Pengaruh Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Moral Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.31100/jurkam.v8i2.3637Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh layanan bimbingan dan konseling terhadap moral Peserta Didik di SMAN 3 Barru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Peserta didik SMAN 3 Barru yang terdaftar pada tahun 2023. Prosedur pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 105 Peserta Didik. Data hasil penelitian ini menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara layanan bimbingan dan konseling terhadap moral Peserta didik di SMAN 3 Barru dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 atau kurang dari 0,05 (p<0,05).
References
Afandi, M., Afandi, N. H., Afandi, S. A., & Erdayani, R. (2023). Measuring the Difficulties of Early Adulthood: The Development of the Quarter Life Crisis Scale. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 167–176. https://doi.org/10.17977/um001v8i32023p167-176
Agustini, Grashenta, A., Putra, S., Sukarman, & Guampe, F. A. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (Teori dan Panduan Praktis Analisis data Kualitatif) (Issue May 2024).
Anggyanna, R. (2018). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling (Bk) Dalam Memotivasi Belajar Siswa Berprestasi Non Akademik Pada Siswa Jurusan Ips (Studi Di Sma Negeri 6 Malang). Central Library Of Maulana Malik Ibrahim.
Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Azizah, N., & Sinaga Putra Harwansyah .M. (2024). Group counselling with self-control technique to reduce gadget addiction. 10(June), 48–54. https://doi.org/10.26858/jpkk.v10i1.61207
Balla, S., Ada, J., Al, U., Mandar, A., & Asis, A. (2023). Peqguruang: Conference Series. 5.
Basit, A. (2020). Multicultural Counseling in Islamic Perspective. KONSELING RELIGI Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 11(1), 113. https://doi.org/10.21043/kr.v11i1.643
Danial, M., & Widodo, H. (2022). The Adaptation of Islamic Religious Education Learning Model of the Independent Curriculum. 13(2), 279–292. https://doi.org/10.24042/atjpi.v13i2.15733
Fardhiya, Z., Latifah, M., & Riany, Y. E. (2023). Zaki Fardhiya, Melly Latifah, Yulina Eva Riany. Jurnal Konseling Religi, 14(2). https://doi.org/10.21043/kr.v14i2.25044
Farinka Nurrahmah Azizah, & Indah Wahyuningsih. (2020). Peran Bimbingan Konseling Islam Bagi Pengembangan Moral Siswa Madrasah Ibtidaiyah. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 50–59. https://doi.org/10.51468/jpi.v2i1.26
Hasanah, E. (2019). Perkembangan Moral Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Teori Kohlberg. Jipsindo, 6(2), 131–145. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v6i2.28400
Hasibuan, Z., Hasibuan, F. H., & Sari, D. P. (2020). Implementasi Layanan Mediasi Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. 4, 159–167. https://doi.org/10.31100/jurkam.v4i2.702
Hersi Oktaviani, Yessy Elita, A. M. (2021). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Moralitas Remaja di SMP Negeri 2 Seberang Musi, Kabupaten Kepahiang. Triadik, 20(1), 26–34.
Ibda, F. (2023). PERKEMBANGAN MORAL DALAM PANDANGAN LAWRENCE KOHLBERG Fatimah Ibda Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. 12(1), 42–78.
Isnaini, M., & Iskandar, I. (2021). AKAL DAN KECERDASAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADITS. MUSHAF JOURNAL: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Hadis, 1(1), 103–118. https://doi.org/10.54443/mushaf.v1i1.13
Istiqomah, S. N., Mulawarman, M., & Sutoyo, A. (2024). The Effectiveness of Cognitive Behavioral Therapy Group Counseling with Self-Talk and Socratic Dialogue Techniques to Improve Students ’ Career Self-Efficacy. 13(1), 52–58.
Muhammad, M. M. R. R. P. S. Y. H. A. (2023). Kata Kunci: Era Disrupsi 4.0, Pendidikan Karakter, Teori Kohlberg. Jurnal Pelayanan Bimbingan Dan Konseling, 6.
