Analisis Tingkat Employability Skilss Siswa Sekolah Menengah Kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.31100/jurkam.v8i1.3417Keywords:
employability skills, bimbingan dan konseling, kejuruanAbstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat employability skilss pada siswa kelas XII SMK Muhammadiyah Banjarnegara. Penelitian menggunakan desain penelitian metode survey dengan menggunakan G-From. Sampel berjumlah 49 siswa, yaitu total seluruh siswa kelas XII SMK Muhammadiyah Banjarnegara, dengan melalui skala employability skilss. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil tingkat employability skilss yaitu pada kategori tinggi sebsar 47%, kategori sedang sejumlah 51%, dan kategori rendah 2%, yang menunjukan masih adanya siswa yang tingkat employability skilss pada kategori sedang dan rendah, sehingga perlu adanya upaya untuk meningkatkannya, karena tidak sebatas hanya pada siswa yang rendah, tetapi sedang bahkan tinggi juga bisa ditingkatkan. Karena melalui employability skills yang mumpuni, siswa akan memperhatikan berbagai hal yang diperlukan saat akan memasuki dunia kerja, yang utamanya adalah keterampilan yang harus dipenuhi di pekerjaan yang menjadi keinginannya dan sebagai cara bertahan serta bersaing di masa depan, terutama dalam perjalanan karir. Meningkatkan employability skilss bisa melalui beberapa kegiatan dan yang terutama dalam peran sekolah terkhusus peran guru BK dalam memberikan layanannya agar menunjang peningkatan employability skilss siswa, sebagai upaya gur BK dalam mengoptimalkan potensi dan perkembangan siswa.
References
Afandi, A., Sultan, K, A., Mawardi, M, A., Syakhwil, I., & Wiwi, H. (2022). Hubungan Hasil Belajar Kewirausahaan Dan Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik Smk Kompetensi Keahlian Pengelasan. JIRK: Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(7), 3021–3030.
Basri, I. Y., Faiza, D., & Nasir, M. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis Produk Dalam Rangka Menyiapkan Lulusan Smk Menjadi Wirausahawan Muda. 19(1), 43–52.
Bhakti, C. P. (2017). Program Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Untuk Mengembangkan Standar Kompetensi Siswa. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1, 131–142.
Bhakti, C. P., & Ghiffari, M. A. N. (2018). BLENDED LEARNING : METODE ALTERNATIF DALAM LAYANAN Bimbingan Klasikal. 122–127.
Bhakti, C. P., Ghiffari, M. A. N., & Kurniasih, C. (2018). Implementasi Teknologi dalam Layanan Bimbingan Klasikal. Prosiding Seminar Nasional Strategi Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Di Di Era Disrupsi, 123–128.
Farida, S., & Nurkhin, A. (2016). Economic Education Analysis Journal Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Smk Program Keahlian AkuntansI Info Artikel. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Fuad, A. H., Salim, M. N., & Hariastuti, R. T. (2022). Experiential Learning Sebagai Teknik Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Pemahaman Karier Siswa. Nusantara of Research …, 9(3), 250–263. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor/article/view/18237
Hardiman, A., & Nur, H. (2019). Analisis Tingkat Employability Skills Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Di Makassar Pada Era Revolusi Industri 4.0.
Maharani, I., Fridani, L., & Zarina, A. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Film Bertema Pendidikan Dalam Layanan Informasi Bimbingan Klasikal. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2), 135–146.
Maryanti, N., & Apriana, D. (2019). Kompetensi Siswa SMK Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0.
Noviyanti, D., & Setiyani, R. (2019). Economic Education Analysis Journal Kesiapan Kerja Siswa: Studi Empiris Tentang Pengaruh Mediasi Employability Skill. EEAJ, 8(2), 551–567. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31481
Pasaribu, M., & Subhan, M. (2022). Employability Skills Siswa Dalam Perencanaan Karir siswa Kelas Xii Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Administrasi Pendidikan & Konseling Pendidikan, 3(2), 58. https://doi.org/10.24014/japkp.v3i2.13847
Pujiastuti, E. S., Hidayat, D. R., & Fitri, S. (2020). Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling Karir Sekolah Menengah Kejuruan Model Employability Skill.
