Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Berkomunikasi Di Depan Umum Pada Mahasiswa

Authors

  • Andi Nahliah Bungawali Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Eva Meizara Puspita Dewi Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Muhammad Nur Hidayat Nurdin Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/jurkam.v6i1.1845

Keywords:

inside-outside circle, kepercayaan diri berkomunikasi di depan umum, mahasiswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle dalam meningkatkan kepercayaan diri berkomunikasi di depan umum pada mahasiswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Subjek yang ikut dalam penelitian ini sebanyak 12 orang mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah skala kepercayaan diri berkomunikasi di depan umum berdasarkan aspek dari Lauster. Penelitian ini memperoleh hasil p = 0,002 dengan nilai signifikansi p < 0,05. Kesimpulannya adalah membuktikan inside-outside circle efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam berkomunikasi di depan umum (p= 0,002).

Author Biography

Eva Meizara Puspita Dewi, Universitas Negeri Makassar

Psikologii

References

Azhary, M. A. Y. A., Suwignyo, H., & Hasanah, M. (2013). Penerapan pembelajaran kooperatif model inside-outside circle untuk meningkatkan hasil belajar apresiasi dongeng siswa kelas VII MTSN Juwet Ngroggot Nganjuk. JPBSI Online, 1(1), 1–9.

Dalley, K., & Caravella, L. D. (2005). Speaking Mastering. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Darmawan, T. H. (2013). Penerapan metode inside-outside circle untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Indonesia [Naskah publikasi]. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dewi, F. U. (2013). Public Speaking: Kunci Sukses Bicara di Depan Public. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Elfering, A., & Grebner, S. (2011). Ambulatory assessment of skin conductivity during first thesis presentation: Lower self-confidence predicts prolonged stress response. Applied Psychophysiology and Biofeedback, 36(2), 93–99. https://doi.org/10.1007/s10484-011-9152-3

Ferreira Marinho, A. C., Mesquita de Medeiros, A., Côrtes Gama, A. C., & Caldas Teixeira, L. (2017). Fear of Public Speaking: Perception of College Students and Correlates. Journal of Voice, 31(1), 127.e7-127.e11. https://doi.org/10.1016/j.jvoice.2015.12.012

Ghufron, M. N., & Risnawita, S. R. (2012). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzzmedia.

Huda, M. (2016). Cooperative Learning: Metode Teknik Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lauster, P. (2015). Tes Kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara.

Lie, A. (2010). Cooperative Learning (D. H. Gulo, Penerj.). Jakarta: Grasindo.

Maulida, D., & Narius, D. (2013). Teaching speaking to junior high school students through the inside-outside circle (IOC) strategy. Journal of English Language Teaching, 1(2), 115–119.

Nurhayani. (2015). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle untuk meningkatkan hasil belajar siswa. [Skripsi diterbitkan]. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Putranjaya, P. M. D., Wahyuni, D. S., & Darmawiguna, I. G. M. (2013). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle terhadap hasil belajar siswa kelas VII. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Informatika, 2(6), 720–725.

Rachmawati, I. (2015). Hubungan antara interaksi sosial dengan kepercayaan diri dalam public speaking. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rachmedita, V., Maskun, & Erkwandari, Y. S. (2014). Penerapan model pembelajaran cooperative teknik inside outside circle pada mata pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah, 2(3), 1–12.

Rakhmat, J. (2015). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Sari, E. A. (2011). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT sebagai upaya meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas X SMA Ma’arif Pandaan-Pasuruan tahun ajaran 2008/2009. Jurnal Artikulasi, 12(2), 817–827.

Sukmadinata, N. S. (2016). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Suprijono, A. (2016). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem (Edisi Revisi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tillfors, M., Carlbring, P., Furmark, T., Lewenhaupt, S., Spak, M., Eriksson, A., Westling, B. E., & Andersson, G. (2008). Treating university students with social phobia and public speaking fears: Internet-delivered self-help with or without live group exposure sessions. Depression and Anxiety, 25(8), 708–717. https://doi.org/10.1002/da.20416

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Articles

Citation Check