Nurul Fikriyani, D. (2021). Perencanaan Program Bimbingan Karir Dalam Meningkatkan Eksplorasi Karir Siswa. JURNAL EDUKASI Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 1–14.
Purnamasari, Y., Budiman, N., & Nadhiroh, N. A. (2024). Etika Dalam Pelaksanaan Konseling Online Ditinjau Dari Kode Etik Abkin. Empati : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(1), 30–43. https://doi.org/10.26877/empati.v11i1.15552
RA Hasan Asari, Saiful Akhyar Lubis, N. N. S. (2020). Penerapan Bimbingan dan Konseling Dalam Pembinaan Akhlak Di Era Digital Pada Siswa. Konsling, 4 (02),(konsling), 25. http://dx.doi.org/10.31100/jurkam.v4i2.703
Ramlah. (2018). Pentingnya layanan bimbingan konseling bagi peserta didik. Jurnal Al-Mau’izhah, 1(September), 71–72.
Rilya, A., & Wardani, U. (2024). The well-being of santri in relation to self-adjustment and parents ’ occupations. JPPK (Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling), 10(June), 21–28. https://doi.org/10.26858/jpkk.v10i1.52010
Ritonga, R. S., Nofianti, R., Arifin, D., & Patuzahra, S. (2024). Efektivitas Play Therapy dalam Pengendalian Emosi Anak Usia. Jurnal Konseling Komprehensif, 19–26.
Riza, M. (2024). NILAI MANFAAT BIMBINGAN DAN KONSELING BELAJAR TERHADAP SISWA: (Studi Kepustakaan) Riza Mulia. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 10(1), 31–42. https://doi.org/10.22373/je.v10i1.21729
Rosyadi, M. I., & Suyantiningsih. (2020). Knowledge Management. In Jurnal EPISTEMA (pp. 1-3-1–22). Chapman and Hall/CRC. https://doi.org/10.1201/b16768-21
Rukaya. (2018). Pengaruh Layanan Bimbingan dan Konseling terhadap Perkembangan Moral Siswa di SMA Negeri I Tanete Rilau. Seminar Nasional Administrasi Pendidikan Dan Manajemen Pendidikan, 328–343.
Rukaya. (2021). An analysis on children of prostitute ’ s confidence and efforts to deal with the problem ( a case study at kompleks butung ). 7(c), 104–111. https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i23637
Safitri, N. E., & Novirizka Hasan, S. U. (2018). Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Pengembangan Nilai Karakter Religius. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 2(1), 19. https://doi.org/10.31100/jurkam.v2i1.64
Siregar, M., & Yuliani, F. (2022). Efektifitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Dalam. Jurnal Konseling Andi Matappa, 6(2), 110–119. http://dx.doi.org/10.31100/jurkam.v6i2.1837
Tiasari, U. A., Thahir, A., & Sugiharta, I. (2024). Konseling Behaviour Contract dalam Mengurangi Perilaku Verbal Bullying Pada Peserta Didik. 8, 41–47.
Trisnani, R. P., & Wardani, S. Y. (2021). Tingkat Kecemasan Ibu Yang Memiliki Balita Dalam Menghadapi Era New Normal. Jurnal Konseling Andi Matappa, 5(1), 42–47. https://doi.org/10.31100/jurkam.v5i1.975
Wibowo, R. A., & Kurniawan, A. A. (2020). Analisis Korelasi Dalam Penentuan Arah Antar Faktor Pada Pelayanan Angkutan Umum Di Kota Magelang. Theta Omega : Journal of Electrical Engineering, Computer and Information Technology, 1(2), 45–50. https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/thetaomega/article/view/3552/1769%0Ahttps://jurnal.untidar.ac.id/index.php/thetaomega/article/view/3552
Wijayanto, I., & Agungbudiprabowo. (2022). Pengembangan Layanan Bimbingan Karir Melalui Media Dartboard Tentang Eksplorasi Karir. (JURKAM) Jurnal Konseling Andi Matappa, 6(1), 46–50. https://doi.org/10.31100/jurkam.v6i1.1659
Wildatul, M. (2024). PENGUASAAN NAHWU MENGGUNAKAN KITAB NAZM AL- ‘ IMRITHI DAN KORELASIONAL. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 9(1), 19–34. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v9i1.5587
Zaini, P. M., Zaini, P. M., Saputra, N., Penerbit, Y., Zaini, M., Lawang, K. A., & Susilo, A. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif (Issue May).
