Pengembangan Model Konseling Kelompok Teknik Expresif Writing Berlandaskan Falsafah Dandang Tingang Untuk Meningkatkan Perilaku Respect
DOI:
https://doi.org/10.31100/jurkam.v3i1.204Keywords:
Konseling kelompok, teknik expresif writing, dandang tingang, perilaku respectAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan konseling kelompok teknik ekspresif writing berlandaskan falsafah dandang tingang, (2) untuk menemukan desain model konseling kelompok teknik ekspresif writing dengan flasafah dandang tingang untuk meningkatkan perilaku respect peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D). Research and development atau penelitian pengembangan merupakan salah satu penelitian yang pada akhir penelitian dapat ditemukanya sebuah model baru. Analisis data dilakukan dengan cara kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari pengembangan model yang sudah dilakukan peneliti maka tersususnlah sebuah model yang berisi (1) Rasional, (2) Tujuan, (3) Asumsi, (4) Target intervensi, (5) Komponen model, (6) Langkah-langkah model, (7) Materi, (8) Sarana, (9) Evaluasi dan indikator keberhasilan. Model yang sudah tersusun diujicobakan untuk mengetahui tingkat keefektifan dari model yang sudah di susun. Hasil uji coba diketahui bahwa model konseling kelompok dengan teknik expresif writing yang berlandaskan falsafah dandang tingang efektif untuk meningkatkan perilaku respect. Pengujian independen sample T Test, dari hasil perhitungan dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 19.00 diperoleh data sebagai berikut: T hitung (23,703) > T tabel (2,120) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa layan konseling kelompok dengan teknik expresif writing berlandaskan falasafah dandang tingang efektif untuk meningkatkan perilaku respect
References
Brandley, 2016, Empat Puluh Teknik Yang Harus Diketahui Konselor, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Corey, M.S. 2011. Becoming a helper sixth edition. USA: Broks/cole, cengage learning
Eliasa, Eva Imania. 2011. Pentingnya Respek Pada Diversity Dan Universality Dalam Konseling (The Importance Of Respect In diversity And Universality In Counseling). Join Counseling Conference 2011 “Enhancing Mental Healt Trough Counseling
Eva IE. 2011. Pentingnya respek pada diversity dan universality dalam konseling. Bandung: Disajikan dalam Join Counseling Conference, Bandung, 7&8 Desember 2011
Ilon Y Nathan. 1991. Ilustrasi Dan Perwujudan Lambing Batang Garing Dan Dandang Tingang, Sebuah Konsepsi Memanusiakan Manusia Dalam Filsafat Suku Dayak Ngaju Kaliamntan Tengah. Proyek Bantuan Pembinaan Kebudayaan Daerah Tingkat I Kalimantan Tengah
Mami H, Dkk. 2011. Pelatihan Respect Education (In-House Training) Untuk Mencegah Bullying Di Sekolah Dasar Kawasan Beresiko. Yogyakarta. PPM UNGGULAN Nomor: 235/UN.34.22/PM/2011, tanggal 15 April 2011 Universitas Negeri Yogyakarta, Kementrian Pendidikan Nasional.
Munib, A, Dkk. 2007. Pengantar ilmu pendidikan. Semarang: UPT UNNES Press
Puji,,S & Djamari. 2015. Kajian Historis Komparatif Cerita “Batang Garing†(Study Historical Comparative of Story "Batang Garing"). Jakarta. Kandai Vol. 11, No. 2, November 2015
Qonitatin, 2011, Teknik Konseling dan Penerapannya, Jogjakarta: CV Bina Ilmu Pustaka
Shufi. R, 2015, Pedoman Dan Teknik Untuk Konselor, Jakarta: PT Lintang Wiguna
Sugiyono. 2010. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widaryati, 2013, Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta didik (1),(2) 335-336, Arinterior Jurnal
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright of any open access articles in journals published by JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa authorized author to hold unrestricted copyrightThe author also grants the third party the right to use the article freely provided that its integrity is maintained and its original author, details of quotations and publishers are identified. Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. formalizes the terms and conditions of this publication and these terms.
In addition to Jurkam's copyright policy: Jurnal Konseling Andi Matappa, some journals also follow the Open Accses policy and endorsement of the Public Domain Dedication Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Creative Commons License applies to all data published in this journal.
If a writer is prevented from becoming a copyright holder (eg for government employees), little variation is required. In such cases, copyright lines and license statements in individual articles will be adjusted, for example to say '© 2017 copyright'. Authors who require this type of variation should notify Jurkam during or immediately after the submission of their article. Changes to the copyright line can not be made after the publication of the article.
Exceptions to copyright policy There may be exceptions to copyright and permissions for previously published articles under different policies from the above. For example, sometimes Jurkam: Jurnak Konseling Andi Matappa may publish articles together with other publishers, and different permission conditions may apply. However, in all cases, access to this article is free of cost or other access restrictions.
Â
JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.