Pengembangan Bahan Ajar Pada Materi Pecahan Kelas IV Berbasis Pendekatan Open Ended dan Kemampuan Penalaran SD Negeri Gayamsari 02 Semarang

Penulis

  • Chevi Anjarwati Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Joko Sulianto Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Mira Azizah Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v4i1.814

Kata Kunci:

Development, Decimal Fractions, Open Ended, Reasoning Ability, Teaching Materials.

Abstrak

The background that encourages this research is that the existing teaching materials do not support learning activities, which triggers the low ability of students' reasoning. This study aims to describe the use of teaching materials, describe the procedures for developing teaching materials, and test the appropriateness of expert and teacher validation teaching materials on fraction material for class IV based on an open-ended approach and reasoning skills in elementary schools. This study uses the Research and Development method, the data analysis technique used is descriptive qualitative, and the instrument is in the form of a content validation assessment questionnaire, construct, initial field trials. Data collection obtained from the results of the content validation, construct, and initial field trials at SD Negeri Gayamsari 02 Semarang. The results of the content validation phase I obtained a score of 77.3 good categories, stage II obtained a value of 85.6 very good categories. The results of the first stage construct validation obtained a value of 76.5 good criteria, the second stage obtained a value of 83.5 for very good criteria. The results of the initial field trial of content validation obtained a value of 81.9 good criteria and construct validation obtained a value of 89.1 very good criteria.

Biografi Penulis

Chevi Anjarwati, Universitas PGRI Semarang

Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang.

Joko Sulianto, Universitas PGRI Semarang

Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang.

Mira Azizah, Universitas PGRI Semarang

Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang.

Referensi

Agustin, Ririn Dwi. (2016). Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa Melalui Pendekatan Problem Solving. Jurnal Pedagogia ISSN 2089-3833 Vol. 5 No. 2 Hal. 179-183. https://www.researchgate.net/publication/.Diakses 23 Mei 2019.

Azkiyah, Shokifatul. (2013). “Pengembangan Buku Ajar Matematika Materi Pecahan Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk SD/MIâ€.Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Depdiknas.2003. Pengembangan Kurikulum dan Model Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Erman, Suherman.(2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.

Izzah, Khodijah Habibatul, Azizah, Mira.(2019). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV.Indonesian Journal of Educational Research and Review Vol.2 (2), 210-218.

Kusuma, Septiana Tri. (2015). “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Desimal Melalui Model Active Learning Tipe Index Card Match (ICM) Pada Siswa Kelas V SD Negeri Brosot Kulon Progo Yogyakartaâ€.Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Majid, Abdul. (2008). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Cetakan ke-5. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mayasari, Dian. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Segitiga dengan Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika) Vol. 1 No. 2 Hal.99-109.

Nurannisa, E. (2013). Efektifitas Open Ended Approch Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika.

Prastowo, Andi. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoretis dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Rifa’i, ahmad dan Catharina Tri Anni. (2016). Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.

Ruseffendi, E.T (1991). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito

Sasmita, Amara. (2018). “Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis Quantum Learning untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Lamper Tengah 02 Semarangâ€.Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Shimada, S. (2005).The Open Ended Approach: A New Proposal for Teaching Mathematics. Virginia: National Council of Teacher of Mathematics.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara.(2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Ghalia Indonesia.

Smith,N.J, & Lounsbery, M. (2009). Promoting physical education: The link toacademic achievement. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 80 (1).

Soernarjo, RJ. (2008). Matematika 5: untuk SD/MI Kelas 5. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Sudjana, Nana. (2010). Proses dan Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono.(2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA.

Sukmadinata, N.S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sulianto, Joko, Sunardi, Sri Anitah, Gunardi. 2019. Analisis Implementasi Pembelajaran di Sekolah Dasar pada Pengembangan Model Advance Organizer Berbasis Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Penalaran Siwa.International Journal of Elementary Education Vol.3 (4), 396-403.

Sutisna, Astri. (2012). “Pengaruh Pelatihan Materi Sains Berbasis ICT terhadap Peningkatan scientific Literacy dan ICT Literacy Guru Sekolah Dasarâ€.Skripsi.Universitas Pendidikan Indonesia.

Turmudi.(2008). Landasan Filsafat dan TeoriPembelajaran Matematika (berparadigma

Eksploratif dan Investigasi). Jakarta:Leuser Cita Pustaka.

Umi, F., Firman, F., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2019). Pengaruh Bahan Ajar Matematika Menggunakan Pendekatan Open Ended Problem Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 250-269.

Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-undang No.3 Tahun 2017 Pasal 1 Ayat 4 tentang Perbukuan.

Utomo, A. W. (2013). Pengembangan Buku AjarPartikel Materi berbasis Reprsentasi Kimia.Jurnal Universitas Lampung.

Diterbitkan

2021-04-25

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check