Penerapan Teknik Reframing Untuk Mereduksi Tingkat Kejenuhan Belajar Siswa

Authors

  • Nurhidayatullah Dahlan STKIP Andi Matappa, Indonesia
  • Salmiti Salmiati STKIP Andi Matappa, Indonesia
  • Muhammad Ilham Bakhtiar STKIP Andi Matappa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/jurkam.v7i1.2643

Keywords:

Teknik Reframing, kejenuhan belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Gambaran masalah kejenuhan belajar  siswa di SMA Negeri 12 Makassar. (2) Metode penerapan teknik reframing untuk mengurangi masalah kejenuhan belajar  siswa di SMA Negeri 12 Makassar. (3) efektivitas peneraan teknik reframing untuk mengurangi kejenuhan belajar  di SMA Negeri 12 Makassar. Jenis pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperiment dengan pola quasi eksperimental design. Bentuk desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 2 , XI IPA 6 dan XI IPS 1 di SMA Negeri  12 Makassar sebanyak 48 siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan proporsional random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 24 responden yang terbagi menjadi dua, yaitu  12 responden untuk kelompok eksperimen dan 12 responden untuk  kontrol yang memiliki skor skala kejenuhan belajar  kategori tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik parametrik dengan perhitungan uji paired sampel t test menggunakan program SPSSVersi25.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian sebelum dan sesudah pemberian perlakuan, diperoleh hasil perhitungan uji hipotesis dengan nilai Asymp Sig = 0,000< 𛼠= 0,05 menunjukkan H0 ditolak maka dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling kelompok dengan teknik reframing dengan metode penokohan nyata (live model)  dapat mengurangi kejenuhan belajar  siswa di SMA Negeri 12 Makassar

 

Kata kunci: Teknik Reframing, kejenuhan belajar

Abstract:  This research is quantitative research with an experimental method thatis motivated by the problem of learning boredom experienced by students with symptoms that arise such as feeling bored following online learning, difficulty concentrating, and loss of learning motivation. This study aims to determine: (1) An Overview of students' online learning boredom problems in SMA Negeri 12 Makassar. (2) The method of applying Reframing Techniques to reduce the problem of student online learning boredom at SMA Negeri 12 Makassar. (3) effectiveness application of Reframing Techniques to decrease the boredom of online learning at SMA Negeri 12 Makassar. The type of approach in this study uses the method experiment with a quasi-experimental design pattern. The shape of the design used in this study is a nonequivalent control group design.The population of this study was students of class XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 6,and XI IPS 1 at SMA Negeri 12 Makassar as many as 48 students. retrieval technique The sample of this study used proportional random sampling. The number ofsamples in this study was 24 respondents which were divided into two, namely:12 respondents for the experimental group and 12 respondents for controls who had a high category score on the online learning boredom scale. The data analysis technique used is descriptive statistics and parametric statistics with the calculation of the paired-samplet-test using the SPSS Version 25.0 program for windows. Based on the results of the research before and after the treatment,the results of the calculation of the hypothesis test with the value of Asymp Sig = 0.000 < = 0.05 shows H0 is rejected, it can be concluded that the application of the counseling group with Reframing Techniques with real characterization method (live model) can reduce student online learning boredom at SMA Negeri 12 Makassar

 

Keyword: Reframing Techniques, burnout learnig

References

Agustina Ida. 2014. Penerapan Strategi Reframing untuk Mengurangi Perasaan Rendah Diri Siswa Kelas VII-H SMP Negeri 1 Jongorogo Ngawi. Jurnal BK. Vol. 4 (3).

Astuti, R.D. 2019.†Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Self-Regulated Learning Untuk Mereduksi Tingkat Kejenuhan Belajar Peserta Didik Kelas VII Di SMP Negeri 3 Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Baratâ€. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Corey, G. 2005. Theory and Practice of Counseling & Psichoterap. Saventh edition. USA: Book/Cole Thompson

Hidayat, M.Y. 2016. Pengaruh Slow Learner dan Kejenuhan Belajar terhadap Kesulitan Belajar Fisika Siswa MTs Madani Alauddin Kabupaten Gowa. UIN Alauddin Makassar. Vol. 5, No. 2

Margawati, dkk. 2022. Penerapan teknik guided imagery untuk menurunkan tingkat kejenuhan belajar siswa. Jurnal. Volume 2, Number 1, (2022), pp. 63-68 ISSN 2798-8643 (Cetak) | ISSN 2798-88686 (Online). Cakrawala Ilmiah Mahasiswa.

Narbuko, C & Achmadi, H.A. 2015. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara

Nursalim, Mochammad. 2013. Strategi & Intervensi Konseling. Jakarta: Akademia Permata.

Pawicara, Ruci & Conilie, Maharani. 2020. Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi Iain Jember Di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi. Vol: 1(1)

Rahmi Siti. 2020. Strategi Teknik Reframing untuk Mengurangi Rasa Rendah Diri Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 5 Tarakan. Hamjah Diha Foundation. Vol 2 (3)

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, Ema dkk. 2020. Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Modeling Untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Pada Siswa. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial. Vol: 7(2)

Syah, Muhibbin.2014. Psikologi pendidikan Dengan Pendekatan Baru Cet.19; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-08-18

Issue

Section

Articles

Citation Check