Karier Siswa: Kajian Berdasarkan Program Studi Keahlian di SMK

Authors

  • Isna Tania Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Daharnis Daharnis Universitas Negeri Padang
  • Afrizal Sano

DOI:

https://doi.org/10.31100/jurkam.v4i1.506

Abstract

Di Sekolah Menengah Kejuruan ada siswa yang belum mencapai  perkembangan karier yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang program studi keahlian yang ditempati dan perencanaan karier siswa serta menguji hubungan antara persepsi siswa tentang program studi keahlian yang ditempati dengan perencanaan karier. Penelitian ini adalah penelitian korelasional, dengan sampel 260 siswa yang dipilih dengan teknik Proportional Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala model likert. Analisis deskriptif dilakukan dengan menentukan nilai skor dan persentase. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment. Temuan penelitian menunjukkan: (1) persepsi siswa tentang program studi keahlian yang ditempati berada pada kategori positif, (2) perencanaan karier siswa berada pada kategori baik, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang program studi keahlian yang ditempati dengan perencanaan karier, dengan koefisien korelasi 0,801 pada taraf signifikansi 0,000. Penelitian ini merekomendasikan perlunya peningkatan perencanaan karier siswa yang dapat dilakukan antara lain dengan mengubah persepsi siswa tentang program studi keahlian yang ditempatinya.

Author Biography

Isna Tania, Universitas Negeri Padang

Jurusan Bimbingan dan Konseling

References

Ansyar, M. 2015. Kurikulum: Hakikat, Pondasi, Desain dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Aqib, Z. 2012. Ikhtisar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Yrama Widya.

Falentini, F. Y., Taufik, T., & Mudjiran, M. (2013). Usaha yang dilakukan siswa dalam menentukan arah pilihan karir dan hambatan-hambatan yang ditemui. Konselor, 2(1).

Gani, R. A. 1996. Bimbingan Karir. Bandung: Angkasa.

Gladding, S. T. 2012. Konseling: Profesi yang Menyeluruh. Jakarta: Indeks.

Hurlock, E. B. 2002. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

King, L. A. 2010. Psikologi Umum. Jakarta: Salemba Humanika.

Makmun, A. S. 2012. Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prayitno & Amti, E. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Salahudin, A. 2012. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.

Sharf, R. S. 2010. Applying Career Development Theory to Counseling. USA: Brooks/Cole. Cengage Learning.

Sobur, A. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Sumanto. 2014. Psikologi Umum. Yogyakarta: Center of Academic Publishing Service.

Supriatna, M., & Budiman, N. (2010). Layanan Bimbingan Karier di Sekolah Menengah Kejuruan (e-book). Bandung: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Pendidikan Indonesia.

Winkel, W. S. & Hastuti, S. 2013. Bimbingan dan Konseling di Industri Pendidikan. Media Abadi: Yogyakarta.

Downloads

Additional Files

Published

2020-02-29

Issue

Section

Articles

Citation Check