Pengembangan Learning Object Material dalam Desain Micromodul Digital Berbasis Case Method dan Project Based Pada Perkuliahan

Authors

  • Suciani Latif Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Abdullah Pandang Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Akhmad Harum Universitas Negeri Makassar
  • Qawiyyan Fitri Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Nurul Mutahara B Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/jurkam.v8i1.3558

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang valid dan praktis berupa micromodul pelatihan mikro konseling berbasis digital dan panduan dosen dalam pelaksanaan perkuliahan. Penelitian pengembangan ini  menggunakan model pengembangan pengembangan ADDIE, namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap keempat yaitu Analysis (analisis), Development (pengembangan), Design (desain) dan Implementation (Implementasi). Hasil penelitian menunjukkan tingkat validitas micromodul yang dikembangkan setelah melalui uji validitas dinyatakan telah valid, berdasarkan uji validasi ahli materi dengan hasil sebesar 91% dengan kategori sangat valid. Uji validasi ahli media memperoleh hasil sebesar 89% dengan kriteria sangat valid. Uji praktisi oleh dosen BK yang dinilai dari ketiga aspek yaitu kegunaan, kelayakan dan ketepatan dengan total persentase 90% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji coba lapangan oleh penilaian mahasiswa memperoleh sebesar 89%. Sehingga berdasarkan hal tersebut makan pengembangan micromodul digital berbasis case method dan project based pada mata kuliah mikrokonseling dinyatakan layak dan valid.

References

yu, I., Laksmi, A. W., Dantes, N., & Dharsana, I. K. (2021). Pengembangan Modul Konseling Behavioral untuk Meningkatkan Self-Achievement Peserta Didik. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 6(1), 1–07.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Tujuan kebijakan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka,. Kampus Merdeka. https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/web/about/tujuan

Miftah, M. (2018). Model Dan Format Analisis Kebutuhan Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jurnal Teknodik, 095–106. https://doi.org/10.32550/teknodik.v13i1.443

Muchtar, H. (2010). Penerapan Penilaian Autentik dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Penabur, 14(9), 68–76.

Ponoharjo, Wahyuningsih, E. D., Oktaviani, D. N., Budi Utami, W., & Fadila, F. (2022). Persepsi mahasiswa ditinjau dari student engagement pada implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 8(1), 51–65. https://doi.org/10.37729/jpse.v8i1.2073

Probowati, D., Apriani, R. Indreswari, H. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Case Method pada Mata Kuliah Praktikum Konseling Psikodinamik Practicum Course ). Buletion Konseling Inivatif, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.17977/um059v3i12023p71-80

Rohaeni, S. (2020). Pengembangan sistem pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013 menggunakan model addie pada anak usia dini. Jurnal Instruksional, 1, 122–130.

Sappaile, B. I., Ahmad, F., Yuniar. S. W., Albertus. H. N., Reza. S. R., Budi. U. (2024). Pengembangan Metode Penilaian Otentik Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 2128–2138.

Suarja, S., Moh. S. H., Wisda. R., Rahmawati, W., Tri, N. P., I. R. H. (2023). Mikro Konseling. Sukabumi: Haura Utama.

Winatha, K. R. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 188–199.

Downloads

Published

2024-02-20

Issue

Section

Articles

Citation Check