Pengaruh Pembelajaran E-Learning Berbasis Media Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Sindangwangi 03 Kabupaten Brebes

Penulis

  • Intan Anggraeni Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Ferina Agustini Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Fine Reffiane Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v4i2.829

Kata Kunci:

Learning Motivation, E-Learning, Social Media.

Abstrak

The purpose of this study was to determine the effect of social media-based e-learning on  motivation of fourth grade students of SDN Sindangwangi 03, Brebes. This type of research uses quantitative research methods, with a Pre Experimental Design model in the form of one group pretest-posttest design. The data study were obtained through interviews, questionnaires and documentation. Based on the results of data analysis, it is known that the average score of students 'final motivation is higher than the average score of students' initial motivation (80.708> 39.583. While the average result of the final motivation score filled in by parents is higher than the average initial motivation score (82,500 > 41,417). The results of the one-party t-test analysis were obtained t-count amounting to 26,508 and t-table amounting to 1,714. and a significant level of 0.05, because t-count > t-table namely 26,508  1,714 so that h0 rejected ha accepted. While the results of the t-test calculation of the students' parent / guardian questionnaire were obtained t-count amounting to 30,429 and t-table amounted to 1,714. and a significant level of 0.05, because because t-count > t-table namely 30,429 1,714. so that h0 rejected ha accepted. meaning that there is an effect of social media-based E-Learning on learning motivation of fourth grade students of SDN Sindangwangi 03, Brebes Regency.

Biografi Penulis

Intan Anggraeni, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang

mahasiswa PGSD Universitas PGRI Semarang

Ferina Agustini, Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang

dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang

Fine Reffiane, Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang

dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang

Referensi

Arifin Fatkhul. 2018. Pengaruh Pembelajaran E-Learning Model WeB Centric Course Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. http://ejournal.unsri.ac.id/indrx.php/jpm. diakses pada tanggal 23 Juli 2020.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dimyati, Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Ibrahim, Suardiman. 2014. Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sd Negeri Tahunan Yogyakarta. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/2645. Diakses pada 10 Juli 2020.

Khoriyyah, Thohari dkk. 2019. Pengaruh Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Malang. http:// riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/3313. Diakses pada tanggal 15 Juli 2020.

Kompri. 2017. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Yogyakarta. Media Akademi.

Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Permana Putra. 2018. Pengaruh Media Sosial Sebagai Sumber Belajar IPS Terhadap Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis Dan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar.

https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pinus/article/view/12431. Diakses pada 11 Juli 2020.

Ratnamulyani, Ike dkk. 2018. Peran Media Sosial Dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih Pemula Dikalangan Pelajar Di Kabupaten Bogor. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pinus/article/view/12431. Diakses pada 11 Juli 2020.

Riduwan. 2016. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Rusman. 2016. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sardiman. 2005. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsito Bandung.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syahputra Iswandi, 2019. Media Relations: Teori, Strategi, dan Intelejen. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

https://kemenag.go.id/file/dokumen/UU2003.pdf. diakses pada 20 Maret 2020

Diterbitkan

2021-08-23

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check