Pengaruh Bimbingan Kelompok Melalui Focus Group Discussion terhadap Perkembangan Akhlak Siswa SMA

Authors

  • Syaifullah Nur Universitas Muhammadiyah Makassar, Angola
  • Ibnu Sina Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/jurkam.v8i2.3634

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh bimbingan kelompok melalui Focus Group Discussion (FGD) dalam pembinaan akhlak siswa SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar yang berlangsung 2 bulan mulai dari 7 Februari sampai 7 April 2024. Teknik penentuan sampel dilakukan secara acak (random sampling) dengan 12 orang siswa melalui dua variabel yaitu variabel bebas berupa Bimbingan Kelompok Melalui Focus Group Discussion (FGD), dan varibel terikat Pembinaan Akhlak. Hasil penelitian menunjukan bahwa Bimbingan Kelompok Melalui Focus Group Discussion (FGD) sangat berpengaruh dalam Pembinaan Akhlak Siswa SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar, ini ditandai dengan adanya peningkatan pembinaan akhlak pada siswa melalui bimbingan kelompok melalui Focus Group Discussion (FGD) di SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar. Hasil menyatakan bahwa sebelum perlakuaan bimbingan kelompok melalui Focus Group Discussion (FGD), tingkat pembinaan akhlak siswa adalah rendah. Dari 12 siswa, 3 (25%) berada dalam kategori "sedang", dan 9 (75%) berada dalam kategori "rendah". Nilai rata-rata skor sebesar 90,33, yang dibulatkan menjadi 90, menunjukkan tingkat pembinaan akhlak siswa yang rendah. Setelah perlakuan, tingkat pembinaan akhlak siswa meningkat menjadi kategori sedang. Dari 12 siswa, 7 (58,34%) mencapai kategori "sedang", dan 5 (41,66%) berada pada kategori "tinggi". Nilai rata-rata skor setelah perlakuaan adalah 107,17, yang dibulatkan menjadi 107, menunjukkan tingkat pembinaan akhlak siswa yang sedang. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh bimbingan kelompok melalui Focus Group Discussion (FGD dalam pembinaan akhlak siswa SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar.

References

Mahendra, I Wayan Eka dan Parmithi, Ni Nyoman. (2015). Statistik Dasar Dalam Penelitian Pendidikan. Surabaya: Pàramita.

Nuh, Mohammad. (2014). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cet ke-19. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif dan R&D Cet. XXII. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujianto, Agus Eko. (2014). Aplikasi Statistik dengan SPSS 23,0. Jakarta: P.T. Prestasi Pustaka Raya.

Tiro, Muhammad Arif. (2015). Dasar-dasar Statistika Edisi Keempat. Makassar: Andira Publisher.

Downloads

Published

2024-08-28

Issue

Section

Articles

Citation Check