Analisis Peran Guru Dalam Membangun Kepercayaan Diri Siswa Pada Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 2 kelas III SD Negeri Pedurungan Kidul 02 Semarang

Penulis

  • Septi Dwi Cahyani UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Mudzanatun Mudzanatun UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Ervina Eka Subekti UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v4i1.854

Kata Kunci:

Self Confidence, Teachers' Role.

Abstrak

This research aimed to determine the extent to which the teacher's role in building students’ confidence in theme 3 sub-theme 3 learning 2 class III SD Negeri Pedurungan Kidul 02 Semarang. The method of this research was a qualitative approach to descriptive research. The data collection techniques of this research were observation, interviews, questionnaires, and documentation. The data analysis technique used the Miles and Huberman stages which were carried out by means of technical triangulation. The results showed that in building students’ self-confidence, the teacher's role was very influential. Teachers as the role model in the school can give a lot of impact to build students’ self-confidence. There are some ways to build student self-confidence, such as understanding, modeling, habituation, motivations in learning, building student self-confidence starting from directing and guiding students according to the student's circumstances.

Biografi Penulis

Septi Dwi Cahyani, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang.

Mudzanatun Mudzanatun, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang.

Ervina Eka Subekti, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang.

Referensi

Arifin, Mohammad Zainul. 2019. “Analisis Peran Guru Dalam Membangun Karakter Kepercayaan Diri Siswa Kelas V SD Negeri Sambiroto 02â€. Kalam Cendekia, Volume 7, Nomor 1, hlm. 9–18. https://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/12441. Artikel. (diakses tanggal 7 Maret 2020)

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta: Rineka Cipta.

Ghufron, Nur & Rini R.S. 2011. Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hapsari, M. J. 2011. “Upaya Meningkatkan Self-Confidence Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Inkuiri Terbimbingâ€. Jurnal Prosiding ISBN, 978-979. https://eprints.uny.ac.id/7385/1/p-30.pdf. (diakses tanggal 10 Mei 2020)

Hasibuan, Rukaiah. P. 2017. “Peran Guru Dalam Pendidikanâ€. https://docplayer.info/53028872-Peran-guru-dalam-pendidikan.html. Artikel. (diakses tanggal 25 Mei 2020)

Hendriana, H. 2012. “Pembelajaran matematika humanis dengan metaphorical thinking untuk meningkatkan kepercayaan diri siswaâ€. Infinity Journal, Volume 1, Nomor 1, Hal. 90-103. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/9. (diakses tanggal 10 Mei 2020)

Hidayat, Anwar. 2012. Tutorial Rumus Chi Square Dan Metode Hitung. http://www.statistikan.com/2012/11/rumus-chi-square.html?amp .(diakses tanggal 31 Oktober 2020)

Jainuri, Muhammad. Skala pengukuran. https://www.academia.edu/5077784/Skala_Pengukuran. (diakses tanggal 30 Oktober 2020)

Mildawani, Tri. S. 2014. Membangun Kepercayaan Diri. Jakarta: Lestari Kiranatama.

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Professional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Murti, N. W. 2018. “Peran Guru Pjok Dalam Pembentukan Karakter Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Delangguâ€. Jurnal PGSD Penjaskes, Vol. 7, No. 5. https://eprints.uny.ac.id/57534/1/Skripsi%20FULL%20pdf.pdf. (diakses tanggal 19 Juli 2020)

Nurhayati, S. 2008. “Hubungan antara Kepercayaan Diri dan Lamanya Berorganisasi dengan Persepsi terhadap Prestasi Akademik di Kampus†(Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). http://eprints.ums.ac.id/2483/1/F100030126.pdf. (diakses tanggal 20 Juli 2020)

Panduan Penentuan Skoring Kriteria Kuesioner, dalam www.bukukerja.com/2012/10/panduan-penentuan-skoring kriteria.html. (diakses tanggal 3 Oktober 2020)

Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Bab I Tentang Guru dan Dosen.

Rahayu. 2013. Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: Indeks.

Rahman, M. M. 2013. “Peran Orang Tua Dalam Membangun Kepercayaan Diri Pada Anak Usia Diniâ€. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Volume 8, Nomor 2. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/download/759/728. (diakses tanggal 11 Mei 2020)

Satria, A. 2016. “Definisi Peran dan Pengelompokan Peran Menurut Para Ahliâ€. http://www.materibelajar.id/2016/01/definisi-peran-dan-pengelompokan-peran.html. (diakses tanggal 19 Juni 2020)

Setyaningsih, A. 2017. “Peran Guru Penjas Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik SMP Negeri Se-Kabupaten Klatenâ€. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Volume 6, Nomor 6. https://eprints.uny.ac.id/49183/1/SKRIPSI%20ARY%20SETYANINGSIH.pdf. Artikel. (diakses tanggal 29 Juni 2020)

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Diterbitkan

2021-04-25

Terbitan

Bagian

Articles