Pengembangan E-Modul Simacca Sebagai Media Perencanaan Karier Studi Lanjut Pada Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31100/jurkam.v8i2.3614Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) Gambaran kebutuhan e-modul “simacca” sebagai media perencanaan karier studi lanjut pada siswa SMP Negeri 4 Pangkep, (2) Prototipe e-modul “simacca” sebagai media perencanaan karier studi lanjut pada siswa SMP Negeri 4 Pangkep, (3) Tingkat validitas e-modul “simacca” sebagai media perencanaan karier studi lanjut pada siswa SMP Negeri 4 Pangkep, (4) Tingkat kepraktisan e-modul “simacca” sebagai media perencanaan karier studi lanjut pada siswa SMP Negeri 4 Pangkep. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang tahapan pelaksanaan merujuk pada tahapan penelitian Borg & Gall. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, angket, dan validasi instrument. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Masih banyak siswa yang bingung dalam merencanakan karier studi lanjut, serta pemberian layanan bimbingan dan konseling, khususnya bidang karier masih hanya menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan bantuan media sehingga e-modul “simacca” sebagai media perencanaan karier studi lanjut ini menjadi suatu produk yang dibutuhkan di SMP Negeri 4 Pangkep, (2) Prototipe e-modul “simacca” sebagai media perencanaan karier studi lanjut siswa dibuat dalam bentuk buku bacaan elektronik yang didalamnya terdapat 4 uraian materi yang berkaitan dengan perencanaan karier studi lanjut siswa. Media didesain semenarik mungkin, berwarna dan memiliki gambar yang dapat membuat siswa tertarik untuk membacanya, terdapat panduan penggunaan e-modul, serta setiap materi terdapat lembar kerja dan lembar evaluasi siswa, (3) Validitas terhadap 2 orang ahli dalam uji validasi ahli menunjukkan bahwa e-modul “simacca” sebagai media perencanaan karier studi lanjut siswa dikatakan valid dan siap untuk dilakukan uji coba kelompok kecil, (4) E-modul “simacca” sebagai media perencanaan karier studi lanjut siswa memiliki tingkat kepraktisan yang besar bagi siswa dan guru Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 4 Pangkep.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Marwah Baso DM, Sahril Buchori, Abdullah Pandang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of any open access articles in journals published by JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa authorized author to hold unrestricted copyrightThe author also grants the third party the right to use the article freely provided that its integrity is maintained and its original author, details of quotations and publishers are identified. Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. formalizes the terms and conditions of this publication and these terms.
In addition to Jurkam's copyright policy: Jurnal Konseling Andi Matappa, some journals also follow the Open Accses policy and endorsement of the Public Domain Dedication Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Creative Commons License applies to all data published in this journal.
If a writer is prevented from becoming a copyright holder (eg for government employees), little variation is required. In such cases, copyright lines and license statements in individual articles will be adjusted, for example to say '© 2017 copyright'. Authors who require this type of variation should notify Jurkam during or immediately after the submission of their article. Changes to the copyright line can not be made after the publication of the article.
Exceptions to copyright policy There may be exceptions to copyright and permissions for previously published articles under different policies from the above. For example, sometimes Jurkam: Jurnak Konseling Andi Matappa may publish articles together with other publishers, and different permission conditions may apply. However, in all cases, access to this article is free of cost or other access restrictions.
Â
JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.