Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Program Majelis Pagi di SD Islam Terpadu Lentera Hati

Penulis

  • Maghfirotul Aliyah Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Husni Wakhyudin Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Ferina Agustini Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v4i2.851

Kata Kunci:

Education character, religion character.

Abstrak

The purpose of this study was to describe and analyze the formation of students' religious character through the morning assembly program. This study uses a qualitative research method with a descriptive approach. In this study, researchers used several methods to collect data, including: interviews, observations, questionnaires and documentation. The data analysis technique used is triangulation technique. The results of this study indicate that. the formation of students' religious character is done through habituation, understanding, and imitation. Habituation is done through the implementation of the dhuha prayer, reading Asmaul Husna, memorizing/murajaah chapter 30 of the Qur'an, traveling tadarus, celebrating Islamic holidays, and mabit. The understanding process is carried out by integrating character values in learning, Islamic stories, small group studies from teacher, and providing motivation. For example, the teacher gives direct examples to students, during learning during this pandemic the teacher is actively communicating and collaborating with parents to set a good example for children, respecting older and younger people, speaking politely, maintaining friendship. , and help each other.of students.

Biografi Penulis

Maghfirotul Aliyah, Universitas PGRI Semarang

Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

Husni Wakhyudin, Universitas PGRI Semarang

Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

Ferina Agustini, Universitas PGRI Semarang

Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

Referensi

Asmani, Jamal Ma’mur. 2012. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003.

Fathurrohman, M. 2016. “Pengembangan Budaya Religius Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan†Ta’allum, Vol. 04, No. 01, Juni 2016. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengwmvangan+budaya+religoua+dalam+meningkatkan+nutu+pendiidkan&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3Dud6E77zjzloJ. Diakses pada 15 Januari 2020.

Hariandi, Ahmad dan Yanda Irawan. 2016. “Peran Guru dalam Penanaman Nilai Karakter Religius di Lingkungan Sekolah pada Siswa Sekolah Dasarâ€. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol.1 No. 1 Juni 2016. 176-189. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&scioq=abdullah+nashih+ulwan&q=peran+guru+daln+penanaman+nilai+karakter+religius&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3Dad_At6SPsycJ. Diakses pada 12 Januari 2020.

Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2012. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Moeliono, Anton M, dkk. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Perum Penerbitan dan Percetakan Balai Pustaka.

Moelong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Muhab, Sukro dkk. 2017. “Standar Mutu Kekhasan Sekolah Islam Terpadu Edisi keempatâ€. Jakarta.

Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Mutakin, Tatan Zaenal, dkk. 2014. Penerapan Teori Pembiasaan Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar. Tahun 13, Vol.1, No.3, Oktober 2014. Https://ejournal.upi.edu/index. php/edutech/article/view/3089 diakses pada 12 Januari 2020.

Nasirudin. 2009. Pendidikan Tasawuf. Semarang: Rasail Media Group.

Salahudin, A & Alkrienciechie, I. 2013. Pendidikan Karakter: Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: CV Pustaka Setia.

Samrin. 2016. Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai). Vol. 9 No. 1, Januari-Juni2016. Http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/ view/ 505, diakses pada 18, Januari 2020.

Setiawan, Irfan. 2013. Pembinaan dan Bimbingan Siswa Pada Institusi Pendidikan. Yogyakarta: CV Writing Revolusi.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryanti, Eny Wayu dan Febi Dwi Widyawati. 2018. “Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Religius†conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2018). Universitas Widyagama Malang, 12 September 2018. Http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/630. Diakses pada 12 Januari 2020.

Wati, Dian Chrisna dan Dikdik Baehaqi Arif. 2017.â€Penanaman Nilai-nilai Religius di Sekolah Dasar untuk Penguatan Jiwa Profeik di Siswaâ€.Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III 11 November 2017, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=penanaman+nilai+nilai+religius&oq=penanaman#d=gs_qabs&u=%23p%3Dv0cGH4pnGAwJ. Diakses pada 3 Mei 2020.

Wiyani, Novan Ardy. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya di Sekolah. Yogyakarta : Pedagogia.

Yaumi, M. 2014. Pendidikan Karakter Landasan, Pilar & Implementasinya. Jakarta : Prenadamedia grup.

Zayadi. 2011. Desain Pendidikan Karaker. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Zuriah, N. 2007. Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan: Menggagas Platform Budi Pekerti secara Konseptual dan Futurisitik. Jakarta: Bumi Aksara.

Diterbitkan

2021-08-23

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check