Farinka Nurrahmah Azizah, & Indah Wahyuningsih. (2020). Peran Bimbingan Konseling Islam Bagi Pengembangan Moral Siswa Madrasah Ibtidaiyah. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 50–59. https://doi.org/10.51468/jpi.v2i1.26
Hasanah, E. (2019). Perkembangan Moral Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Teori Kohlberg. Jipsindo, 6(2), 131–145. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v6i2.28400
Hasibuan, Z., Hasibuan, F. H., & Sari, D. P. (2020). Implementasi Layanan Mediasi Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. 4, 159–167. https://doi.org/10.31100/jurkam.v4i2.702
Hersi Oktaviani, Yessy Elita, A. M. (2021). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Moralitas Remaja di SMP Negeri 2 Seberang Musi, Kabupaten Kepahiang. Triadik, 20(1), 26–34.
Ibda, F. (2023). PERKEMBANGAN MORAL DALAM PANDANGAN LAWRENCE KOHLBERG Fatimah Ibda Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. 12(1), 42–78.
Isnaini, M., & Iskandar, I. (2021). AKAL DAN KECERDASAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADITS. MUSHAF JOURNAL: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Hadis, 1(1), 103–118. https://doi.org/10.54443/mushaf.v1i1.13
Istiqomah, S. N., Mulawarman, M., & Sutoyo, A. (2024). The Effectiveness of Cognitive Behavioral Therapy Group Counseling with Self-Talk and Socratic Dialogue Techniques to Improve Students ’ Career Self-Efficacy. 13(1), 52–58.
Muhammad, M. M. R. R. P. S. Y. H. A. (2023). Kata Kunci: Era Disrupsi 4.0, Pendidikan Karakter, Teori Kohlberg. Jurnal Pelayanan Bimbingan Dan Konseling, 6.
Nurul Fikriyani, D. (2021). Perencanaan Program Bimbingan Karir Dalam Meningkatkan Eksplorasi Karir Siswa. JURNAL EDUKASI Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 1–14.
Purnamasari, Y., Budiman, N., & Nadhiroh, N. A. (2024). Etika Dalam Pelaksanaan Konseling Online Ditinjau Dari Kode Etik Abkin. Empati : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(1), 30–43. https://doi.org/10.26877/empati.v11i1.15552
RA Hasan Asari, Saiful Akhyar Lubis, N. N. S. (2020). Penerapan Bimbingan dan Konseling Dalam Pembinaan Akhlak Di Era Digital Pada Siswa. Konsling, 4 (02),(konsling), 25. http://dx.doi.org/10.31100/jurkam.v4i2.703
Ramlah. (2018). Pentingnya layanan bimbingan konseling bagi peserta didik. Jurnal Al-Mau’izhah, 1(September), 71–72.
Rilya, A., & Wardani, U. (2024). The well-being of santri in relation to self-adjustment and parents ’ occupations. JPPK (Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling), 10(June), 21–28. https://doi.org/10.26858/jpkk.v10i1.52010
Ritonga, R. S., Nofianti, R., Arifin, D., & Patuzahra, S. (2024). Efektivitas Play Therapy dalam Pengendalian Emosi Anak Usia. Jurnal Konseling Komprehensif, 19–26.
