Efektifitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Dalam Meningkatkan Kemampuan Etika Bergaul Remaja

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31100/jurkam.v6i2.1837

Keywords:

Layanan bimbingan kelompok, teknik modeling, etika bergaul, remaja

Abstract

Kajian ini didasarkan pada argumen bahwa etika bergaul remaja dapat meningkat melalui pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling. Menggunakan metode kuantitatif quasi eksperimen, penelitian ini menetapkan 20 orang remaja yang dijadikan sebagai subjek penelitian. Sebanyak 10 remaja dijadikan kelompok eksperimen, dan 10 orang lainnya dijadikan kelompok kontrol. Angket kemampuan etika bergaul yang disusun berdasarkan skala likert, digunakan sebagai instrumen pengumpulan data yang selanjutnya dianalisis dengan uji wilcoxon signed ranks test. Kajian ini mengungkap terjadinya peningkatan kemampuan etika bergaul pada kelompok. eksperimen yang ditunjukkan dari terjadinya peningkatan skor sebelum perlakuan rata-rata skor pre testnya  sebesar 54,7 dan skor post test 65.4. Demikian juga pada kelompok kontrol terjadi peningkatan yang dilihat dari skor rata-rata pre testnya sebesar 53,8 dan skor post-test 54,4. Kajian ini menguatkan argumen bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling sangat efektif meningkatkan etika pergaulan remaja.

References

Abdullah, M. Y. (2006). Pengantar Studi Etika. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Ardianty, S. ., & Sukmana, T. (2011). Cara Bergaul Yang Sopan Dan Aman. Jakarta: Pacu Minat Baca.

Aristiyani, D. (2014). Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Cognitive Behaviour Therapy Untuk Meningkatkan Etika Bergaul Dengan Teman Sebaya. Doctoral Dissertation, Universitas Muria Kudus.

Aswida, W., Marjohan, ., & Syukur, Y. (2012). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi pada Siswa. Konselor, 1(2). doi:10.24036/0201212697-0-00

Awaliyah, A. (2021). Bimbingan Konseling Kelas 7 Untuk SMP/MTs Semester Genap. Jawa Tengah: PT Nasya Exspanding Management.

Daryanto, & Farid, M. (2015). Bimbingan Konseling Panduan Guru BK dan Guru Umum. Yogyakarta: Gava Media.

Endah, K. (2018). Etika Pemerintahan dalam Pelayanan Publik. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 4(1), 141–151.

Erford, B. T. (2015). 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hidayat, R., Zumkasri, & Kartika Sari, W. (2018). Meningkatkan Etika Pergaulan Siswa Melalui Layanan Informasi Di Kelas X SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Psikodidaktika, 3(1).

Hudiarini, S. (2017). Penyertaan Etika Bagi Masyarakat Akademik Di Kalangan Dunia Pendidikan Tinggi. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2(1), 1–13.

Junaedi, D. (2018). Seni Bergaul Ala Rasul 25 Akhlak Pergaulan Nabi. Solo: Tinta Medina.

Kadek Pigura, W., I Ketut, D., & Suranata, K. (2014). Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Untuk Meminimalisir Perilaku Agressif Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 2 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1). doi:10.23887/JIBK.V2I1.3717

Listiyani, N., Wibowo, M. E., & Sutoyo, A. (2019). Guidance Group Based on Islamic Teachings with Simulation Game Techniques to Improve Interpersonal Communication. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 59–66.

Mushthofiyah, S. (2019). Etika Pergaulan Remaja dalam Perspektif Al-Qur’an (Kajian Tafsir Al-Misbah). FTK UIN Raden Intan Lampung.

Nanda, et al. (2019). Implementation Of Counseling Guidance Services On Social Ethics In Students Of Class V SDN 1 Kebumen, 2(1).

Novianti, D., Dosen, S., Prodi, T., & Fkip-Umsu, A. (2015). Pengaruh Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role-Playing Terhadap Perilaku Solidaritas Siswa dalam Menolong Teman. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(01). doi:10.30596/EDUTECH.V1I01.265

Nugraha, A., Kurniawan, S. J., & Santosa, H. (2021). Analisis Kebutuhan Bimbingan Kelompok Berbasis Kespro Untuk Mengembangkan Perilaku Seksual Sehat Remaja. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 5(2), 55–62. doi:10.31100/JURKAM.V5I2.1029

Nurhayati, A. S., Darim, A., & Rokhman, M. (2021). Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling Bagi Siswa Broken Home Melalui Pendekatan Aswaja. Journal of Contemporary Islamic Counselling, 1(2).

Purwati, Nur Yuhenita, N., Purwandari, S., & Faizah, R. (2019). Penanaman Moral Untuk Meningkatkan Pribadi Berkarakter Remaja. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 3(2), 49–57. doi:10.31100/JURKAM.V3I2.378

Rahmat, R., Kasih, F., & Kardo, R. (2021). Efektifitas Bimbingan Kelompok Dengan Menggunakan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Etika Pergaulan Peserta Didik. Mudabbir, 1(2).

Rasimin, & Hamdi, M. (2021). Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sa’diyah, H. (2014). Upaya Meningkatkan Etika Bergaul Dengan Lawan Jenis Melalui Layanan Informasi Dengan Teknik Sosiodrama. Universitas Muria Kudus.

Saputra, H. . (2015). Meningkatkan Sikap Bergaul yang Beretika Melalui Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Live Model Kelas XI IPA 1 SMA NU AL Ma’ruf. Doctoral Dissertation, Universitas Muria Kudus.

Satriah, L. (2017). Bimbingan dan Konseling Kelompok Seting Masyarakat. Bandung: Fokusmedia.

Sirait, l. A., & Menanti, A. (2018). Pengaruh Konseling Individual dengan Pendekatan Client Centered Terhadap Etika Bergaul Siswa di Kelas X IPA 2 SMAN 4 Medan. Psikologi Konseling, 12(1).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi Metode R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukma, D. (2018). Concept And Application Group Guidance And Group Counseling Base On Prayitno’s Paradigms. Konselor, 7(2).

Sunarti, & Siregar, N. R. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Etika Pergaulan Siswa. Bening, 4(2).

Tarmizi. (2018). Bimbingan Konseling Islami. Medan: Perdana Publishing.

Wardani, S. P. D. K., & Fitri, D. M. (2021). Edukasi Tentang Pergaulan Remaja yang Sehat di Lingkungan Sekolah dan Keluarga. Abdi Wiralodra : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). doi:10.31943/abdi.v3i1.32

Downloads

Published

2022-08-31

Issue

Section

Articles

Citation Check