Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Rifqi Muflih Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Hardi Santosa Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/jurkam.v7i2.2722

Keywords:

Intensitas Bermain Game Online, Konsentrasi belajar, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas game online terhadap konsentrasi belajar pada siswa Sekolah Dasar. Metode yang digunakan ex post facto. Data penelitian dikumpulkan melalui angket intensitas bermain game online, angket konsentrasi belajar dan wawancara. Populasi penelitian berjumlah 145 siswa kelas 4, 5, dan 6 dari 3 sekolah. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria siswa yang memiliki smartphone dan bermain game online. Siswa yang sesuai dengan kriteria berjumlah 108 orang. Analisis data menggunakan regresi linier, untuk mengetahui pengaruh dan determinasi besaran pengaruhnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa intensitas bermain game online berpengaruh terhadap konsentrasi belajar. Besaran pengaruh intensitas bermain game online yaitu 15,8%. Antusias belajar menjadi aspek yang paling tinggi, sementara aspek pikiran dan perasaan menjadi yang paling rendah dipengaruhi oleh intensitas bermain game online

References

Ameli, A., Hasanah, U., Rahman, H., & Putra, A. M. 2020. “Peningkatan Efektivitas Pada Proses Pembelajaran.†Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2(1).

Andrianto, Jhoni, Nofri Helmi, Purwantono, And Eko Indrawan. 2020. “Pengaruh Kondisi Ruang Kelas Terhadap Konsentrasi Belajar The Influence Of Classroom Conditions On Learning Concentration Of Pdtm Students At Smk Negeri 5 Padang.†Vokasi Mekanika 2(4):147–53.

Cicy Irana Dewi. 2021. Intensitas Bermain Game Online Oleh Siswa Berprestasi Kelas V Dan Vi Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif (Mima) 01 Kh. Shiddiq Jember. Jember.

Dewi, Shintia Puspita, Sekar Dwi Ardianti, And Muhammad Noor Ahsin. 2021. “Dampak Pembelajaran Online Bagi Siswa Sekolah Dasar.†Wasis: Jurnal Ilmiah Pendidikan 2(2):127–32.

Erizka, Martunis, And Abu Bakar. 2019. “Korelasi Intensitas Bermain Game Online Mobile Legend Dengan Keterampilan Sosial Siswa Man 3 Banda Aceh.†Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling 4(3):60–66.

Harahap, Sukron Habibi, And Zaka Hadikusuma Ramadan. 2021. “Dampak Game Online Free Fire Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.†Jurnal Basicedu 5(3):1304–11.

Irawan, Sapto, And Dina Siska W. 2021. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecanduan Game Online Peserta Didik.†Jurnal Konseling Gusjigang 7(1):9–19.

Irmawati, Dini Kurnia. 2016. “Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa.†Jees (Journal Of English Educators Society) 1(2):71–82.

Liminanto, Renaldi Bayu. 2019. “Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Disiplin Belajar Siswa.†Konseling: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapannya 1(2):49–54. Doi: 10.31960/Konseling.V1i2.351.

Masfiah, Sofi, And Resti Vidia Putri. 2019. “Gambaran Motivasi Belajar Siswa Yang Kecanduan Game Online.†Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan) 2(1):1–8.

Maulidar. 2019. “Hubungan Intensitas Bermain Game Online Dengan Prestasi Belajar Siswa Di Sd Negeri 2 Banda Aceh.†Jurnal Tunas Bangsa 6(2):302–10.

Novrialdy, Eryzal. 2019. “Kecanduan Game Online Pada Remaja: Dampak Dan Pencegahannya.†Buletin Psikologi 27(2):148. Doi: 10.22146/Buletinpsikologi.47402.

Nurliyah, Siti. 2022. Peran Orang Tua Dalam Proses Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Siswa Sekolah Dasar Di Desa Bogor Baru Kepahiang.

Paraswati, Yeni. 2016. “Hubungan Antara Bimbingan Belajar Dengan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 2 Kasihan Tahun Pelajaran 2015/2016.†106(1):6465–89.

Putri, Novita Febriyanti Rahayu. 2018. Hubungan Antara Self Control Dengan Intensitas Bermain Game Online Pada Anak Usia Sekolah. Vol. 7.

Riinawati, Riinawati. n.d. “Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid–19 Sstudi Kasus SDN Karang Mekar 4 Banjarmasin.â€

Sandya, Syazira Nira, and Ayunda Ramadhani. 2021. “Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa.†9(1):202–13. doi: 10.30872/psikoborneo.

Santosa, Hardi. 2022. Bimbingan Dan Konseling Berparadigma Profetik. Uad Press.

Setyani, Mutia Rahma, and Ismah. 2018. “Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Hasil Belajar.†Pendidikan Matematika 01:73–84.

Surbakti, Krista. 2017. “Pengaruh Game Online Terhadap Remaja.†Jurnal Curere 01(01):28–38.

Susanti. R. 2018. “Hubungan Kecanduan Bermain Game Dengan Tingkat Konsentrasi Siswa Kelas Xii Sma Al-Kautsar Kota Batam Tahun 2018.†1(1):9–15.

Wicaksono, Juniarto Eko. 2021. Hubungan Antara Bermain Game Online Dengan Konsentrasi Belajar Pada Siswa SMA Di Kota Surakarta.

Winata, I. Komang. 2021. “Konsentrasi Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19.†Jurnal Komunikasi Pendidikan 5(1):13. doi: 10.32585/jkp.v5i1.1062.

Witjaksono & Sari. 2021. “Gambaran Durasi Bermain Video Game Dan Tajam Penglihatan Pada Anak Usia Sekolah Di Warnet Go Net.†Jurnal Sehat Masada XV:251–57.

Downloads

Published

2023-08-22

Issue

Section

Articles

Citation Check