PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS V SDN 186 LEMBANG

Jumrah Jumrah

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan di SDN 186 Lembang Kab. Pinrang yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep geometri siswa kelas V melalui metode Demonstrasi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 186 Lembang Kab. Pinrang Tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 28 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pemahaman konsep yang dilakukan tiap akhir siklus, observasi, refleksi dan respon siswa. Dari data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang dicapai setelah dianalisis yaitu : (1) pada Siklus I, diperoleh skor rata-rata hasil belajar matematika siswa sebesar 67,36 dengan standar deviasi 11,74 dan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 67,86%. (2) pada Siklus II, diperoleh skor rata-rata hasil belajar matematika siswa sebesar 71,54 dengan standar deviasi 10,50 dan
persentase siswa yang mencapai nilai KKM sebesar 85,71%. (3) hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa antara lain siswa menjadi lebih aktif bertanya, menanggapi pertanyaan dan membuat kesimpulan, serta siswa terlihat memperhatikan pelajaran dengan tenang dan fokus sehingga mereka bisa menjawab pertanyaan tentang materi pelajaran dengan baik dan benar. (4) Terjadinya peningkatan pemahaman konsep geometri siswa setelah menerapkan metode demonstrasi.


Keywords


Pemahaman Konsep Geometri, Metode Demonstrasi

Full Text:

PDF

References


Abidin, Zaenal. 2011. Definisi Pemahaman Menurut Para Ahli.

http://www.masbied.com/2011/09/02/definisi-pemahaman-menurut-parahli.html. Diakses pada tanggal 25 Januari 2016

Hendro. 2011. Metode Demonstrasi. http://dapah.blogspot.com/2011/11/normal-0-falsefalse-

false-en-us-x-none_29.html Diakses pada tanggal 22 Desember 2015

Muhkal, Mappaita. 2009. Materi Kuliah Strategi Belajar Mengajar Matematika. Makassar: FMIPA UNM

Pickard, Marry. 2007. The New Booms Taxonomy An Overview For Family And Consumer Sciences. Journal of Family and Consumer Science Education. 25(1)

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sahabuddin. 2007. Mengajar dan Belajar. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Suharjana, Agus. 2009. Pemanfaatan alat peraga sebagai Media pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Indonesia

Suhartono. 2007. Geometri I. Makassar: Jurusan Matematika FMIPA UNM

Yatmoko, susilo. 2011. Penerapan Metode Demonstrasi Dengan Media Benda Asli Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V Semester I. http://susilofy.wordpress.com/ Diakses pada tanggal 22 Desember 2015

Zulaiha. 2011. Definisi Pemahaman Konsep. http://ahli definisi.blogspot.com/definisipemahaman- konsep.html Diakses pada tanggal 25 Januari 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.31100/histogram.v1i1.18

Article metrics

Abstract views : 563 | views : 260


Copyright (c) 2017 HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika

 
 
 
 
 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats