PENGARUH KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 SATAP BUNGORO

Herman Alimuddin

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen yang bersifat korelasi dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh keaktifan belajar siswa akibat penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 4 Satap Bungoro tahun ajaran 2017-2018 yang berjumlah 27 siswa, dengan mengambil sampel dengan menggunakan teknik “simple jenuh”. Pegumpulan data menggunakan lembar observasi keaktifan dan tes tertulis. Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial

Keaktifan siswa pada saat pembelajaran termasuk kategori aktif dengan persentase 55,55% dan  skor rata-rata 75,26, Hasil belajar matematika siswa termasuk kategori sangat baik dengan persentase 51,82% dan skor rata-rata 80,56. Uji hipotesis diperoleh nilai Fhitung  > Ftabel ( 6,965 > 4,24 ), yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI). Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terjadi peningkatan hasil belajar pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Satap Bungoro.


Keywords


Keaktifan, Hasil Belajar Matematika, TAI

Full Text:

PDF

References


Asep Jihad, dkk. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Asma, Nur. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif, Jakarta : Depdiknas.

Daryanto.(2013).Strategi dan tahapan mengajar (bekal keterampilan dasar bagi guru).Bandung : CV Yrama Widya.

Dewi Kristanti, 2014. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Bangun Datar Melalui Media Tanaram pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 25 Surabaya. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Volume 4. Diakses pada tanggal 29 September 2014.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Endang Mulyatiningsih, 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Erman Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Isriani Hardini dan Dewi Puspitasari, 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep dan Implementasi). Yogyakarta: Familia

Karyasa, I N. R., Salain, I M. A.K., & Nadiasa, M. (2011). Analisis faktor- faktor yang mempengaruhi gagal lelang pengadaan barang dan jasa pemerintah secara elektronik (e-procurement) di Kabupaten Badung.




DOI: http://dx.doi.org/10.31100/histogram.v1i1.182

Article metrics

Abstract views : 447 | views : 94


Copyright (c) 2018 HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika

 
 
 
 
 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats