Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebahagiaan Siswa

Authors

  • Muhammad Anas Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Nur Fadhilah Umar Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Akhmad Harum Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/jurkam.v6i1.2123

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; gambaran tentang kebahagiaan siswa di sekolah; gambaran sumber kebahagiaan siswa dan seberapa sering siswa mengalaminya, serta mengetahui ada tidaknya hubungan antara factor-faktor kebahagiaan dengan perasaan kebahagiaan siswa di sekolah.  Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggukana pendekatan korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa beberapa SMP di kota Makassar (SMPN 8, 13, 19) yang terdaftar pada tahun akademik 2020/2021 yang berada pada tingkatan kelas 8. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang dibuat secara online via google form. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis data deksriptif dan inferensial.

Hasil penelitain ini diperoleh; Pada umumnya (62,33%) peserta didik merasa cukup bahagia dalam lingkungan sekolah, mereka memiliki emosi positif, merasa bermakna, memiliki hubungan social yang positif, dan merasa sukses atau berprestasi; Terdapat lima factor atau kondisi atau keadaan yang ada pada lingkungan sekolah yang dapat memunculkan perasaan kebahagiaan peserta didik adalah perlakuan guru baik di luar kelas maupun dalam kelas (dalam pembelajaran), hubungan dengan teman sebaya, aktiviotas belajar, dan kepemilikan materi (uang, pakaian, peralatan belajar; Terdapat hubungan positif yang berarti kondisi atau keadaan tertentu (secara keseluruhan) dengan perasaan kebahagiaan peserta didik. Semakin sering peserta didik mengalami keadaan positif di sekolah maka akan semakin menyebabkan siswaw mengalami perasaan kebahagiaan; Terdapat hubungan positif yang berarti dari masing-masing aspek dalam sumber kebahagiaan tersebut (perlakuan guru baik di luar kelas maupun dalam kelas (dalam pembelajaran), hubungan dengan teman sebaya, aktivitas belajar, dan kepemilikan materi (uang, pakaian, peralatan belajar)

Author Biographies

Muhammad Anas, Universitas Negeri Makassar

Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan

Nur Fadhilah Umar, Universitas Negeri Makassar

Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP UNM

Akhmad Harum, Universitas Negeri Makassar

Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP UNM

References

Affandi, L. H., Saputra, H. H., & Husniati, H. (2020). Apakah Tingkat Kebahagiaan Bisa Menjelaskan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar? Progres Pendidikan, 1(3), 168–176. https://doi.org/10.29303/prospek.v1i3.21

Azizi, M., Mohamadian, F., Ghajarieah, M., & Direkvand-Moghadam, A. (2017). The effect of individual factors, socioeconomic and social participation on individual happiness: A cross-sectional study. Journal of Clinical and Diagnostic Research: JCDR, 11(6), VC01.

Chen, S.-Y., & Lu, L. (2009). ACADEMIC CORRELATES OF TAIWANESE SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS‟HAPPINESS. Adolescence, 44(176).

Kim, S., & Lee, S. (2015). The influence of job-seeking stress, career decision-making self-efficacy, self-esteem and academic achievement on nursing students‟ happiness. Korean Journal of Adult Nursing, 27(1), 63–72.

Kun, B., Urbán, R., Paksi, B., Csóbor, L. V., Oláh, A., & Demetrovics, Z. (2012). Psychometric characteristics of the Emotional Quotient Inventory, Youth Version, Short Form, in Hungarian high school students. Psychological Assessment, 24(2), 518.

Lew, B., Huen, J., Yu, P., Yuan, L., Wang, D.-F., Ping, F., Abu Talib, M., Lester, D., & Jia, C.-X. (2019). Associations between depression, anxiety, stress, hopelessness, subjective well-being, coping styles and suicide in Chinese university students. PloS One, 14(7), e0217372.

Lyubomirsky, S., Sheldon, K. M., & Schkade, D. (2005). Pursuing happiness: The architecture of sustainable change. Review of General Psychology, 9(2), 111– 131.

O‟Rourke, J., & Cooper, M. (2010). Lucky to be happy: A study of happiness in Australian primary students. Australian Journal of Educational & Developmental Psychology, 10, 94–107.

Quinn, P. D., & Duckworth, A. L. (2007). Happiness and academic achievement: Evidence for reciprocal causality. The Annual Meeting of the American Psychological Society, 24(27.5), 2007.

Ramezani, S. G., & Gholtash, A. (2015). The relationship between happiness, selfcontrol and locus of control. International Journal of Educational and Psychological Researches, 1(2), 100.

Ruizâ€Aranda, D., Extremera, N., & Pinedaâ€Galan, C. (2014). Emotional intelligence, life satisfaction and subjective happiness in female student health professionals: the mediating effect of perceived stress. Journal of Psychiatric and Mental Health Nursing, 21(2), 106–113.

Silva, R. G., & Figueiredo-Braga, M. (2018). Evaluation of the relationships among happiness, stress, anxiety, and depression in pharmacy students. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 10(7), 903–910.

Thomas, R., & Geraci, R. M. (2018). RELIGIOUS RITES AND SCIENTIFIC COMMUNITIES: AYUDHA PUJA AS “CULTURE†AT THE INDIAN INSTITUTE OF SCIENCE: with Jeff Wilson,“„The New Science of Health and Happiness‟: Investigating Buddhist Engagements with the Scientific Study of Meditationâ€; Oliver Zambo. Zygon®, 53(1), 95–122.

Wani, M., & Dar, A. A. (2017). Optimism, happiness, and self-esteem among university students. Indian Journal of Positive Psychology, 8(3), 275–279.

Yunus, W. M. A. W. M., Badri, S. K. Z., Panatik, S. A., & Mukhtar, F. (2020). The Unprecedented Movement Control Order (Lockdown) and Factors Associated With the Negative Emotional Symptoms, Happiness, and Work- Life Balance of Malaysian University Students During the Coronavirus Disease (COVID-19) Pandemic. Frontiers in Psychiatry, 11.

Zhang, J., & Kemp, S. (2009). The relationships between student debt and motivation, happiness, and academic achievement. New Zealand Journal of Psychology, 38(2), 24–29.

Downloads

Published

2022-02-27

Issue

Section

Articles

Citation Check