Analisis Kesulitan Siswa dalam Menceritakan Kembali Isi Cerita Kelas IV SD Negeri Tempaling Rembang

Penulis

  • Anggita Yuli Puryati Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Muhammad Arief Budiman Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Ikha Listyarini Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v4i2.871

Kata Kunci:

Analysis, Student Difficulties, Retelling the content of the story.

Abstrak

The purpose of this study was to analyze students' learning difficulties in retelling stories and find out the factors that influence students' difficulties in retelling stories. This study uses a qualitative research method with a descriptive approach. In this study, researchers used several methods to collect data, including: observation, interviews, questionnaires (questionnaires), and documentation. The results of this study indicate that the highest student error is found in retelling the contents of the story that has been read, while the lowest student error is in student understanding. From the percentage of student errors, it shows that most students still have difficulty in retelling the content of the story, do not know the intrinsic and extrinsic elements of the story, the applied teacher learning style, lack of student response, and lack of student focus in learning. In addition, student difficulties can be influenced by internal factors and external factors.

Biografi Penulis

Anggita Yuli Puryati, Universitas PGRI Semarang

Mahasiswa PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Muhammad Arief Budiman, Universitas PGRI Semarang

Dosen PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Ikha Listyarini, Universitas PGRI Semarang

Dosen PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Referensi

Arikunto, S. 2014 prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bachri, bachtiar, S. 2005 pengembangan kegiatan bercerita ditaman kanak-kanak teknik dan prosedurnya. Jakarta: departemen Pendidikan nasional, Direktorat jendral pendidikan tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gange, Robert M. 1997. The condition learning. Newyork: Holt, Rinehart and Wington.

Martini, Jamaris. 2014 kesulitan belajar, prespektif, asesmen, dan penanggulangan bagi anak usia dini dan usia sekolah. Bogor: Ghalia Indonesia.

Marlina, Elin. Aprilia, Seni. Hamdan, Ghullam. 2018 kemampuan bercerita siswa SD menggunakan buku pop up. Jurnal PENDADIKTIKA: Jurnal Ilmiah pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 5. No.1.

Marwah, Siti Shafia. Syafe’I, Makhmud. Elan, Sumarna 2018 The relevance between Ki Hajar Dewantara’s concept of education and Islamic education. To get a deep comprehension about the concept of Ki Hajar Dewantara’s education and Islamic education, this research uses qualitative approach and descriptive analitic method, so that the relevance between these two concepts can be seen. Jurnal terbang Indonesia journal Islamic education. Vol.5. no.1.

Mustakim, M. Nur. 2005 peranan cerita dalam pembentukan perkembangan anak. Jakarta. Rineka Cipta.

Muchlisina, Innay. 2017 modul pembelajaran membaca pemahaman teks cerita petualangan untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal pemikiran dan pengembangan SD. Vol. 5. No. 2.

Musfiroh, Tadkiroatun. 2005 bercerita untuk anak usia dini. Jakarta: Depdiknas.

Mustika, Anggraeni.2012 peningkatan keterampilan berbicara melalui media gambar seni. Padang: Universitas Muh. Hatta.

Moleong, L. J. 2017. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. 2000 berbagai pendekatan dalam proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Siti, Shafa, Marwah. 2018 konsep belajar Ki Hajar Dewantara dan Implikasinnya terhadap pembelajaran PAI Universitas pendidikan Indonesia. Jurnal Pemikiran Islam.Vol. 5. No. 1.

Sugiyono. 2017 metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Supriyono, Ahmadi. 2003 kesulitan belajar. Kediri. STAIN.

Tarigan, Henry Guntur. 2008 membaca sebagai suatu ketersmpilan membaca. Bandung: Angkasa.

Lestari,Ni Putu, Listya. Dewi, Meter. Negara, gusti, Agung. 2017 analisis kesulitan-kesulitan belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV dalam implementasi kurikulum 2013 di SD Piloting se Kabupaten Gianyar. E-jurnal PGSD Universitas Ganesa Vol. 3. No. 1.

Pratiwi, Melina fine, Budiman, Muhammad arief. Cahyadi Fajar. 2020 analisis kesulitan belajar siswa dalam memecahkan masalah matematika materi oprasi hitung pecahan kelas V SD Negeri Cepagan Batang. Jurnal sekolah. Vol.4.No.3.

Sari, Ira Novita, Saputri, Dwi Fajar, Sasmita. 2016 pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika pada siswa kelas XI SMA Giling Kabupaten Sambas. Jurnal edukasi matematika dan sains 2(4):108-114.

Zaenal, Alimin. Solyster 2004. Kesulitan belajar dalam perspektif pendidikan. Pusat pengembangn Anak. Universitas pendidikan Indonesia.

Diterbitkan

2021-08-23

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check