Pengembangan Model Layanan Bimbingan Klasikal dalam Pencegahan Tiga Dosa Besar Pendidikan

Authors

  • Fadlil Khaery Ahmad mahasiswa, Indonesia
  • Ahmad Yusuf STKIP Andi Matappa, Indonesia
  • Andi Muhammad Ramadhan AS STKIP Andi Matappa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/jurkam.v8i2.3730

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk desain model layanan bimbingan klasikal dalam pencegahan tiga dosa besar pendidikan di SMA Negeri 1 Pangkep, untuk mengetahui efektivitas model layanan bimbingan klasikal dalam pencegahan tiga dosa besar pendidikan di SMA Negeri 1 Pangkep. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan peneliian pengembangan (Research and Development) dari Borg and Gall, dengan melibatkan 8 orang subjek menggunakan  instrument berupa wawancara dan angket, teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif, hasil penelitian menunjukkan bahwa panduan model layanan bimbingan klasikal dalam pencegahan tiga dosa pendidikan sangat dibutuhkan siswa,mengingat belum terdapat media ataupun panduan sebelumnya yang digunakan oleh konselor di sekolah, bentuk Panduan model layanan bimbingan klasikal dalam pencegahan tiga dosa pendidikan terdiri dari enam sesi, dilengkapi dengan prosedur pelaksanaan yang cukup jelas, berisi materi yang terkait pencegahan tiga dosa besar pendidikan, serta berisi lembar kerja disetiap akhir sesi, panduan model layanan bimbingan klasikal dalam pencegahan tiga dosa pendidikan dalam pelaksanaanya dikatakan efektif.

 

References

Amilus (2021). Bimbingan & Konseling di Madrasah dan Sekolah. Jakarta: Kalam Mulia

Annisa, W. (2021). Penerapan bimbingan klasikal dengan pendekatan Neuro Linguistik Programming dalam pembinaan akhlak terpuji pada peserta didik di Sekolah Dasar Negeri 3 Karang Anyar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung).

Hidayat, U. S. (2021). Urgensi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Menyiapkan Generasi Emas 2045: Strategi Membangun Generasi Cerdas, Berkarakter dan Berdaya Saing di Abad 21.

Karpika, I. P., & Mentari, R. M. (2020). Penerapan layanan bimbingan klasikal berbasis tri hita karana dalam meningkatkan karakter siswa tahun pelajaran 2019/2020. Indonesian Journal of Educational Development (Ijed), 1(3), 464-470.

Mayasari, A., Hadi, S., & Kuswandi, D. (2019). Tindak Perundungan di Sekolah Dasar dan Upaya Mengatasinya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(3), 399-406.

Noviana, I. (2015). Kekerasan Seksual Terhadap Anak: Dampak Dan Penanganannya Child Sexual Abuse: Impact And Hendling.

Nurahman, A.K. 2019. Budaya Toleransi Dalam Kehidupan Bermasyarakat.

Prastiwi, M. (2021). Mendikbud: Masih Ada 3 Dosa Besar dalam Dunia Pendidikan Indonesia. Kompas.Com

Subagyo, A. (2020). Implementasi Pancasila Dalam Menangkal Intoleransi, Radikalisme Dan Terorisme.

Saraswati, R., & Hadiyono, V. (2020). Pencegahan Perundungan/Bullying di Institusi Pendidikan: Pendekatan Norma Hukum dan Perubahan Perilaku. Jurnal Hukum Politik Dan Kekuasaan, 1.

Downloads

Published

2024-08-28

Issue

Section

Articles

Citation Check