Putri, A. P., & Wahyuningrum, S. R. (2021). Efektivitas Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Smk Dengan Teknik Assertive Training. Edu Consillum: Jurnal BK Pendidikan Islam, 2(1), 36–47. https://doi.org/10.3928/0279-3695-19870801-13
Rahmah, A., & Christiana, E. (2019). Layanan Bimbingan Klasikal Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Atika Ainnur Rahmah. Universitas Negeri Surabaya.
Safitri, N. E. (2018). Meningkatkan Teamwork Skills melalui Layanan Bimbingan Klasikal Berbasis Cooperative Learning. Tadjidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan, 8(1), 157–170.
Santosa, M. A., Sukardi, & Triyono, B. (2023). Analisis Determinan Integrasi Employability Skills - Kecakapan Digital : Structural Equation Modeling Determinant Analysis Of The Employability Skills - Digital. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 10(Mei), 40–54
Sulistiobudi, R. A., Lucia, D., & Pebriani, V. (2018). Efektivitas Career Development Learning Program Untuk Mengembangkan Employability PADA SISWA SMK. JPSP, 2(3), 229–234.
Sumitro, A. H., & Taufiq, M. (2019). Manajemen Praktek Kerja Lapangan Menggunakan Metode RAD dan Pengujian SUS pada Instansi SMK dan CV. RESEARCH : Computer, Information System & Technology Management, 2(2), 51. https://doi.org/10.25273/research.v2i02.5172
Sunardi, & Hasanuddin. (2019). Pengembangan Employability Skill Mahasiswa Vokasi Melalui Pembelajaran Stem-Project Based Learning. Seminar Nasional Teknologi, Sains Dan Humaniora, 210–217.
Sunarti, & Bhakti, C. P. (2021). Modul: Alternatif Media Pengembangan Employabiliy Skills untuk Siswa SMK. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Islami, 1, 1053–1061.
Syauqi, D., & Bhakti, C. P. (2021). Modul layanan bimbingan karir dalam pengembangan keterampilan kerja untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Islami, 332–339.
Tentama, F., & Anindita, W. D. (2020). Employability Scale : Construct Validity And Reliability. International Journal Of Scientific & Technology Research, 9(04), 3166–3170.
Tentama, F., Kusuma, D. R., Mulasari, S. A., Sukesi, T., & Sulistyawati, S. (2018). TOT Employability Skill Bagi Guru dan Siswa SMK. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 85–92. https://doi.org/10.30653/002.201831.42
Wibowo, D. H., Vestalia, D., Maulisina, Z. T., Invokat, P. M. W., Desia, W. F., & Nani, N. C. (2021). Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Kelas IX Melalui Bimbingan Klasikal. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(3), 428–437.
Zahra, L. L. (2021). Hubungan Self Confidence dan Employability Skill dengan Prestasi Kerja Karyawan Pt. Helmig’s Prima Sejahtera Sidoarjo.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright of any open access articles in journals published by JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa authorized author to hold unrestricted copyrightThe author also grants the third party the right to use the article freely provided that its integrity is maintained and its original author, details of quotations and publishers are identified. Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. formalizes the terms and conditions of this publication and these terms.
In addition to Jurkam's copyright policy: Jurnal Konseling Andi Matappa, some journals also follow the Open Accses policy and endorsement of the Public Domain Dedication Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Creative Commons License applies to all data published in this journal.
If a writer is prevented from becoming a copyright holder (eg for government employees), little variation is required. In such cases, copyright lines and license statements in individual articles will be adjusted, for example to say '© 2017 copyright'. Authors who require this type of variation should notify Jurkam during or immediately after the submission of their article. Changes to the copyright line can not be made after the publication of the article.
Exceptions to copyright policy There may be exceptions to copyright and permissions for previously published articles under different policies from the above. For example, sometimes Jurkam: Jurnak Konseling Andi Matappa may publish articles together with other publishers, and different permission conditions may apply. However, in all cases, access to this article is free of cost or other access restrictions.
Â
JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.