Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31100/jurkam.v7i2.2722Keywords:
Intensitas Bermain Game Online, Konsentrasi belajar, Siswa Sekolah DasarAbstract
References
Ameli, A., Hasanah, U., Rahman, H., & Putra, A. M. 2020. “Peningkatan Efektivitas Pada Proses Pembelajaran.†Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2(1).
Andrianto, Jhoni, Nofri Helmi, Purwantono, And Eko Indrawan. 2020. “Pengaruh Kondisi Ruang Kelas Terhadap Konsentrasi Belajar The Influence Of Classroom Conditions On Learning Concentration Of Pdtm Students At Smk Negeri 5 Padang.†Vokasi Mekanika 2(4):147–53.
Cicy Irana Dewi. 2021. Intensitas Bermain Game Online Oleh Siswa Berprestasi Kelas V Dan Vi Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif (Mima) 01 Kh. Shiddiq Jember. Jember.
Dewi, Shintia Puspita, Sekar Dwi Ardianti, And Muhammad Noor Ahsin. 2021. “Dampak Pembelajaran Online Bagi Siswa Sekolah Dasar.†Wasis: Jurnal Ilmiah Pendidikan 2(2):127–32.
Erizka, Martunis, And Abu Bakar. 2019. “Korelasi Intensitas Bermain Game Online Mobile Legend Dengan Keterampilan Sosial Siswa Man 3 Banda Aceh.†Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling 4(3):60–66.
Harahap, Sukron Habibi, And Zaka Hadikusuma Ramadan. 2021. “Dampak Game Online Free Fire Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.†Jurnal Basicedu 5(3):1304–11.
Irawan, Sapto, And Dina Siska W. 2021. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecanduan Game Online Peserta Didik.†Jurnal Konseling Gusjigang 7(1):9–19.
Irmawati, Dini Kurnia. 2016. “Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa.†Jees (Journal Of English Educators Society) 1(2):71–82.
Liminanto, Renaldi Bayu. 2019. “Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Disiplin Belajar Siswa.†Konseling: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapannya 1(2):49–54. Doi: 10.31960/Konseling.V1i2.351.
Masfiah, Sofi, And Resti Vidia Putri. 2019. “Gambaran Motivasi Belajar Siswa Yang Kecanduan Game Online.†Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan) 2(1):1–8.
Maulidar. 2019. “Hubungan Intensitas Bermain Game Online Dengan Prestasi Belajar Siswa Di Sd Negeri 2 Banda Aceh.†Jurnal Tunas Bangsa 6(2):302–10.
Novrialdy, Eryzal. 2019. “Kecanduan Game Online Pada Remaja: Dampak Dan Pencegahannya.†Buletin Psikologi 27(2):148. Doi: 10.22146/Buletinpsikologi.47402.
Nurliyah, Siti. 2022. Peran Orang Tua Dalam Proses Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Siswa Sekolah Dasar Di Desa Bogor Baru Kepahiang.
Paraswati, Yeni. 2016. “Hubungan Antara Bimbingan Belajar Dengan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 2 Kasihan Tahun Pelajaran 2015/2016.†106(1):6465–89.
Putri, Novita Febriyanti Rahayu. 2018. Hubungan Antara Self Control Dengan Intensitas Bermain Game Online Pada Anak Usia Sekolah. Vol. 7.
Riinawati, Riinawati. n.d. “Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid–19 Sstudi Kasus SDN Karang Mekar 4 Banjarmasin.â€
Sandya, Syazira Nira, and Ayunda Ramadhani. 2021. “Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa.†9(1):202–13. doi: 10.30872/psikoborneo.
Santosa, Hardi. 2022. Bimbingan Dan Konseling Berparadigma Profetik. Uad Press.
Setyani, Mutia Rahma, and Ismah. 2018. “Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Hasil Belajar.†Pendidikan Matematika 01:73–84.
Surbakti, Krista. 2017. “Pengaruh Game Online Terhadap Remaja.†Jurnal Curere 01(01):28–38.
Susanti. R. 2018. “Hubungan Kecanduan Bermain Game Dengan Tingkat Konsentrasi Siswa Kelas Xii Sma Al-Kautsar Kota Batam Tahun 2018.†1(1):9–15.
Wicaksono, Juniarto Eko. 2021. Hubungan Antara Bermain Game Online Dengan Konsentrasi Belajar Pada Siswa SMA Di Kota Surakarta.
Winata, I. Komang. 2021. “Konsentrasi Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19.†Jurnal Komunikasi Pendidikan 5(1):13. doi: 10.32585/jkp.v5i1.1062.
Witjaksono & Sari. 2021. “Gambaran Durasi Bermain Video Game Dan Tajam Penglihatan Pada Anak Usia Sekolah Di Warnet Go Net.†Jurnal Sehat Masada XV:251–57.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright of any open access articles in journals published by JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa authorized author to hold unrestricted copyrightThe author also grants the third party the right to use the article freely provided that its integrity is maintained and its original author, details of quotations and publishers are identified. Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. formalizes the terms and conditions of this publication and these terms.
In addition to Jurkam's copyright policy: Jurnal Konseling Andi Matappa, some journals also follow the Open Accses policy and endorsement of the Public Domain Dedication Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Creative Commons License applies to all data published in this journal.
If a writer is prevented from becoming a copyright holder (eg for government employees), little variation is required. In such cases, copyright lines and license statements in individual articles will be adjusted, for example to say '© 2017 copyright'. Authors who require this type of variation should notify Jurkam during or immediately after the submission of their article. Changes to the copyright line can not be made after the publication of the article.
Exceptions to copyright policy There may be exceptions to copyright and permissions for previously published articles under different policies from the above. For example, sometimes Jurkam: Jurnak Konseling Andi Matappa may publish articles together with other publishers, and different permission conditions may apply. However, in all cases, access to this article is free of cost or other access restrictions.
Â
JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.