Pengembangan Media Informasi E-Komik Anti Bullying Bagi Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Akhmad Harum Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Muhammad Idris Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Muhammad Ilham Bakhtiar STKIP Andi Matappa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/jurkam.v7i1.2613

Abstract

Penelitian ini  bertujuan mengetahui: (1) Gambaran kebutuhan e-komik anti bullying dalam pemberian layanan informasi bagi siswa (2) Prototype e-komik anti bullying sebagai media informasi bullying bagi siswa (3) Tingkat validasi e-komik anti bullying dalam memberikan layanan informasi bullying pada siswa (4) Tingkat kepraktisan e-komik anti bullying dalam memberikan layanan informasi bullying pada siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang di modifikasi oleh peneliti dari 10 menjadi 7 tahapan pengembangan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V UPT SDN 14 Batang sebanyak 20 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket analisis kebutuhan. Hasil penelitian diperoleh (1) Siswa membutuhkan layanan informasi e-komik anti bullying mengenai strategi pencegahan perilaku bullying, akan tetapi belum tersedia media dilingkungan sekolah. (2) Prototype media e-komik anti bullying terdiri atas 7 tampilan utama yaitu tampilan sampul komik, hak cipta, panduan penggunaan e-komik, isi cerita, pesan moral dan nilai karakteristik, lampiran berupa tips untuk menghindari bullying, dan tampilan video (3) Tingkat validitas media informasi e-komik anti bullying sebagai media informasi bagi siswa sudah valid untuk digunakan oleh siswa sesuai dengan hasil dari penilaian dua orang ahli, yaitu: ahli materi, dan ahli media, Akan tetapi masih perlu dilakukan perbaikan produk untuk menghasilkan produk yang lebih berkualitas untuk nantinya bisa diimplementasikan secara luas dilapangan (4) Tingkat kepraktisan media informasi e-komik anti bullying sebagai media informasi bagi siswa sudah praktis untuk digunakan oleh siswa sesuai dengan hasil dari penilaian wali kelas

References

(2022). Analisis Perilaku Bullying Antar Siswa Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar Negeri Sangir Kecamatan Wajo Kota Makassar Sulawesi Selatan. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1318–1333.

Amalia, R., Hendriana, B., & Vinayastri, A. (2021). Pengembangan Media Komik Elektronik untuk Mengurangi Bullying pada Siswa Anak Usia Dini. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2391–2401.

Bulu, Y., Maemunah, N., & Sulasmini, S. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Bullying pada Remaja Awal. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 8(2), 93–106.

Darmayanti, K. K. H., Kurniawati, F., & Situmorang, D. D. B. (2019). Bullying di sekolah: Pengertian, dampak, pembagian dan cara menanggulanginya. PEDAGOGIA, 17(1), 55–66.

Fadhallah, R. A. (2021). Wawancara. UNJ PRESS.

Gaina, M. E., Trishinta, S. M., & Rosdiana, Y. (2022). Hubungan Eksistensi Diri Terhadap Pengontrolan Emosi Korban Bullying Pada Remaja Di SMP Sunan Giri Malang. Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Tribhuwana Tunggadewi.

Heryani, N. (2020). Pengembangan Aplikasi Strategi Pencegahan Perilaku Perundungan (Bullying) pada Sekolah Dasar di kota Jambi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 9(2), 190–194.

Ismail, K. (2020). Perancangan Komik Edukasi Untuk Mencegan Bullying Pada Anak SMP. EProceedings of Art & Design, 7(2).

Leztizia, & Aditia. (2018). Perancangan Buku Komik Edukasi Pencegahan Perilaku CyberBullying Pada Remaja. EProceedings of Art & Design, 5(3).

Mujna Simo, P., & Widyastuti, D. (2021). Gambaran Dampak Perilaku Bullying pada Mahasiswa Keperawatan di Perguruan Tinggi: Literatur Review.

Munawarah, R. R. D. (2022). Dampak Bullying Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (Studi Kasus) Di Raudhatul Athfal Mawar Gayo. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 15–32.

Permata, I. (2022). Dampak Bullying Terhadap Perilaku Remaja; Studi Kasus Pada pelajar SMA Negri Palembang. Jurnal Interpensi Sosial Dan Pembangunan (JISP), 3(1), 10–16.

Putra, D. D., Okilanda, A., Arisman, A., Lanos, M. E. C., Putri, S. A. R., Fajar, M., & Wanto, S. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Pengembangan Model Borg & Gall. Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(1), 46–55.

Rahmanto, P. (2019). Pengembangan Media Komik Untuk Mencegah Perilaku Bullying Siswa Kelas VII. Jurnal Genta Mulia, 10(1), 105–121.

Ramdhan, S., Tullah, R., & Janah, S. N. (2019). Iklan Animasi Stop Bullying Pada SD Negeri Cibadak II Berbasis Multimedia. Jurnal Sisfotek Global, 9(2).

Siahaya, S. K. V. (2021). Penegakan Hukum Terhadap Pelaku Penindasan atau Bullying Disekolah. LEX CRIMEN, 10(3).

Siregar, L. (2019). Strategi orangtua dalam upaya mengatasi perilaku bully remaja di Desa Padang Matinggi Kecamatan Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara. IAIN Padangsidimpuan.

Downloads

Published

2023-06-10

Issue

Section

Articles

Citation Check