Efektivitas Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Mengurangi Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional

Imam Nurimbawan

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pre-experiment dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian ini menggunakan one-group pre-test post-test design. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas restrukturisasi kognitif dalam mengurangi kecemasan menghadapi ujian nasional. Subyek penelitian ini adalah peserta didik yang masuk pada katagori kecemasan menghadapi ujian nasional tinggi. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala kecemasan menghadapi ujian nasional. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah statistik deskriptif dengan pengujian hipotesis menggunakan analisis statistic non-parametric wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengurangi kecemasan menghadapi ujian nasional peserta didik dapat dilakukan dengan teknik restrukturisasi kognitif. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji wilcoxon signed ranks test menunjukkan bahwa nilai Z hitung lebih besar dari nilai Z tabel yaitu 2.533 > 2,262 dan nilai signifikasi hitung lebih kecil dari taraf kesalahan 5% yaitu 0,011 < 0,05. Hasil perhitungan gain score menunjukan rata-rata skor kecemasan menghadapi ujian nasional saat pre-test yaitu 74,58%. sedangkan nilai rata-rata kecemasan menghadapi ujian nasional saat post-test mengalami penurunan menjadi 37,08%. Hasil lain dari analisis tersebut didapat gain score sebesar 0,59 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa teknik restrukturisasi kognitif efektif mengurangi kecemasan menghadapi ujian nasional peserta didik


Keywords


restrukturisasi kognitif, kecemasan menghadapi ujian nasional

References


Asikhia, Olubusayo. A. (2014). Effect of Cognitive Restructuring on the Reduction of Mathematics Anxiety Among Senior Secondary School Students in Ogun State Nigeria. International Journal of Education and Research, 2(2), 1-20

Astuti, P. R. & Purwanto, E. (2014). Perbedaan Self Efficacy Siswa dalam Menghadapi Ujian Nasional di SMP Negeri 1 Boyolali Ditinjau dari Keikutsertaan Bimbingan Belajar. Educational Psychology Journal 3 (1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/epj

Bond, F.W., & Dryden, W. (2002). Handbook Of Brief Cognitive Behaviour Therapy. England: John Wiley & Sons Ltd

Deacon, B. J., Fawzy T. I., Lickel J. J., & Taylor K. B. W. (2011). Cognitive Defusion Versus Cognitive Restucturing In The Treatment Of Negative Self-Referential Thoughts: An Investigation Of Process and Outcome. Journal of Cognitive Psychotherapy, 25 (3), 218-232

Gunawan, Yusuf. (1992). Pengantar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kivi, Ghamari H., Rafeie, S. H., & Kiani A. R. (20150. Effectiveness of Cognitive Restructuring and Proper Study Skills in the Reduction of Test Anxiety Symptoms among Students in Khalkhal, Iran. American Journal of Educational Research, 3(10), 1230-1236. http://dx.doi.org/10.12691/education-3-10-4

Komalasari, Gantina., Eka Wahyuni., & Karsih. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks

Nevid, Jeffrey S., Rathus, Spencer A., & Greene Beverly. (2005). Pengantar Psikologi Abnormal. Bandung: Erlangga

Santrock, J. W. (1995). Life-span Development Jilid 1 Edisi V. Jakarta: Erlangga

Setiyono, Agus. (2012). Ujian Nasional Sebagai Formula Solusi Pendidikan Karakter Bangsa. Makalah

Shobola, Adeola A. (2008). The Study of Effects of Cognitive Restructuring Therapy on Cigarette Smoking Behaviour of Undergraduate Students. European Scientific Journal, 10 (5), 196 – 207

Silfvernagel, K., Malin, G. L., Emanuelsson, M., Per Carlbring., & Andersson, G. (2015). Individually Tailored Internet-Based Cognitive Behavior Therapy for Adolescents with Anxiety Disorders: A Pilot Effectiveness Study. Journal Behavioural Sciences and Learning, 2(3), 297–302. http://dx.doi.org/10.1016/j.invent.2015.07.002

Thoomasze & Murtini. (2014). Manajemen Stres untuk Menurunkan Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Humanitas., 11 (2); 79-92.




DOI: http://dx.doi.org/10.31100/jurkam.v3i2.374


Copyright (c) 2019 imam nurimbawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JURKAM My Stats

_______________________________________________________________________________________