Pengembangan Learning Object Material dalam Desain Micromodul Digital Berbasis Case Method dan Project Based Pada Perkuliahan
DOI:
https://doi.org/10.31100/jurkam.v8i1.3558Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang valid dan praktis berupa micromodul pelatihan mikro konseling berbasis digital dan panduan dosen dalam pelaksanaan perkuliahan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan pengembangan ADDIE, namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap keempat yaitu Analysis (analisis), Development (pengembangan), Design (desain) dan Implementation (Implementasi). Hasil penelitian menunjukkan tingkat validitas micromodul yang dikembangkan setelah melalui uji validitas dinyatakan telah valid, berdasarkan uji validasi ahli materi dengan hasil sebesar 91% dengan kategori sangat valid. Uji validasi ahli media memperoleh hasil sebesar 89% dengan kriteria sangat valid. Uji praktisi oleh dosen BK yang dinilai dari ketiga aspek yaitu kegunaan, kelayakan dan ketepatan dengan total persentase 90% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji coba lapangan oleh penilaian mahasiswa memperoleh sebesar 89%. Sehingga berdasarkan hal tersebut makan pengembangan micromodul digital berbasis case method dan project based pada mata kuliah mikrokonseling dinyatakan layak dan valid.
References
yu, I., Laksmi, A. W., Dantes, N., & Dharsana, I. K. (2021). Pengembangan Modul Konseling Behavioral untuk Meningkatkan Self-Achievement Peserta Didik. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 6(1), 1–07.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Tujuan kebijakan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka,. Kampus Merdeka. https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/web/about/tujuan
Miftah, M. (2018). Model Dan Format Analisis Kebutuhan Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jurnal Teknodik, 095–106. https://doi.org/10.32550/teknodik.v13i1.443
Muchtar, H. (2010). Penerapan Penilaian Autentik dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Penabur, 14(9), 68–76.
Ponoharjo, Wahyuningsih, E. D., Oktaviani, D. N., Budi Utami, W., & Fadila, F. (2022). Persepsi mahasiswa ditinjau dari student engagement pada implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 8(1), 51–65. https://doi.org/10.37729/jpse.v8i1.2073
Probowati, D., Apriani, R. Indreswari, H. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Case Method pada Mata Kuliah Praktikum Konseling Psikodinamik Practicum Course ). Buletion Konseling Inivatif, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.17977/um059v3i12023p71-80
Rohaeni, S. (2020). Pengembangan sistem pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013 menggunakan model addie pada anak usia dini. Jurnal Instruksional, 1, 122–130.
Sappaile, B. I., Ahmad, F., Yuniar. S. W., Albertus. H. N., Reza. S. R., Budi. U. (2024). Pengembangan Metode Penilaian Otentik Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 2128–2138.
Suarja, S., Moh. S. H., Wisda. R., Rahmawati, W., Tri, N. P., I. R. H. (2023). Mikro Konseling. Sukabumi: Haura Utama.
Winatha, K. R. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 188–199.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Suciani Latif, abdullah pandang, Akhmad Harum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of any open access articles in journals published by JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa authorized author to hold unrestricted copyrightThe author also grants the third party the right to use the article freely provided that its integrity is maintained and its original author, details of quotations and publishers are identified. Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. formalizes the terms and conditions of this publication and these terms.
In addition to Jurkam's copyright policy: Jurnal Konseling Andi Matappa, some journals also follow the Open Accses policy and endorsement of the Public Domain Dedication Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Creative Commons License applies to all data published in this journal.
If a writer is prevented from becoming a copyright holder (eg for government employees), little variation is required. In such cases, copyright lines and license statements in individual articles will be adjusted, for example to say '© 2017 copyright'. Authors who require this type of variation should notify Jurkam during or immediately after the submission of their article. Changes to the copyright line can not be made after the publication of the article.
Exceptions to copyright policy There may be exceptions to copyright and permissions for previously published articles under different policies from the above. For example, sometimes Jurkam: Jurnak Konseling Andi Matappa may publish articles together with other publishers, and different permission conditions may apply. However, in all cases, access to this article is free of cost or other access restrictions.
Â
JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.