development of Interactive Media for ICT Learning at Elementary School Based on Student Self Learning. Journal of Education and Learning. 7 (2): 121-128.

Arsyad, A. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Aspriliana, R., K.Y. Margiati., dan Sugiyono. 2018. Penggunaan Media Dakon Bilangan Terhadap Hasil Belajar FPB dan KPK Siswa SDN 34 Pontianak. Artikel Penelitian: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Untan Pontianak

Damayanti, A.D.M., dan Putranti, R.D. 2016. Pembelajaran Matematika Dalam Permainan Tradisional Engklek Untuk Siswa SD Kelas V. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Terapannya Universitas Jenderal Soedirman: 253-260.

Fachrurazi. 2017. Pembelajaran Matematika Realistik Di Sekolah Dasar Pada Materi FPB Dan KPK Dengan Model Penyajian Paket Makanan. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. 1 (2): 113-122.

Handayani, N A. 2017. Efektifitas Media Dakon Terhadap Motivasi Belajar Matematika siswa Kelas V SD Negeri Ngabeyan 3 Kartasura Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi: PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Khairiyah, U. 2019. Respon Siswa Terhadap Media Dakon Matika Materi KPK dan FPB pada Siswa Kelas IV di SD/MI Lamongan. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman. 5 (2). Hal. 197-204.

Kumullah, R. 2020. Pembelajaran FPB dan KPK Menggunakan Problem Based Learning Berbantuan Media Dakota Kelas IV SDN Sukun 3 Malang. Dikdas Matappa: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar. 3 (1): 59-65.

Lesthary, D., Tampubolon, B., dan Salimi, A. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Dakon Bilangan Di SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 3 (11).

Nurhayati, K.A., Hawanti, S. Irianti, S. 2016. Pengembangan Media Permainan Congklak Matematika Untuk Mengefektifkan Penyampaian MAteri KPK dan FPB Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar. 8 (1): 34-39.

Nurhayati, K.A., Hawanti, S. Irianti, S. 2016. Pengembangan Media Permainan Congklak Matematika Untuk Mengefektifkan Penyampaian MAteri KPK dan FPB Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar. 8 (1): 34-39

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).

Susilana, R dan Cepy, R. 2012. Media Pembelajaran. Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Ulya, H. 2017. Permainan Tradisional Sebagai Media Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan: Membangun Generasi Berpendidikan dan Religius Menuju Indonesia Berkemajuan: 371-376.

Wahyuni, P. 2018. Penggunaan alat peraga dakon matematika untuk meningkatkan minat belajar matematika kelas V MI An-Najah Sesela Kecamatan Gunungsari Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi: PGMI FTK UIN Mataram.

Diterbitkan

2020-11-26

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check