Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis High Order Thingking Skill Kelas Tinggi di Sekolah Dasar

Penulis

  • Fika Dwi Maratusolekhah Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Intan Rahmawati Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Diana Endah Handayani Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v4i2.840

Kata Kunci:

Lesson Plan, High Order Thinking Skill.

Abstrak

21st century in education demands that every classroom learning must be based on HOTS which can be applied to teacher learning tools such as lesson plans. HOTS-based learning can be integrated into the curriculum, one of which is in science learning, with the aim of finding out how the results of HOTS-based learning tools are in the form of making and implementing HOTS in the implementation of science learning for class IV odd semesters at SDN Bugangan 01 Semarang. This type of research is descriptive qualitative research. The subject of this research is the fourth grade teacher. The data in this study were obtained through interviews, observation and documentation. Findings Based on the overall discussion and discussion, it proves that the teacher has implemented HOTS in the lesson plans, made in accordance with the standards for preparing curriculum learning tools. However, there are still some parts of the preparation of the lesson plans that must be improved because they are not in accordance with the guidelines for preparing the correct lesson plans but overall they are good.

Biografi Penulis

Fika Dwi Maratusolekhah, Universitas PGRI Semarang

Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

 

Intan Rahmawati, Universitas PGRI Semarang

Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

 

Diana Endah Handayani, Universitas PGRI Semarang

Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

 

Referensi

Aditama, H. S, dkk. 2019. "Pengembangan LKPD Berbasis Hots Pada Pembelajaran Matematika Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SDN Sentul 1". Wahana Sekolah Dasar. Vol (9) : (29-35).

Anggari, A, S, dkk. 2017. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ariyana, Yoki, dkk. 2019. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Astuti, Putu. H. M, 2019. "Pengenmbangan Perangkat Pembelajaran Kolaboratif Pada Mata Pelajaran Matematika Topik Kubus dan Balok". Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol: (3) : (269:277).

Azizah, S. H, dkk. 2019. "Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skill Untuk Pengayaan di Kelas IV Sekolah Dasar". Jurnal Ilmiah Pendidikan. (163-168).

Desstya, A. 2015. "Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPA". publikasiilmiah.usm.ac.id.

Deviana, T & Kusumaningtyas, D. 2019."Analisis Kebutuhan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Tematik Berbasis Hots pada Kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah 05 Batu". Jurnal Pemikiran dan Pengembangan.

Fanani, A & Kusmaharti, D. 2018. "Pengembangan Pembelajaran Berbasis Hots (Higher Order Thingking Skill) di Sekolah Dasar Kelas V". Jurnal Pendidikan Dasar. Vol (9) : (1-11).

Hamonangan, A. S & Sudarma, K. 2017."Analisis Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar". Journal of Education Technology.

Harjono, Ahmad, dkk. 2019. "Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA untuk Mendukung Kesiapan Guru Sebagai Role Model Keterampilan Abad 21". Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. Vol (2) : (343-347).

Mahanal, S & Zubaidah, S. 2017. "Model Pembelajaran Ricosre yang Berpotensi Memberdayakan Keterampilan Berfikir Kreatif". Jurnal Pendidikan. Vol (2) : (676-685).

Permendikbud. 2016. Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. diunduh pada 25 September 2020.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zubaidah, S. 2016. "Keterampilan Abad ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran". Seminar Nasional Pendidikan.

Diterbitkan

2021-08-23

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check