Program Konseling Sebaya Sebagai Model Bantuan Masalah Psikologis Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Abdullah Pandang Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Muhammad Danial Universitas Sulawesi Barat, Indonesia
  • Hardi Hamzah Universitas Cenderawasih, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/jurkam.v6i2.2136

Keywords:

Pengembangan, Konseling, Sebaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah program konseling sebaya antar siswa SMA sederajat yang dapat digunakan secara efektif setelah memenuhi tahapan penilaian produk yang dibutuhkan.  Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan. Kegiatan pengembangan terutama didasarkan pada alur kerja dan tahapan yang dipakai dalam pengembangan teknologi pendidikan dikombinasi dengan  beberapa pendekatan dan jenis penelitian dan evaluasi. Tahapan umum pengembangan menggunakan langkah-langkah dalam model Courseware Development Process (model CDP). Dalam rangka implementasi kegiatan penelitian, keenam fase pengembangan yang ada dalam Model CDP dikelompokkan ke dalam tiga tahapan kegiatan utama, analisis kebutuhan, perancangan dan penyusunan prototipe, serta validasi model. Subjek dalam penelitian ini meliputi pihak-pihak yang diharapkan memberikan informasi penilaian produk yang meliputi: (1) informan analisis kebutuhan lapangan yang meliputi siswa dan guru Bimbingan Konseling (BK) (2) ahli dalam bidang konseling (expert judge) (3) subjek target pengguna yang meliputi siswa SMA, dan (4) target calon penerima manfaat yaitu siswa pada satuan pendidikan yang sesuai dengan level produk. Setelah produk dikembangkan dilakukan penilaian kualitas produk dengan analisis pakar yang dihasilkan kategori tinggi nilai (85,83) untuk aspek isi, nilai kategori tinggi (88,75) untuk Aspek Bahasa dan Tampilan, serta kriteria tinggi (88,75) untuk aspek utilitas dan kelayakan. Dengan data tersebut maka model KOSAS yang dikembangkan untuk mengakomodir konseling sebaya siswa SMA sederajat layak dimanfaatkan oleh satuan Pendidikan.

References

Arif, M., Danial, M., & Nurhaeni. (2021). Students’ perceptual english learning style: major and minor preferences in higher education. 24(1), 401–4011. https://doi.org/10.24071/llt.v24i1.3499

Fatkhurrohman, F., Rahmawati, A. K., & Pinurbo, R. H. (2021). Strengthening the role of peer counselors in preventing dental and oral diseases among students during the Covid-19 pandemic. Community Empowerment, 6(11). https://doi.org/10.31603/ce.5509

Febrianti, T., & Mulawarman, M. (2019). Peningkatan Perilaku Prososial Siswa melalui Konseling Teman Sebaya Berbasis Kecakapan Hidup. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(3). https://doi.org/10.30653/001.201933.113

Gustafson, K.L. (1981). Survey of instructional development models. Eric Clearinghouse on Information Resources Syracuse University.

Jiang, N., Yan-Li, S., Pamanee, K., & Sriyanto, J. (2021). Depression, Anxiety, and Stress During the COVID-19 Pandemic: Comparison Among Higher Education Students in Four Countries in the Asia-Pacific Region. Journal of Population and Social Studies, 29. https://doi.org/10.25133/JPSSv292021.023

Kyriakides, E., Tsangaridou, N., Charalambous, C., & Kyriakides, L. (2018). Integrating generic and content-specific teaching practices in exploring teaching quality in primary physical education. European Physical Education Review, 24(4). https://doi.org/10.1177/1356336X16685009

Pandang, A. & Umar, N (2020). Pengembangan Model Program Konseling Sebaya untuk Meningkarkan Efikasi Diri Menjadi Konselor Mahasiwa Program Studi Bimbingan Konseling. Laporan Penelitian. LPPM Universitas Negeri Makassar.

Pappas-Puckett, E.E. (1985). The Effect of Modeling Assertive Behavior on Peer Counselors. Dissertation Abstract International, 45(11): 3283A.

Robinson, E. S., Morrow, S., Kigin, T., & Lindeman, M. (1991) Peer Counselors in a High School Setting: Evaluation of Training and Impact on Students. The School Counselor Vol. 39, No. 1 (September 1991), pp. 35-40

Seidel, T., Renkl, A., & Rieß, W. (2021). Explicating basic teaching quality dimensions in subject-specific teaching: the role of teaching artefacts and definition of core practice situations. Unterrichtswissenschaft, 49(2). https://doi.org/10.1007/s42010-021-00108-9

Stokes, D.R., Gozales, M., Rowe, D., Romero, D., Adms, M., Lyons, S., & Rayfield, G.E. (1988). Multicultural Peer Counseling: A Development Perspective and Rational. Journal of Counseling and Develipment, 67: 55-56

Sturm, N., & Bohndick, C. (2021). The Influence of Attitudes and Beliefs on the Problem-Solving Performance. Frontiers in Education, 6. https://doi.org/10.3389/feduc.2021.525923

Yang, X., Guo, X., & Yu, S. (2016). Student-generated content in college teaching: Content quality, behavioural pattern and learning performance. Journal of Computer Assisted Learning, 32(1). https://doi.org/10.1111/jcal.12111

Downloads

Published

2022-08-31

Issue

Section

Articles

Citation Check