Pengembangan Bahan Ajar Pada Materi Pecahan Kelas IV Berbasis Pendekatan Open Ended dan Kemampuan Penalaran SD Negeri Gayamsari 02 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v4i1.814Kata Kunci:
Development, Decimal Fractions, Open Ended, Reasoning Ability, Teaching Materials.Abstrak
Referensi
Agustin, Ririn Dwi. (2016). Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa Melalui Pendekatan Problem Solving. Jurnal Pedagogia ISSN 2089-3833 Vol. 5 No. 2 Hal. 179-183. https://www.researchgate.net/publication/.Diakses 23 Mei 2019.
Azkiyah, Shokifatul. (2013). “Pengembangan Buku Ajar Matematika Materi Pecahan Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk SD/MIâ€.Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Depdiknas.2003. Pengembangan Kurikulum dan Model Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Erman, Suherman.(2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.
Izzah, Khodijah Habibatul, Azizah, Mira.(2019). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV.Indonesian Journal of Educational Research and Review Vol.2 (2), 210-218.
Kusuma, Septiana Tri. (2015). “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Desimal Melalui Model Active Learning Tipe Index Card Match (ICM) Pada Siswa Kelas V SD Negeri Brosot Kulon Progo Yogyakartaâ€.Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Majid, Abdul. (2008). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Cetakan ke-5. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mayasari, Dian. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Segitiga dengan Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika) Vol. 1 No. 2 Hal.99-109.
Nurannisa, E. (2013). Efektifitas Open Ended Approch Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika.
Prastowo, Andi. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoretis dan Praktik. Jakarta: Kencana.
Rifa’i, ahmad dan Catharina Tri Anni. (2016). Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.
Ruseffendi, E.T (1991). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito
Sasmita, Amara. (2018). “Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis Quantum Learning untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Lamper Tengah 02 Semarangâ€.Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Shimada, S. (2005).The Open Ended Approach: A New Proposal for Teaching Mathematics. Virginia: National Council of Teacher of Mathematics.
Siregar, Eveline dan Hartini Nara.(2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Ghalia Indonesia.
Smith,N.J, & Lounsbery, M. (2009). Promoting physical education: The link toacademic achievement. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 80 (1).
Soernarjo, RJ. (2008). Matematika 5: untuk SD/MI Kelas 5. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Sudjana, Nana. (2010). Proses dan Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono.(2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.
Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA.
Sukmadinata, N.S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sulianto, Joko, Sunardi, Sri Anitah, Gunardi. 2019. Analisis Implementasi Pembelajaran di Sekolah Dasar pada Pengembangan Model Advance Organizer Berbasis Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Penalaran Siwa.International Journal of Elementary Education Vol.3 (4), 396-403.
Sutisna, Astri. (2012). “Pengaruh Pelatihan Materi Sains Berbasis ICT terhadap Peningkatan scientific Literacy dan ICT Literacy Guru Sekolah Dasarâ€.Skripsi.Universitas Pendidikan Indonesia.
Turmudi.(2008). Landasan Filsafat dan TeoriPembelajaran Matematika (berparadigma
Eksploratif dan Investigasi). Jakarta:Leuser Cita Pustaka.
Umi, F., Firman, F., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2019). Pengaruh Bahan Ajar Matematika Menggunakan Pendekatan Open Ended Problem Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 250-269.
Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-undang No.3 Tahun 2017 Pasal 1 Ayat 4 tentang Perbukuan.
Utomo, A. W. (2013). Pengembangan Buku AjarPartikel Materi berbasis Reprsentasi Kimia.Jurnal Universitas Lampung.