Keefektifan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa

Authors

  • Drajat Edy Kurniawan Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Yulian Agus Suminar Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/jurkam.v2i2.124

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji Keefektifan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa BK Universitas PGRI Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa BK Semester IV Angkatan Tahun 2016 Universitas PGRI Yogyakarta dengan sampel sebanyak 20 Mahasiswa. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis independent sampel test. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata skor pretest dan postest masing-masing adalah sebesar 112,75 dan 71,35 sedangkan nilai signifikansinya sebesar 0,000. Mengacu pada kriteria uji maka 0,000 < 0,05 sehingga dapat dikatakan ada perbedaan rata-rata tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa antara sebelum dan sesudah treatment. Dengan melihat perbandingan rata-rata skor postest lebih rendah daripada pretest yaitu 71,35 < 112,75 maka terdapat penurunan tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa. Oleh karena Hipotesis Alternatif (Ha) diterima maka kesimpulannya yaitu Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Efektif Untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa BK Universitas PGRI Yogyakarta.

 

Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, Prokrastinasi akademik

References

Akinsola,M.K.&Tella. A. 2007. Correlates of Academic Procrastination and Mathematics Achievement of University Undergraduate Student. Eurasia Journal of Mathematics Science & Technology Education. 3 (4). 363- 367.

Asmani, J. M. 2010. Panduan Efektif Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.

Burka, JB & Yuen, LM. 2008. Procrastination: Why You Do It, What To Do. About It Now. Reading, MA: Addison-Wesley. Cambridge: Personality.

Chow. H. 2011 . Procrastination Among Undergraduate Students:Effects of Emotional Intelligence, School Life, Self Evaluation And Self Efficacy. Alberta Journal of Educational Research. 57(2), 234-240.

Cronbach, L., J. & Shapiro, K. 1983.Designing Evaluations of Educational and Social Programs. San Fransisco: Jossey-Bass Publishers.

Ferrari, J.R., Johnson, J.L., & McCown,M.G. 1995. Procrastination and task Avoidance. London: Sage publication.

Fibriana Anjaryati. 2009. Pengembangan Program Fullday School Untuk Optimalisasi Perkembangan Anak.( On line). http://kakadi.info/?p=368. Diakses pada 3 Januari 2018.

Ghufron, M. Nur dan Rini Risnawati. 2011. Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hair, J.F., et al. 2010. Multivariate Data Analysis. (7th edition). New Jersey : Pearson Education Inc.

Hudley, Cynthia. (2008). Academic Motivation and the Culture of School in Childhood and Adolescence. New York: Oxford University Press.

Kellerman, P.F. 2007. Sociodrama and Collective Trauma. London: Jessica Kingsley Publishers.

Muhammad Nur Ghufron., (2003). Hubungan Kontrol Diri dan Persepsi Remaja terhadap. Penerapan Disiplin Orang Tua dengan Prokrastinasi Akademik. (Thesis).

Natawidjaja, R. 2009. Konseling Kelompok : Konsep Dasar dan Pendekatan. Bandung : Rizqi.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Kelompok Dan Konseling Kelompok. Padang: Universitas Negeri Padang.

Putri. N.F. 2010. Hubungan Antara Self Esteem Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Sebelas MaretSurakarta. Skripsi. (Tidak Diterbitkan) Surakarta: Fakultas Kedokteran Prodi Psikologi UNS.

Romlah, T. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Saifudin Azwar . (2009). Penyusunan Skala Psikologi . Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Schouwenburg, H. 1995. Counseling The Procrastinator in Academic Settings. Washington DC: American Psychological Association.

Sirin. E.F. 2011 . Academic Procrastination Among Undergraduates Attending of School Physical Education and Sports: Role of General Procrastination, Academic Motivation, and Academic Self Efficacy. Educational Research and Reviews Academic Journal. 6(5), 447-455.

Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alpabeta.

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. (ed. Revisi v). Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi, D. K. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT Radja Grafindo.

Wibowo, M. E. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UNNES Press.

Winkel, W.S dan Hastuti, S. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Downloads

Published

2019-09-29

Issue

Section

Articles

Citation Check