Konseling Kelompok Dengan Teknik Relaksasi Untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa

Authors

  • Muhammad Fariq Yudha Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Elia Firda Mufidah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/jurkam.v7i2.3059

Keywords:

konseling kelompok, relaksasi, kejenuhan belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang muncul pada siswa MAN 1 Gresik yaitu kejenuhan belajar siswa. Tujuan penelitian ini agar mengetahui efektivitas konseling kelompok dengan teknik relaksasi untuk mengatasi kejenuhan belajar siswa. Penedekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis rancangan pre-eksperimental One Group pre-test post-test design. Subjek penelitian ini sebanya 5 siswa dari kelas X IPS 1 dan X IPS 2 yang memiliki permasalahan kejenuhan belajar. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan skala pengukuran, yaitu skala likert. Teknik analisis yang di gunakan dengan uji Wilcoxon. Hasil analisis data perhitungan di peroleh asymp. Sig.= 0, 042 oleh karena nilai Asymp. Sig. (0, 042) < (0,05) artinya layanan konseling kelompok dengan Teknik relaksasi efektif untuk mengatasi kejenuhan belajar siswa

References

Abdellatif, M. S. (2022). Modeling the Relationships Between Academic Boredom, Self-Compassion, and Quality of Academic Life Among University Students. SAGE Open, 12(4), 215824402211417. https://doi.org/10.1177/21582440221141703

Bastomi, H. (2019). Konseling Cyber: Sebuah Model Konseling Pada Konteks Masyarakat Berbasis Online. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counselling, 3, No. 1.

Damayanti, A., Suradika, A., & Asmas, B. (2020). Strategi Mengurangi Kejenuhan Anak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) melalui Aplikasi ICANDO pada Siswa Kelas I SDN Pondok Pinang 08 Pagi. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–10. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit

Dewi, R. P., Yosef, & Harlina. (2017). Hubungan Antara Academic Self-Confidence Dengan Kejenuhan (Burnout) Belajar Siswa Smk Negeri 1 Indralaya Utara. Konseling Komprehensif, 4(2), 14–27.

Eastwood, J. D., Frischen, A., Fenske, M. J., & Smilek, D. (2012). The Unengaged Mind. Perspectives on Psychological Science, 7(5), 482–495. https://doi.org/10.1177/1745691612456044

Enjang, A. (2001). Komunikasi Konseling, Dari Wawancara, Seni Mendengar, Sampai Soal Kepribadian. Penerbit Nuansa.

Finkielsztein, M. (2020). Class-related academic boredom among university students: a qualitative research on boredom coping strategies. Journal of Further and Higher Education, 44(8), 1098–1113. https://doi.org/10.1080/0309877X.2019.1658729

Gibson, R. L. (2011). Bimbingan Dan Konseling. Pustaka Pelajar.

Hadi, S. (2014). Metodologi Research. In Universitas Gajah Madha.

Hartono, R., & Subhan, M. (2020). Efektifitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Behevioral Teknik Relaksasi Untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa. Jurnal Administrasi Pendidikan & Konseling Pendidikan, 1(1), 50. https://doi.org/10.24014/japkp.v1i1.9450

Janice, M., Gumasing, J., Aldrin, J., Dahilig, V., Angelie, C., Taw, Y., & Valeriano, M. C. (2022). Effects of Boredom on the Academic Engagement of Students during Online Class. 2394–2400.

Nafiah, M., Lestari, I., & Zahra, A. (2021). AN ANALYSIS OF STUDENT BOREDOM LEARNING DURING THE COVID 19 PANDEMIC IN ELEMENTARY SCHOOL JAKARTA, INDONESIA. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 33(2), 130–146. https://doi.org/10.21009/parameter.332.03

Nett, U. E., Goetz, T., & Hall, N. C. (2011). Coping with boredom in school: An experience sampling perspective. Contemporary Educational Psychology, 36(1), 49–59. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2010.10.003

Nursalim, M. (2005). Strategi Konseling. Surabaya : UNESA University Press.

Pekrun, R., Hall, N. C., Goetz, T., & Perry, R. P. (2014). Boredom and academic achievement: Testing a model of reciprocal causation. Journal of Educational Psychology, 106(3), 696–710. https://doi.org/10.1037/a0036006

Pratama, T. Y., Subiyanto, S., & Yuhenita, N. N. (2021). Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Menulis Ekspresifuntuk Mereduksi Kejenuhan Belajar (Burnout) Pada Remaja. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 56–62. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2183

Rabudin. (2020). Upaya Menurunkan Kecanduan Game Online Melalui Konseling Kelompok. https://www.detikpendidikan.id/2019/05/upaya-menurunkan-kecanduan-game-online.html

Downloads

Published

2023-08-29

Issue

Section

Articles

Citation Check