EFEKTIVITAS PEMBERIAN TES FORMATIF DENGAN UMPAN BALIK TERHADAP HASIL BELAJAR STATISTIK DESKRIPTIF MAHASISWA PRODI STUDI EKONOMI SYARIAH STAIN WATAMPONE

Rahma Hidayati Darwis

Abstract


ABSTAK: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen melibatkan dua perlakuan yaitu pemberian tes formatif dengan umpan balik dan pemberian tes formatif tanpa umpan balik, dengan satu variabel yaitu hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai perbedaan hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan pemberian tes formatif dengan umpan balik dengan hasil belajar mahasiswa yang diberi tes formatif tanpa umpan balik pada mahasiswa program studi Ekonomi Syariah. Populasi adalah seluruh mahasiswa prodi ekonomi syariah yang memprogramkan mata kuliah statistik deskriptif dan secara acak sederhana terpilih 2 kelompok. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis infrensial. Hasil analisis statistik deskriptif diperoleh skor rata-rata berada pada kategori tinggi untuk kelompok yang diberi tes formatif dengan Umpan Balik dan rata-rata untuk kelompok yang diberi tes formatif tanpa Umpan Balik berada pada kategori rendah. Hasil ini memberikan gambaran bahwa hasil belajar statistik deskriptif mahasiswa yang diberi tes formatif dengan umpan balik lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diberi tes formatif tanpa umpan balik. Hasil analisis inferensial dengan statistik uji-t disimpulkan bahwa tingkat hasil belajar staistik deskriptif mahasiswa yang diberi tes formatif dengan umpan balik berbeda signifikan dengan hasil belajar statistik deskriptif mahasiswa yang diberi tes formatif tanpa umpan balik.

Keywords


(Efektifitas; Tes Formatif; Umpan Balik)

Full Text:

PDF

References


Abdulrahman, Mulyono, 2003. ”Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar“. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharmi, 2006. “Prosedur Penelitian ". Edisi Revisi. Jakarta. Rineka Cipta.

Andrew,horrison,1983.”A language testing “.hand book.m.chillan :publishers.

Azwar, Saifuddin, 1996. “Test Prestasi”. Yogjakarta: pustaka pelajar.

Dewi, Kusuma. 2008. “Efektivitas Model Pembelajaran Statistik deskriptif Realistik”. Mahasiswa Angkatan 2004 Jurusan Pendidikan Statistik deskriptif STKIP-YPUP”. Skripsi STKIP-YPUP: (tidak diterbitkan)

Djaali, 1991. “Pedoman Praktis Penelitian dan Penulisan Karya Tulis”. IKIP Ujung Pandang.

Frans 2004.”Meningkatkan hasil belajar statistik deskriptif melalui pemberian kuis dengan umpan balik”.Skipsi STKIP YPUP.

Hudoyono, Herman, 1990. “Strategis Belajar Mengajar Statistik deskriptif”. IKIP Malang.

Loekmono, Lobby, 1994.”Belajar Bagaimana Belajar”. Salah Tiga Gunung Mulia.

Nurkancana, Wayan, 1986. “Evaluasi Pendidikan”. Surabaya : Usaha Nasional.

Rahmad 2002. “Efektifitas Pemberian Tugas Formatif dengan Umpan Balik Terhadap Prestasi Belajar Statistik deskriptif”. Skripsi FPMIPA IKIP Ujung Pandang.

Richar c.Anderson,dkk,1973. ”Education psychology”. london:harper and row publishers.

Sardiman A.M 1988. “Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar”. Jakarta : Rineka Cipta.

Silverius, Suke, 1991. “Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik”. Jakarta : Gramedia.

Suryatna, 2002. “Hubungan Tes Formatif Terhadap Hasil Nilai Sumatif Siswa”. Skripsi FPMIPA IKIP Ujung Pandang.

Suherman, dkk, 2003. “Strategi Pembelajaran Statistik deskriptif”. Edisi Revisi. Bandung : JLCA.

Slameto, 1995. “Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya”. Jakarta : Edisi Revisi, Rineka Cipta.

Slameto, 1999. “Evaluasi Pendidikan”. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Thoha, Chalib, 1990. “Teknik Evaluasi Pendidikan”. Jakarta : Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.31100/histogram.v1i1.22

Article metrics

Abstract views : 575 | views : 899


Copyright (c) 2017 HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika

 
 
 
 
 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats