Adaptabilitas Karir Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta Selama Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Dede Rahmat Hidayat Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Azhima Azzahra Amalia Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Deviana Ramadhani Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Dewi Andini Nurfatimah Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Nurul Wafa Amatullah Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Robiatul Adawiyah Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/jurkam.v5i2.1220

Keywords:

Adaptabilitas karir, pandemi covid-19, mahasiswa

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menghadirkan tantangan dan hambatan karir khususnya bagi mahasiswa semester akhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi adaptabilitas karir pada mahasiswa semester akhir selama pandemi covid-19, yang melibatkan 145 mahasiswa Universitas Negeri Jakarta Semester 6,7 dan 8 yang direkrut dengan teknik snowball sampling. Instrumen yang digunakan di adaptasi dari Career Adapt-Abilities Scale, yang dikembangkan oleh Savickas & Porfeli (Porfeli & Savickas, 2012), terdiri dari 24 item yang dibagi menjadi 4 dimensi utama yaitu career concern, career control, career curiosity, dan career confidence, pilihannya dalam bentuk 5 poin skala likert yaitu 5 = strongest, 4 = very strong, 3 = strong, 2 = somewhat strong dan 1 = not strong. Analisis data menggunakan statistik deskriptif yang dibantu dengan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan secara umum adaptabilitas karir mahasiswa semester 6,7 dan 8 di Universitas Negeri Jakarta berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 96.14, hal ini menandakan bahwa mahasiswa semester akhir telah memiliki karakteristik concern, control, curiosity dan confident. Dampaknya adaptabilitas karir mahasiswa mengalami perubahan yang signifikan karena covid-19 membuat mereka harus bisa beradaptasi dengan ketidakstabilan dan ketidakpastian karir yang terjadi saat ini maupun di masa depan.

Author Biographies

Dede Rahmat Hidayat, Universitas Negeri Jakarta

Bimbingan dan Konseling

Azhima Azzahra Amalia, Universitas Negeri Jakarta

Bimbingan dan Konseling

Deviana Ramadhani, Universitas Negeri Jakarta

Bimbingan dan Konseling

Dewi Andini Nurfatimah, Universitas Negeri Jakarta

Bimbingan dan Konseling

Nurul Wafa Amatullah, Universitas Negeri Jakarta

Bimbingan dan Konseling

Robiatul Adawiyah, Universitas Negeri Jakarta

Bimbingan dan Konseling

References

Akkermans, J., Richardson, J., & Kraimer, M. L. (2020). The Covid-19 crisis as a career shock: Implications for careers and vocational behavior. Journal of Vocational Behavior, 119(May), 1–5. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2020.103434

Aristovnik, A., KeržiÄ, D., RavÅ¡elj, D., TomaževiÄ, N., & Umek, L. (2020). Impacts of the COVID-19 pandemic on life of higher education students: A global perspective. Sustainability (Switzerland), 12(20), 1–34. https://doi.org/10.3390/su12208438

Baert, S., Lippens, L., Moens, E., Sterkens, P., & Weytjens, J. (2020). How Do We Think the COVID-19 Crisis Will Affect Our Careers (If Any Remain)? IZA Discussion Paper, 13164.

Creed, P. A., Fallon, T., & Hood, M. (2009). The relationship between career adaptability, person and situation variables, and career concerns in young adults. Journal of Vocational Behavior, 74(2), 219–229. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2008.12.004

Del Corso J. (2017). Counseling Young Adults to Become Career Adaptable and Career Resilient. In K. Maree (ed). Psychology of Career Adaptability, Employability and Resilience, DOI 10.1007/978-3-319-66954-0_2.

Effendy, N., & Widianingtanti, L. T. (2020). Peran Meaning dan Personal Growth Initiative (PGI) pada Pandemi Covid-19 (Tatanan Dunia Baru). Buletin Psikologi, 28(2), 166. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.60210

Ela, M. Z., Shohel, T. A., Shovo, T. E. A., Khan, L., Jahan, N., Hossain, M. T., & Islam, M. N. (2021). Prolonged lockdown and academic uncertainties in Bangladesh: A qualitative investigation during the COVID-19 pandemic. Heliyon, 7(2). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06263

Faisal, M. (2021). Angka Pengangguran Muda RI Tertinggi se-Asia Tenggara (akses 24 Mei 2021). https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210503170819-92-638002/angka-pengangguran-muda-ri-tertinggi-se-asia-tenggara

Fatmawiyati, J. (2019). PENGARUH BIG FIVE PERSONALITY DAN LEARNING GOAL ORIENTATION TERHADAP ADAPTABILITAS KARIR SISWA SMK NEGERI “X†MALANG. Thesis. Surabaya: Universitas Airlangga.

France, A. (2007). Understanding youth in late modernity. New York: Open University Press.

