Analisis Kemampuan Menggambar dengan Teknik Menggambar Angka Pada Siswa Kelas III SD N 02 Manggungmangu di Sekolah Dasar

Penulis

  • Ahmad Miftakhudin UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Wawan Priyanto UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Fajar Cahyadi UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v4i2.880

Kata Kunci:

Drawing techniques, Number, Elementary students.

Abstrak

Drawing is one of the activities favored by elementary school students to develop creativity and the need for the right method in teaching it. The focus of this research is how the drawing ability of third grade students of State Elementary School 02 Manggungmangu is using the technique of drawing with numbers. This study aims to determine and analyze the drawing ability of third grade students of State Elementary School 02 Manggungmangu. This type of descriptive qualitative research with research subjects third grade students of State Elementary School 02 Manggungmangu. The data in the study were obtained through interviews, observation and documentation. The results showed that the third grade students of State Elementary School 02 Manggungmangu had good abilities after being given drawing treatment using number drawing techniques. It can be seen from the results of students' drawings using indicators of lancae aspects, detailed aspects, and original aspects. So this shows an increase in students' creative abilities in producing images using number drawing techniques.

Biografi Penulis

Ahmad Miftakhudin, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Mahasiswa PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Wawan Priyanto, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Dosen PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Fajar Cahyadi, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Dosen PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Referensi

Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Artikawati, F & Soekirno, S. 2019. “Pengaruh Pendekatan Saintifik Melalui Media Fotonovela Terhadap Aktivitas Pembelajaranâ€. Jurnal Sinektik. Vol (2): (86-96).

Bunt, Carl (Lownfeld). 1975. Creative and Mental Growth Edisi VII, New York: Mc Millan.

Busan, Tony. (1991:48) dalam (Fitriyanti, 2015). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 dengan Asosiatif di Kelompok B TK Budi Rahayu. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran: Jakarta: PT Rineka Cipta.

Erdiana. 2019. “Peningkatan Keterampilan Boga Dasar Melalui Metoda Demonstrasiâ€. Jurnal Sekolah. Vol (3): (240-245).

Fitriyanti dalam skripsinya yang berjudul “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Dengan Media Gambar Asosiatif di Kelompok B TK Budi Rahayuâ€.

Hamdu, G, Agustina, L. 2011. “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasarâ€. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol (12): (81-86).

Hasanah, U, N. 2012. “Peningkatan Keterampilan Menggambar Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Pada Anak Kelompok B TK Islam Modern RA Daarush Shoolohin Plumbon Mojolaban Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012â€. digilib.uns.ac.id.

Irawan, D & Wijayanti, O. 2019. “Penguatan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran SBdP Materi ‘Kreatifitas Pola Lantai Pada Tari Bungong Jeumpa’ (Studi Pelatihan Pada Guru MI Muhammdiyah Gumiwang)â€. Semainar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional. (27-35).

Nurfatoni, dkk. 2013. “Kajian Gambar Ekspresi Karya Siswa Tingkat Sekolah Dasar (Studi Deskriptif Analitik Terhadap Karakteristik Gambar Karya Siswa Kelas 3 SD Negeri 01 Gandrungmangu Kabupaten Cilacap)â€. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni. Vol (1): (1-15).

Nusjantara isdi. 2014. “Pengembangan Kreativitas Menggambar Pada Kelompok B2 di TK ABA Kalakijo Guwosari Pajangan Bantulâ€. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Priyanto, W. 2018. Trik Menggambar Cepat Dengan Angka. Semarang: PT.UPGRI Semarang.

Rahmawati, L, N. 2011. “Peningkatan Kreativitas Mencipta Desain Busana Dengan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Berbasis Stad (Students Teams Achievement Division) Pada Mata Diklat Menggambar Busana Di SMK Negeri 4 Yogyakartaâ€. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Busana Jurusan Pendidikan Teknik Boga Dan Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Ratnawati, S, dkk. 2015. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pencapaian Realisasi Kredit Account officer PD.BPR bank daerah Tulungagungâ€.

Ayuningtyas. 2014. Meningkatkan Kemampuan Menggambar Dengan Teknik Spuit pada anak Kelompok B TK Negeri 3 Sleman Pakem Sleman. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Subiantoro, Benny, dkk. 2017. Mudahnya Belajar Menggambar Bagi Guru dan Siswa di Sekolah Dasar Minasa UPA Makassar. Jurnal TANRA.(Vol 4, No. 3)

Sugiyanto, dkk. 2004. Kesenian untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

______2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumanto. (2015). Pengembangan Kreatifitas Senirupa Anak Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Direktorat Pembinaaan Tenaga Kependidikan, dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Soegeng, A. Y. 2016. Dasar-dasar Penelitian. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Undang-Undang Republik Indonesia, No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Utami, D. 2012. “Peningkatan Keterampilan Menggambar Ilustrasi Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas V Semester II SD Negeri II Balepanjang Jatipurno Tahun Ajaran 2011/20112â€. digilib.uns.ac.id. 1-109.

Utari, U, dkk. 2016. “Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar Dalam Mengahadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)â€. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS. Vol (1): (39-44).

Watipah, Y. 2019. “Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasarâ€. Journal on Teacher Education. Vol (1): (12-23).

Wiyanto, Hendro. 2004. Mengamati Seni Rupa Indonesia. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Zahrina, H, A. 2019. “Penggunaan Model Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar SBdP Pada Materi Montase di Kelas IV SD Negeri Pamulang Tengahâ€. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekoalah Dasar. Vol (6): (211-222).

File Tambahan

Diterbitkan

2021-08-23

Terbitan

Bagian

Articles