Penggunaan Program Bimbingan Dan Konseling Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah

Authors

  • Taufik Agung Pranowo Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Eko Perianto Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/jurkam.v4i2.570

Keywords:

program bimbingan dan konseling, kearifan lokal, SMP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan program bimbingan dan konseling berbasis kearifan lokal di SMP Negeri 15 Yogyakarta pada tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi data. Sasaran dari penelitian ini yaitu guru BK di SMP 15 Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa di dalam program bimbingan dan konseling yang dibuat oleh guru BK, sudah memasukkan kearifan lokal SMP Negeri 15. Hal ini terlihat dengan beberapa layanan dalam program yang memasukkan keagiatan yang berhubungan dengan kearifan lokal di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Semua layanan bimbingan dan konseling yang dimasukkan di dalam program bimbingan dan konseling tidak terlepas dari kegiatan yang mendukung terhadap kearifan lokal SMP Negeri 15 Yogyakarta. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa program bimbingan dan konseling di SMP Negeri 15 Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019 sudah memasukkan nilai nilai kearifan lokal.  


References

Gibson, R. L.,dan Mitchell, M. H. (2011). Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hardin, L.K., Colemen., and Yeh. C. 2011. Handbook of School Counseling. New York: The Taylor & Francis e-Lybrary.

Ivey, A. E., & Ivey, M. Intentional Interviewing and Counseling: Facilitating Client Development In A Multicultural Society (5th Ed). Australian Journal of Career Development. Vol. 3. No. 2. Hal 1- 3. Winter

Kurniawan, L. (2015). Pengembangan Program Layanan Bimbingan dan Konseling Komprehensif. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling. Volume 1 Nomor 1. Universitas Negeri Makassar.

Rahman, F. 2009. Bimbingan dan Konseling Komprehensif; Dari Paradigma Menuju Aksi. Disampaikan pada Workshop Penyusunan Program BK Komprehensif bertempat di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY, Kerjasama Prodi BK UNY dan PD ABKIN DIY. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ridwan. 2008. Penanganan Efektif Bimbingan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Yusuf. S,. & Nurihsan. A. J. 2003. Penyusunan Program Bimbingan dan Konseling Berbasis Perkembangan. Panduan Workshop Bimbingan dan Konseling dalam Acara Konvensi Nasional XIII Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia. Bandung: UPI.

Downloads

Published

2020-08-26

Issue

Section

Articles

Citation Check