Giffari, N., & Suhariadi, F. (2012). Pengaruh Social Support Terhadap Creer Adaptability Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Jurnal Psikologi Dan Organisasi, 6(4), 64–77. https://journal.unair.ac.id/JPIO@pengaruh-social-support-terhadap-career-adaptability-pada-mahasiswa-tingkat-akhir-fakultas-psikologi-universitas-airlangga-article-12547-media-50-category-10.html

Gunawan, W. (2013). Pengaruh sumber-sumber efikasi diri dan efikasi diri pengambilan keputusan karier terhadap adaptabilitas karier remaja (Tesis tidak dipublikasi). Jakarta: Universitas Indonesia.

Hirschi, A. (2009). Career adaptability development in adolescence: Multiple predictors and effect on sense of power and life satisfaction. Journal of Vocational Behavior, 74(2), 145–155. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2009.01.002

ILO-OECD. (2020). The impact of the COVID-19 pandemic on jobs and incomes.

ILO. (2020). Pemantauan ILO Edisi ke-2 : COVID-19 dan Dunia Kerja. Estimasi dan Analisis Terbaru. International Labour Organization, April, 1–12.

Konstam, V., Celen-Demirtas, S., Tomek, S., & Sweeney, K. (2015). Career Adaptability and Subjective Well-Being in Unemployed Emerging Adults: A Promising and Cautionary Tale. Journal of Career Development, 42(6), 463–477. https://doi.org/10.1177/0894845315575151

Lee, P. C., Xu, S. (Tracy), & Yang, W. (2021). Is career adaptability a double-edged sword? The impact of work social support and career adaptability on turnover intentions during the COVID-19 pandemic. International Journal of Hospitality Management, 94(January), 102875. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2021.102875

Mardiyati, B., & Yuniawati, R. (2015). Perbedaan Adaptabilitas Karir Ditinjau Dari Jenis Sekolah (Sma Dan Smk). Empathy : Jurnal Fakultas Psikologi, 3(1), 31–41.

Ngadi, N., Meliana, R., & Purba, Y. A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Phk Dan Pendapatan Pekerja Di Indonesia. Jurnal Kependudukan Indonesia, 2902, 43. https://doi.org/10.14203/jki.v0i0.576

Porfeli, E. J., & Savickas, M. L. (2012). Career Adapt-Abilities Scale-USA Form: Psychometric properties and relation to vocational identity. Journal of Vocational Behavior, 80(3), 748–753. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2012.01.009

Ramdhani, R. N., & Kiswanto, A. (2020). Urgensi Adaptabilitas dan Resiliensi Karier pada Masa Pandemi. Indonesian Journal of Educational Counseling, 4(2), 95-106.

Ramdhani, R. N., Budiamin, A., & Budiman, N. (2019). Adaptabilitas Karir Dewasa Awal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(3), 361–370. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i3.15008

Savickas. (2005). The theory and practice of career construction. Career development and counseling : Putting theory and research to work.

Savickas, M. L., & Porfeli, E. J. (2012). Career Adapt-Abilities Scale: Construction, reliability, and measurement equivalence across 13 countries. Journal of Vocational Behavior, 80(3), 661–673. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2012.01.011

Sisca, & Gunawan, W. (2015). Gambaran Adaptabilitas Karier Remaja. Jurnal Psikologi, 11(2), 111-119.

Sufren, & Natanael, Y. (2014). Belajar otodidak SPSS Pasti Bisa. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sutopo, O. R. (2013, Juli). Hidup adalah Perjuangan: Strategi Pemuda Yogyakarta dalam Transisi dari Dunia Pendidikan ke Dunia Kerja. Jurnal Sosiologi MASYARAKAT, XVIII(2), 161-179.

Sutopo, O. R., & Meiji, N. H. (2014). TRANSISI PEMUDA DALAM MASYARAKAT RISIKO:ANTARA ASPIRASI, HAMBATAN DAN KETIDAKPASTIAN. Jurnal Universitas Paramadina, XI(3), 1164-1186.

Sutopo, O. R., & Meiji, N. H. (2017). Kapasitas Refleksif Pemuda dalam Transisi Menuju Dunia Kerja. Jurnal Sosiologi Walisongo, I(1), 1-16.

Violina, E. I. (2017). Kematangan Karier Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi Bimbingan Dan Konseling Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 72–80. https://doi.org/10.30870/jpbk.v2i2.3056

Widyatama, T., & Aslamawati, Y. (2015). Study Deskriptif Mengenai Kematangan Karir pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Psikologi Unisba. Sosial Dan Humaniora, 580–587.

Wyn , J., & White, R. (1998). Youth Agency and Social Context. Journal of Sociology, 314-327.

Downloads

Published

2021-08-30

Issue

Section

Articles

Citation Check