Riza, M. (2024). NILAI MANFAAT BIMBINGAN DAN KONSELING BELAJAR TERHADAP SISWA: (Studi Kepustakaan) Riza Mulia. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 10(1), 31–42. https://doi.org/10.22373/je.v10i1.21729
Rosyadi, M. I., & Suyantiningsih. (2020). Knowledge Management. In Jurnal EPISTEMA (pp. 1-3-1–22). Chapman and Hall/CRC. https://doi.org/10.1201/b16768-21
Rukaya. (2018). Pengaruh Layanan Bimbingan dan Konseling terhadap Perkembangan Moral Siswa di SMA Negeri I Tanete Rilau. Seminar Nasional Administrasi Pendidikan Dan Manajemen Pendidikan, 328–343.
Rukaya. (2021). An analysis on children of prostitute ’ s confidence and efforts to deal with the problem ( a case study at kompleks butung ). 7(c), 104–111. https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i23637
Safitri, N. E., & Novirizka Hasan, S. U. (2018). Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Pengembangan Nilai Karakter Religius. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 2(1), 19. https://doi.org/10.31100/jurkam.v2i1.64
Siregar, M., & Yuliani, F. (2022). Efektifitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Dalam. Jurnal Konseling Andi Matappa, 6(2), 110–119. http://dx.doi.org/10.31100/jurkam.v6i2.1837
Tiasari, U. A., Thahir, A., & Sugiharta, I. (2024). Konseling Behaviour Contract dalam Mengurangi Perilaku Verbal Bullying Pada Peserta Didik. 8, 41–47.
Trisnani, R. P., & Wardani, S. Y. (2021). Tingkat Kecemasan Ibu Yang Memiliki Balita Dalam Menghadapi Era New Normal. Jurnal Konseling Andi Matappa, 5(1), 42–47. https://doi.org/10.31100/jurkam.v5i1.975
Wibowo, R. A., & Kurniawan, A. A. (2020). Analisis Korelasi Dalam Penentuan Arah Antar Faktor Pada Pelayanan Angkutan Umum Di Kota Magelang. Theta Omega : Journal of Electrical Engineering, Computer and Information Technology, 1(2), 45–50. https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/thetaomega/article/view/3552/1769%0Ahttps://jurnal.untidar.ac.id/index.php/thetaomega/article/view/3552
Wijayanto, I., & Agungbudiprabowo. (2022). Pengembangan Layanan Bimbingan Karir Melalui Media Dartboard Tentang Eksplorasi Karir. (JURKAM) Jurnal Konseling Andi Matappa, 6(1), 46–50. https://doi.org/10.31100/jurkam.v6i1.1659
Wildatul, M. (2024). PENGUASAAN NAHWU MENGGUNAKAN KITAB NAZM AL- ‘ IMRITHI DAN KORELASIONAL. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 9(1), 19–34. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v9i1.5587
Zaini, P. M., Zaini, P. M., Saputra, N., Penerbit, Y., Zaini, M., Lawang, K. A., & Susilo, A. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif (Issue May).
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Rukaya, Andi Fiptar Abdi Alam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of any open access articles in journals published by JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa authorized author to hold unrestricted copyrightThe author also grants the third party the right to use the article freely provided that its integrity is maintained and its original author, details of quotations and publishers are identified. Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. formalizes the terms and conditions of this publication and these terms.
In addition to Jurkam's copyright policy: Jurnal Konseling Andi Matappa, some journals also follow the Open Accses policy and endorsement of the Public Domain Dedication Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Creative Commons License applies to all data published in this journal.
If a writer is prevented from becoming a copyright holder (eg for government employees), little variation is required. In such cases, copyright lines and license statements in individual articles will be adjusted, for example to say '© 2017 copyright'. Authors who require this type of variation should notify Jurkam during or immediately after the submission of their article. Changes to the copyright line can not be made after the publication of the article.
Exceptions to copyright policy There may be exceptions to copyright and permissions for previously published articles under different policies from the above. For example, sometimes Jurkam: Jurnak Konseling Andi Matappa may publish articles together with other publishers, and different permission conditions may apply. However, in all cases, access to this article is free of cost or other access restrictions.
Â
JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.